Akibat Kekurangan Vitamin D Yang Dapat Menimbulkan Gangguan Serius

Walaupun sering diabaikan, akibat kekurangan vitamin D bisa berakibat buruk bagi kesehatan.  Padahal, sejatinya Vitamin D memegang peranan penting bagi kesehatan tubuh. Misalnya, mempengaruhi kondisi beberapa organ tubuh seperti tulang ataupun gigi. Kemudian mencegah kanker, mengatur gula dan tekanan darah, serta mempengaruhi perkembangan janin.

Vitamin D mudah larut di dalam lemak, namun sulit larut dalam air. Tubuh manusia tidak mampu memproduksi sendiri vitamin D. Vitamin yang tahan terhadap pemanasan ini terbagi menjadi vitamin D2 dan D3. Vitamin D2 atau ergokalsiferol biasanya terkandung di dalam steroid tumbuhan. Sedangkan vitamin D3 atau kolekalsiferol terkandung di dalam hewan.

1. Osteoporosis

Vitamin D di dalam tubuh bertugas menjaga kadar mineral penting seperti kalsium dan fosfor. Kedua mineral ini akan bekerja mengoptimalkan kepadatan tulang. Apabila kadar mineral ini berkurang, kepadatan tulang tidak dapat terjaga dengan baik. Ini berakibat pada pengeroposan tulang (osteoporosis), dimana tulang menjadi rapuh dan mudah patah.

Pada umumnya, osteoporosis tidak menimbulkan gejala atau rasa sakit sama sekali. Namun, akan diketahui setelah terjadi benturan ringan sehingga tulang menjadi patah. Setelah terkena osteoporosis, tubuh penderita bisa menjadi bungkuk terutama pada usia lanjut. Tulang belakang yang lemah akhirnya tidak lagi mampu menopang postur tubuh penderita, inilah yang menyebabkan kebungkukan.

2. Risiko Terkena Kanker

Gangguan akibat kekurangan vitamin D lain adalah risiko terkena kanker. Vitamin D berperan sebagai anti-kanker dengan mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Apabila kekurangan kadar vitamin D dalam tubuh, seseorang memiliki risiko terserang kanker 3 kali lebih tinggi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi vitamin D, peluang hidup penderita kanker payudara mengalami peningkatan. Penelitian dilakukan pada 1.666 orang pasien. Sebanyak 42% pasien yang rutin mengkonsumsi vitamin D dinyatakan bebas dari kanker payudara dan sisanya dapat bertahan hidup namun masih dengan kanker.

3. Penyakit Jantung

Vitamin D juga berfungsi mengatur sirkulasi darah dalam tubuh. Seseorang berisiko tinggi mengalami penyakit jantung apabila kadar vitamin D-nya rendah. Hal ini disebabkan karena jika vitamin D tidak terpenuhi, kerja jantung dalam memompa darah menjadi kurang efektif.

Sebuah observasi yang dilakukan kepada 1.700 orang menjawab hal ini. Hasilnya yang diperoleh adalah, orang dengan kadar vitamin D rendah dalam tubuhnya paling banyak mengalami serangan jantung dalam 5 tahun observasi.

4. Diabetes Melitus Tipe 2

Tak hanya itu, vitamin D dalam tubuh juga memegang peranan dalam proses sekresi dan mempengaruhi kinerja hormon insulin dan membantu dalam mengatur proses metabolisme glukosa. Jika kadarnya dalam tubuh kurang, maka akan timbul peradangan kronis yang memicu terjadinya resistensi hormon insulin.

Resistensi hormon insulin adalah keadaan di mana tubuh tidak mampu memberikan respon terhadap hormon insulin yang dihasilkan pankreas secara normal. Peristiwa ini menyebabkan terbentuknya tumpukan gula dengan jumlah banyak di dalam darah.

5. Depresi

Depresi juga termasuk salah satu dari sekian akibat kekurangan vitamin D. Hal ini dijelaskan di dalam sebuah penelitian yang dipublish British Journal of Psychiatry. Hasilnya, orang-orang dengan kadar vitamin D yang rendah di dalam tubuhnya cenderung lebih sering mengidap depresi.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa vitamin D mampu mengatur hormon dan memengaruhi bagian pada otak yang berkaitan dengan pusat kendali suasana hati. Studi lain juga menyatakan produksi zat kimia dalam otak bahwa vitamin D pada sinar matahari dapat meningkatkan produksi zat kimia pada otak yang mampu meminimalisir tingkat stres.

Dikarenakan peranannya yang vital, berbagai gangguan atau penyakit serius dapat menyerang tubuh. Mulai dari gangguan yang ringan, bahkan sampai gangguan serius yang telah diuraikan di atas. Dengan asupan yang sesuai dan seimbang, orang dapat terhindar dari beberapa akibat kekurangan vitamin D.

(Visited 2 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply