aCommerce Indonesia Membangun In-house Fulfillment Center

Belanja Online 0   69 views 0
image

aCommerce Indonesia telah menyelesaikan pembangunan Fulfillment Centre (FC) di Cawang, Jakarta Timur, dengan luas 7.000 m2.
CEO aCommerce Indonesia Hadi Kuncoro menerangkan FC ini dilengkapi dengan conveyor belt yang mengefisiensi waktu pick-packing per order, storage mezzanine empat lantai yang luasnya setara dengan 17.000 m2 pada level ground space dan secara keseluruhan juga meningkatkan total kapasitas storage aCommerce Indonesia hingga 4 juta unit produk.
Bisa dikatakan FC Cawang ini merupakan gudang ecommerce terbesar yang terletak di tengah kota Jakarta.

Pembangunan FC ini adalah bagian dari rencana ekspansi aCommerce Indonesia pada 2016. Sebelumnya, aCommerce Indonesia telah membuka dua hub baru di Bandung dan Surabaya di Februari. Hingga saat ini aCommerce Indonesia memiliki kapasitas total di level ground (total ground capacity) seluas 30.000 sqm dan semuanya berhasil dicapai dalam waktu dua tahun.

Tidak hanya itu tujuan proyek ini adalah untuk membangun gudang yang sangat berorientasi pada teknologi (tech-oriented warehouse), di mana kualitas specs-nya secara spesifik dipilih untuk memenuhi kebutuhan industri retail dan fashion. Dalam perencanaan pembangunannya, aCommerce Indonesia melakukan simulasi besar space dan tenaga kerja yang dibutuhkan, serta memastikan FC ini memiliki layout fleksibel, mudah diekspansi serta desain yang juga dapat diduplikasi di kota-kota lainnya.

Perencanaan pembangunan ini mencakup analisa flow operasional, desain layout, studi fluktuasi volume, analisa shift, process improvements, utilisasi space, dan product sizing. Fase solution design ini memakan waktu 1,5 bulan sebelum tim Project Implementation melakukan proses pembangunan.

Pihak aCommerce berharap pembangunan FC ini menjadi milestone baru bagi aCommerce sebagai leading end-to-end solutions provider untuk para pemain industri ecommerce di Asia Tenggara. Mezzanine 4-level ini akan mengoptimalkan ruang lantai dengan unitisasi ruang udara tanpa harus mengubah metode picking seperti yang sudah diterapkan di FC sebelumnya.

Baca Juga :   Situs Belanja Online Terbesar Di Indonesia Mataharimall.com Diresmikan 9 september 2015

Mezzanine ini diperkirakan dapat menampung 2,1 juta unit dalam keseluruhan 4-levelnya. Selain itu, aCommerce Indonesia juga memasang conveyor belt semi-otomatis dan lift konstruksi agar pemrosesan order menjadi lebih efisien.

Hingga kini, aCommerce Indonesia dapat menangani 10-12ribu pengiriman outbound setiap harinya. Dengan penambahan FC Cawang, tim Operasional memproyeksikan outbound bisa meningkat tiga kali lipat hingga 35-36 ribu pengiriman dalam waktu operasional 24 jam/7 hari. Untuk menjalankan kegiatan operasional 24/7 di FC ini, aCommerce Indonesia merekrut 400 orang yang dibagi dalam 3 shift.

Pihaknya menjelaskan FC Cawang akan didedikasikan untuk produk fashion sedangkan FC Halim akan digunakan untuk kategori serba guna (multi user). Di saat yang sama, aCommerce Indonesia siap meresmikan ekspansi ke 15 kota lainnya pada Juli 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *