Apa Saja Produk Jasa Bank Syariah? Ini Dia Ulasannya!

Bagi Anda yang tertarik dengan bank Syariah, tentu harus mengetahui apa saja produk jasa bank Syariah yang ditawarkan? Seperti kita ketahui, perbankan syariah biasanya dikenal sebagai sistem yang berbasis syariah Islam. Tak kalah menarik, ada banyak produk jasa yang ditawarkan perbankan syariah. Adapun produk-produk tersebut diantaranya :

Bank Syariah Mandiri Catat Laba Rp 368 M
  1. Hawalah atau Pengambilan Utang Piutang

Hawalah/hiwalah ialah transaksi berupa pengalihan hutang. Bank menerima ganti biaya terhadap jasa pemindahan atas hutang piutang. Pada prakteknya, fasilitas dari hiwalah ini tujuannya untuk membantu para supplier memperoleh modal tunai untuk bisa melanjutkan produksinya.

  • Pinjaman Uang (Qardh)

Qard ialah pinjaman uang. Dalam perbankan, dalam perbankan aplikasi qard ini diantaranya untuk keperluan pinjaman talangan haji, yang mana nasabah talangan haji ini akan diberikan pinjaman guna memenuhi persyaratan penyetoran untuk biaya berangkat haji. Para nasabah pun dapat melunasinya sebelum mereka berangkat naik haji. Adapun atas jasa perbankan yang memberikan dana pinjaman talangan ini, maka bank akan mendapatkan fee atau ujrah. 

  • Gadai/Pelimpahan (Rahn)

Pelimpahan terhadap suatu kekuasaan berbentuk barang oleh para nasabah kepada pihak bank guna memperoleh sejumlah uang dan karenanya lembaga keuangan ini berhak atas imbalan.

  • Penjaminan (Kafalah)

Produk dalam perbankan syariah dengan skema kafalah ialah bank garansi. Pada kafalah ini yaitu akad jaminan suatu pihak ke pihak yang lainnya ada pengalihan tanggung jawab dari nasabah ke pihak bank. Lalu atas jasanya inilah, bank memiliki hak untuk meminta imbalan. Adapun contohnya, kafalah diterapkan lewat produk credit card Syariah.

  • Perwakilan (Wakalah)

Wakalah ialah pelimpahan kekuasaan dari pihak nasabah ke pihak bank. Kemudian atas jasanya ini, bank memiliki hak untuk meminta imbalan. Atau bisa dikatakan bahwa wakalah ini artinya ada perwakilan yang terjadi antara kedua belah pihak, yang mana pihak pertama berperan mewaklkan urusannya ke pihak kedua. Misalnya saja transfer uang dan pembukaan L/C. Perbankan wakalah, secara teknis ialah akad pemberian kuasa atau wewenang dari seseorang atau lembaga ke pihak lainnya untuk mewakilinya melaksanakan urusan sesuai batas kewenangan dalam waktu yang telah ditentukan.

  • Sharf

Sharf ialah transaksi pertukaran perak dan emas, atau pertukaran dari valuta asing. Adapun contohnya adalah tukar uang rupiah ke dalam TT (Valuta Asing) atau Tukar Bank Note ke dalam Rupiah 

  • Titipan (Wadiah)

Konsep titipan pada produk jasa bank syariah biasanya memakai skema wadiah amanah, yang mana bank tak diperbolehkan memakai harga atau benda yang dititipkan kepadanya. Seperti aplikasi dalam perbankan berupa safe deposit box.

Itulah beberapa produk jasa yang dapat Anda pilih saat melakukan investasi Syariah online ataupun secara langsung. Semoga bermanfaat!

(Visited 5 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply