8 Tips Maintenance dan Mempercepat WordPress

Mengonlinekan website bukan hanya tentang mempublish konten baru serta mendesain halaman web yang profesional. Ada banyak hal tentang tips maintenance WordPress yang wajib Anda ketahui jika ingin semuanya berjalan dengan lancar dan tanpa masalah. Apabila pembuatan website anda tidak dipelihara secara rutin, maka performanya tentu menurun. Untungnya, proses maintenance serta mempercepat WordPress sangat mudah untuk dilakukan.

Di artikel ini, kami akan membahas bagaimana cara untuk :

  1. Memonitor waktu loading halaman.
  2. Membersihkan draft serta trash postingan.
  3. UPdate plugin dan tema.
  4. Backup website.
  5. Mengecek link yang rusak.
  6. Membersihkan cache WordPress.
  7. Mengoptimasi database WordPress.
  8. Update password.
  9. Kesimpulan

Meski ada delapan cara yang hendak kami bahas, prosesnya tidak memakan waktu lama. Kami akan membantu Anda pada setiap prosesnya dengan langkah-langkah yang mudah anda dipahami.

1. Memonitor Waktu Loading Halaman

Waktu yang dibutuhkan website untuk proses loading berperan sangat penting, terlebih lagi jika itu ada hubungannya dengan pengalaman serta kepuasan para klien/visitor. Jika waktu loadingnya lama, visitor akan merasa bosan lalu meninggalkan website Anda. Keadaan ini disebut sebagai high bounce rate. Pada akhirnya, traffic akan menurun.

Umumnya, website hanya membutuhkan waktu loading kurang dari dua detik untuk meload konten. Jika performa ini terganggu, pengunjung akan menunggu lama dan  mereka kecewa, pada akhirnya pengunjung tidak membuka website Anda lagi. Karena itulah, Anda harus mengetes waktu loading secara rutin. Lakukanlah hal tersebut dengan memakai suatu layanan yang disebut Pingdom Tools :

Pingdom Tools

idwebhost

 

Untuk memakai Pingdom Tools, masukkan URL situs Anda lalu pilih test server. Hasilnya bervariasi, tergantung pada server yang Anda pakai. Sebagai contoh, jika website anda dibuat di server US, maka  jalankan test dari New York/San Jose. Bagaimanapun juga, hasilnya seharusnya hanya dua detik di semua test server. Lakukan test ini rutin untuk menghitung waktu loading rata-rata serta mendapatkan hasil yang akurat.

Lakukanlah tes rutin minimal sebulan sekali untuk mengetahui waktu loading situs Anda sehingga anda tahu masalah apa yang sedang dihadapai sebelum semuanya memengaruhi performa website anda. Jika waktu loading halaman anda lama, tentu ada masalah pada website anda. Untungnya, cara mempercepat WordPress mudah dicari. Di samping itu, pastikan bahwa website Anda dibuat pada web hosting yang berkualitas, seperti contohnya IDwebhost.

2. Membersihkan Draft serta Trash Postingan

Semakin lama umur website Anda, tentu semakin banyak pula ‘sampah’ yang terkumpul di dashboard. Sebagai contoh, postingan draft, halaman yang gagal didesain, komentar yang ditandai sebagai spam, serta masih banyak lagi. Semua data itu bisa memperlambat performa website Anda. Bersihkan secara rutin pada dashboard anda dari sampah .

Baca Juga :   Kode Google Analytics Yang Terbaru Tidak Terbaca

Cara menghapus sampah

Kita mulai dari draft postingan serta halaman yang sudah masuk trash. Untuk menghapus sampah draft, buka tab All Posts/All Pages lalu ada item nga di Trash. Jika ada, klik link Trash. Cek, apakah ada item yang ingin anda pertahankan atau dihapus. Untuk menghapusnya centang item yang mau dihapus lalu pilih delete permanently lalu klik apply. Sedangkan untuk mengembalikan item, pilih item yang mau dikembalikan lalu pilih restore dan pilih apply.

