Apa Penyebab Orang Terserang Penyakit Lupus?

Lupus merupakan penyakit autoimmune atau penyakit sistem kekebalan tubuh akibat sel imun yang berlebih. Lupus terjadi ketika sel imun yang seharusnya menyerang benda asing yang masuk ke dalam tubuh seperti bakteri dan virus tetapi malah menyerang organ tubuhnya sendiri. Secara khusus, belum ada faktor yang benar-benar menyebabkan lupus. Namun, secara garis besar penyakit ini dipengaruhi dua faktor, yaitu:

Faktor internal

Faktor internal biasanya faktor yang berhubungan tubuh itu sendiri, yaitu:

  1. Usia, Biasanya usia yang rentan terkena lupus antara 15-40 tahun. Walaupun kenyataannya ada bayi yang terserang penyakit ini.
  2. Jenis kelamin, Wanita lebih rentan terkena lulpus dibanding pria
  3. Ras, Orang-orang dari ras Amerika Latin, Asia, dan Afrika menunjukkan memiliki resiko yang lebih besar terhadap penyakit ini.

Faktor eksternal

Faktor eksternal ini merupakan faktor yang berasal dari luar yang berhubungan dengan gaya hidup dan kondisi seseorang. Faktor ini akan merangsang sel imun atau antibody untuk menyerang jaringan tubuhnya sendiri. Faktor eksternal ini antara lain:

  1. Berlebihan dalam mengkonsumsi obat antibiotic, Antibiotic merupakan obat yang dikonsumsi untuk membunuh bakteri, namun jika dikonsumsi secara berlebih akan berakibat fatal.
  2. Terlalu sering terpapar sinar ultraviolet, Bagi seorang yang rentan, terpapar sinar ultraviolet dari matahari akan memicu respon internal pada kulit.
  3. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu, Banyak obat yang berpotensi memicu lupus seperti hydralazine (obat tekanan darah tinggi), isoniazid (obat TBC), dan procainamide (obat jantung). Jika obat-obat ini dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang akan memicu tumbuhnya drug-induced lupus.
  4. Terinfeksi virus Epstein-Barr, Virus ini biasanya tidur dalam sel imun, namun karena beberapa hal virus ini bisa bangun dan menyerang.
  5. Terkena zat kimia, Zat kimia seperti merkuri dan silica menunjukkan dapat meningkatkan resiko penyakit lupus.
  6. Merokok, Merokok juga diperkirakan dapat meningkatkan resiko penyakit lupus.
  7. Stress berlebih, Kondisi psikis juga mampu meningkatkan penyakit ini yaitu dengan stress atau depreasi secara berlebih.
Baca Juga :   Inilah Gaya Hidup Penyebab Penyakit Kanker Berhati-hatilah!

 

(Visited 69 times, 1 visits today)

Leave a Reply