Ada Metode Pembayaran Online Baru Khusus ATM Bersama Yaitu B-secure Authentication System

PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) bekerjasama dengan PT Infinitium Solutions untuk pengembangan B-secure with dynamic one time password (OTP) Authentication. Kerjasama ini merupakan solusi pembayaran otentikasi e-commerce end to end untuk Bank issuer dan merchant yang dirancang agar kompatibel dengan berbagai bank dibawah jaringan ATM bersama.
B-secure authentication system dirancang untuk Bank Bank dibawah jaringan ATM bersama yang memungkinkan semua bank untuk mengambil bagian dalam pembayaran e-commerce. Dimana sebagian besar adalah bank yang tidak memiliki lisensi otentikasi Visa/mastercard untuk transaksi ecommerce. Infinitium dipercaya sebagai penyedia jasa untuk mengimplementasikan solusi OTP Authentication dalam sistem tersebut.

Sebagai pelopor dalam sistem pembayaran sejak 2000 dan berbagai prinsipal jaringan ATM bersama sejak 1990, Artajasa terus berusaha untuk menciptakan solusi inovatif yang terintegrasi yang dapat memberikan manfaat bagi jasa intitusi dan pelanggan dalam menciptakan efisiensi. Salah satunya adalah dengan layanan e-commerce yang sedang dikembangkan saat ini. Dimana Artajasa  bermitra dengan Infinitium yang mendukung dalam menerapkan e-commerce melalui dynamic one time password (OTP) authentication, sebagai konsentrasi terhadap keamanan transaksi untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dan memberikan pelayanan dalam bertransaksi e-commerce.

Dengan penerapan teknologi digital dan seluler, peningkatan aktivitas e-commerce dan pertumbuhan sistem pembayaran online di Indonesia, pangsa pasar e-commerce di Indonesia sangat menjanjikan. Tetapi bukan berarti tidak menimbulkan tantangan tersendiri terutama dalam keamanan dan kenyamanan.


Penelitian dari BMI Indonesia pada lanskap pembayaran online mencatat bahwa bank transfer adalah pembayaran paling umum bagi konsumen online Indonesia dengan persentase 75%, diikuti oleh cash on delivery (COD) pada presentase 20% dan sisanya 5% membayar melalui kartu kredit atau cara lain.

Baca Juga :   ShopCoupons : Dapatkan pendapatan dengan konversi yang tinggi melalui kode kupon di situs kamu

Perjanjian kerjasama ini merupakan penyatuan sumber daya dan keahlian dari Artajasa dan Infinitium untuk mengintegrasikan teknologi dan operasi manajemen antar bank issuer dan merchant.

Seiring Artajasa membangun kapasitas teknologi sebagai jaringan switching pembayaran terbesar, impak terhadap stakeholder pun meluasi para issuing bank dan merchant dalam jaringan ATM bersama. Infinitium membawa pengalaman terpercaya dalam pembayaran elektronik dan manajemen pengguna debit, dan hal ini akan mempercepat ekspansi ekosistem e-commerce melengkapi stakeholder dalam bertransaksi e-commerce dari bank ke merchant dan pemegang kartu.

Dengan pengalaman ATM bersama berkerjasama dengan 87 lembaga dan lebih dari 100 juta pemegang kartu, B-Secure akan semakin melancarkan sistem keamanan dan kenyamanan yang lebih besar untuk seluruh stakeholder dalam dunia e-commerce dari merchant ke bank issuer kepada pemegang kartu. Transaksi pembelian online dari authentication, authorization dan approval akan dilakukan real time dalam proses tunggal dan aman, difasilitasi antara merchant dan bank issuer dalam jaringan ATM bersama.

Dengan OTP B-Secure dynamic authentication, cardholder dari bank anggota jaringan ATM bersama diberdayakan untuk mengontrol otentikasi pembelian menggunakan perangkat seluler mereka sehingga memungkinkan mereka dalam melakukan pembelian online dengan rasa yakin dan aman.


Secara teknis, B-Secure memungkinkan bank di bawah ATM Bersama menjadi bagian dalam pembayaran e-commerce. Hal ini karena menurut Direktur Artajasa Bayu Hanantasena, tidak semua bank memiliki lisensi Visa atau Mastercard dalam transaksi e-commerce.

Denan sistem dan fitur B-Secure, transaksi pembelian online mulai dari autentifikasi, autorisasi dan persetujuan transaksi akan dilakukan secara lebih cepat (real time)

Infinitium dalam hal ini adalah penyedia jasa untuk implementasi solusi otentifikasi OTP. Dengan hal ini menurut Bayu, Artasaja akan bisa meningkatkan efisiensi, kepercayaan dan kenyamanan pelanggan.

Baca Juga :   Belanja Online Sekarang Semakin Praktis dengan Mandiri Debit Fitur 3D Secure

Selain itu, kerjasama ini diharapkan bisa meningkatkan keamanan dengan mengurangi ancaman kecurangan dalam merchant.

Metode pembayaran baru ini bisa diimplementasikan pada tahun 2017.

(Visited 97 times, 1 visits today)

Leave a Reply