Sekarang kita tanggani komentar yang mau dihapus. Buka tab Comments lalu lihat apakah masih ada item di Spam dan Trash. Jika ada, segera hapus item tersebut dengan cara yang sama pada proses penghapusan diatas. Bagus, Dashboard anda kini sudah bersih.

3. Update Plugin dan Tema

Apabila Anda lupa untuk update plugin dan tema, maka kedua tool tersebut akan memengaruhi performa situs. Selain itu, plugin dan tema yang tidak diupdate. Keamanan website anda akan rentan terhadap serangan hacker dan masuknya virus atau malware. Untuk mencegahnya, rutin mengecek tab Plugins dan Themes untuk melihat apakah ada notifikasi update atau tidak. Jika ada notifikasi update, anda klik update now.

4. Backup Website

Selama Anda melakukan maintenance di website WordPress, anda harus membackup website terlebih dahulu supaya aman dan memastikan bahwa semua proses bisa berjalan lancar tanpa masalah. Dengan mem-backup WordPress, Anda tidak perlu khawatir pada masalah apapun. Misalnya, jika website error, Anda cuma perlu merestore backup tersebut.

Masalahnya, sebagian besar orang sudah tau backup website, tapi hanya sedikit yang mau melakukannya. Padahal WordPress sudah menyediakan opsi untuk membackup situs. Lakukan backup situs sekali dalam seminggu. Tetapi, jika Anda rutin mempublish konten dalam seminggu, maka Anda bisa mengatur untuk backup harian untuk menjaga keamanan.

5. Mengecek Link yang Rusak

Sebagian besar halaman website terdapat beberapa link. Link ini menuju ke halaman lainnya pada website Anda atau domain lain. Setelah sekian lama tentu beberapa link tersebut tidak lagi berfungsi dan rusak karena URL tujuan tidak ada lagi. Hal ini akan menjadi masalah yang serius karena membuat binggung pengunjung serta kesan website anda kurang professional. Untuk menghemat waktu serta mempercepat wordpress anda, pakailah plugin WP Broken Link Status Checker.

Baca Juga :   Tips Keren Bikin Vlog Agar Ditonton Banyak Orang

WP Broken Link Status Checker

Plugin ini berguna untuk mendeteksi link rusak yang ada di situs Anda. Agar bisa dipakai, anda install dan aktifkan plugin ini . Tab WP Link Status akan terlihat di dashboard. anda Klik tombol Add new scan. Di halaman selanjutnya, Anda bisa mencari link atau gambar yang rusak. Bahkan Anda juga bisa mengatur tampila plugin serta tipe link rusak yang harus anda cek (internal atau eksternal). Lalu, klik Save and run crawler dan anda tunggu hingga prosesnya selesai. Jika proses sudah selesai, akan muncul notifikasi seperti di bawah ini :

idwebhost

 

Jika crawling results diklik, maka daftar dari semua URL rusak akan muncul, terutama anchor text serta halaman tempat plugin tersebut terinstall. Nah, sekarang anda tinggal mengedit atau menghapus link atau gambar yang rusak tersebut. Sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan link setiap beberapa bulan sekali.

6. Bersihkan Cache WordPress

‘Caching’ website adalah salah satu cara termudah untuk mempercepat WordPress supaya pengunjung betah. Cara kerjanya yaitu pengunjung akan menyimpan halaman dari situs Anda ke komputer mereka, sehingga mereka tidak perlu mereload halaman lagi setiap kali masuk ke website Anda. Tetapi, anda perlu membersihkan cache secara rutin, apalagi jika anda melakukan update besar-besaran. Tindakan ini supaya pengunjung melihat setiap perubahan yang terjadi.

