Acara Pawai Perahu Hias Menyambut Hari Raya Idul Adha 1437 di Sungai Kayan Tanjung Selor

Pawai perahu hias di Sungai Kayan, Kabupaten Bulungan untuk menyambut Iduladha, pada hari Minggu 11 September 2016 malam, menyedot perhatian ribuan masyarakat yang memadati kawasan Kampung Arab hingga Jalan Sabanar Lama, Tanjung Selor.

Belasan peserta saling adu kreativitas untuk menghias perahunya agar terlihat menarik. Sungai Kayan pun bermandi cahaya lampu dari kapal atau perahu hias yang diikuti kalangan masyarakat, perwakilan masjid serta beberapa instansi pemerintahan di Bulungan. Apalagi, panitia juga menyediakan hadiah untuk peserta yang memiliki bentuk perahu hias paling unik dan kreatif.

Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie juga menyebut kegiatan ini bakal menjadi agenda tahunan di Kaltara. Setiap tahunnya juga bakal digelar lebih meriah untuk meningkatkan animo masyarakat. Pawai takbiran di Sungai kayan ini sendiri sudah berlangsung sejak sebelum Kabupaten Bulungan memisahkan diri dari Kalimantan Timur dan menjadi provinsi sendiri, yakni Kalimantan Utara.

Selain itu, untuk meningkatkan minat para peserta, hadiah yang diberikan untuk para peserta juga bakal lebih besar. Pawai takbiran di Sungai Kayan tahun ini, pihak panitia memberikan total hadiah sebesar Rp 46 juta. Hadiah itu terbagi dalam dua kategori, yakni untuk kategori kapal atau dong feng dan perahu tambangan.

Pawai takbiran di Sungai Kayan ini juga bisa dibilang sebagai salah satu wujud harapan Gubernur Irianto yang menginginkan Sungai Kayan bisa dijadikan salah satu tujuan wisata di Kaltara khususnya di Bulungan. Saat ini, potensi Sungai Kayan baru dimanfaatkan sebagai jalur transportasi dan wisata tepian sungai.

Beberapa waktu lalu, Gubernur juga sempat menyatakan wacana untuk pengadaan kapal pesiar untuk wisata di sungai terpanjang di Kaltara ini. Konsep itu diadopsi dari sejumlah negara maju di Asia dan Eropa yang memanfaatkan perairan darat untuk tujuan wisata. Kapal itu nantinya dapat dijadikan sebagai restoran dengan menawarkan pemandangan Sungai kayan dan sekitarnya.

Baca Juga :   Dealer Resmi Toyota Tanjung Selor Kaltara

pawai-perahu-hias-tanjung-selor-bulungan

Para pemenang Kegiatan Perahu Hias Minggu 11 September 2016 di Sungai kayan Tanjung Selor Bulungan Kalimantan Utara

Untuk diketahui, ada dua kategori yang dilombakan pada pawai perahu hias yaitu kategori kapal atau dong feng dan kategori perahu tambangan.

Kategori kapal atau dong feng dimenangkan oleh Masjid Jami Habib Ahmad  Tanjung Selor. Juara dua Masjid Jami Al Muhajirin Tanjung Palas. Juara tiga Masjid Al Amin Tanjung Palas. Dan juara empat Masjid Al Muhajirin Jelarai Tengah.

Untuk kategori kapal atau dong feng, juara satu hingga empat masing-masing mendapatkan hadiah Rp 10 juta, Rp 8 juta, Rp 6 juta dan Rp 4 juta.

Sementara itu, untuk kategori perahu tambangan, juara satu diraih Masjid Al Asnawiyah Karang Anyar. Juara dua Masjid Kasimudin Tanjung Palas Tengah. Juara tiga dari RT 01 Tanjung Palas dan juara empat dari Langgar Al Ihsan Tanjung Palas Ilir.

Untuk kategori perahu tambangan, juara satu hingga empat masing-masing mendapatkan hadiah piala dan uang pembinaan sebesar Rp 7 juta, Rp 5,5 juta, Rp 3,5 juta dan Rp 2 juta.

tahun-depan-pawai-perahu-hias-lebih-ramai-pemprov-akan-tingkat-jumlah-hadiah

(Visited 189 times, 1 visits today)

One Response

  1. author

    jasa lukis dinding4 months ago

    seru juga ya ada perlombaannya

    View Comment Reply

Leave a Reply