WP Super Cache

idwebhost

 

Plugin WP Super Cache merupakan plugin cache populer. Lalu bagaiamana cara menghapus cache ? Jika Anda sudah menginstall plugin tersebut, buka tab Settings > WP Super Cache dari dashboard anda. Maka akan terbuka halaman pengaturan plugin. Anda akan lihat opsi Delete Cache yang berada di bawah tab Easy. Klik opsi tersebut. Sebaiknya anda bersihkan cache rutin untuk membuat perubahan pada website. Dengan demikian, pengunjung akan melihat versi terbaru website anda.

7. Optimasi Database WordPress

WordPress menyimpan semua data situs pada database. Setiap perubahan pada situs tersimpan di dalam salah satu tabel database. Tetapi, semakin besar situs Anda berkembang, tentu semakin banyak data yang tersimpan di database. Postingan yang dihapus serta draft halaman (seperti yang telah kami bahas sebelumnya) adalah contoh data yang disimpan WordPress meskipun itu tidak terlalu penting.

Karena itu, Anda harus menghapus semua data yang tidak dibutuhkan dari database secara rutin atau anda perlu ‘mengoptimasi’ database. Cara ini dapat dilakukan secara manual dengan membuka database dari cPanel hosting. Namun, database sangat rentan dan akan memakan waktu lama untuk mencari dan menghapus database tersebut. Karena itu, kami sarankan memakai plugin optimasi database seperti WP Optimize. Ini juga cara supaya bisa mempercepat wordpress anda.

Baca Juga :   Tidak Terasa Blog Sederhana Sudah berumur Dua Tahun

WP Optimize

Plugin ini berguna untuk menganalisis tabel databse pada semua data di WordPress yang sudah tidak lagi dibutuhkan. Ini adalah salah satu keunggulan dari plugin tersebut karena Anda tidak perlu lagi untuk mengonfigurasikan apa pun. Setelah plugin terinstall dan aktif, buka tab WP Optimize di dashboard anda. Anda akan melhat daftar yang berisi semua data yang harus dihapus plugin, termasuk revisi postingan, sampah komentar, spam, dan lainnya.

Anda Klik opsi Run all selected optimizations untuk menghapus data tersebut. Untuk mempercepat WordPress anda, optimasi sebaiknya dilakukan sebulan sekali. Caranya mudah bukan ? itulah kenapa saya merekomendasikan plugin ini.

8. Update Password

Cara yang terakhir yaitu dengan mengupdate password. Mungkin anda sudah tahu jika dengan menganti rutin password website anda merupakan hal yang sangat penting. Namun, sebagian besar pengguna melupakannya. Salah satu untuk menjaga website anda adalah dengan menganti password website sebulan sekali. Prosesnya mudah dan dengan itu akan mengurangi resiko website anda disusupi oleh orang tidak dikehendaki.

Jika bukan hanya anda admin yang punya akses ke dashboard, maka sangat disarankan untuk mengajak user lain supaya mengubah password. Apabila saat ini anda belum menggantinya karena lupa passwordnya, maka kami menyarankan Anda untuk memakai plugin password manager. Tool ini membantu Anda untuk membuat password yang lebih aman. Bahkan pplugin juga menyimpan data password Anda sehingga anda tidak akan melupakannya lagi.

Kesimpulan

Di balik sebuah website professional, ada proses maintenance yang rutin dilakukan supaya websitenya berjalan lancar. Maintenance WordPress mungkin tidak begitu mendesak, tapi tindakan ini bisa memastikan website Anda mempunyai performa terbaik sehingga pengunjung betah. Selain itu, dengan membuat backup website dan mengupdate WordPress secara rutin juga merupakan cara untuk mempercepat WordPress anda.

Apakah Anda mempunyai pertanyaan tentang maintenance serta cara mempercepat WordPress pada pembahasan di atas? Pastikan WordPress Anda sudah menggunakan SSL agar lebih aman.

(Visited 63 times, 1 visits today)

Leave a Reply