Apa Sih Perbedaan Visa, MasterCard dan JCB ?

Dalam dunia perbankan, sering kali kita menemukan logo Visa, MasterCard, maupun JCB. walaupun sangat sering melihatnya, sudahkah anda sekalian mengetahui apa itu Visa, MasterCard, dan JCB? Logo manakah yang tertera di kartu kredit anda? Apakah Visa, MasterCard, ataukah JCB?

Perlu diketahui bahwa  logo yang tertera pada kartu kredit itu-lah yang memungkinkan anda, untuk bisa bertransaksi di tempat-tempat yang juga memasang logo yang sama. Misalnya, jika kartu kredit anda memiliki logo Visa, maka anda bisa menggunakannya untuk membayar biaya makan di restoran yang juga memasang logo Visa, anda bisa melakukan tarik tunai di ATM yang logo Visa, membayar belanja, dan banyak lagi lainnya. Hal yang sama berlaku juga untuk MasterCard maupun JCB.

Untuk Lebih jelasnya, Visa, MasterCard, dan JCB adalah sebuah jaringan kartu kredit. Masing-masing tidak menerbitkan kartu kredit, karena pihak bank lah yang menerbitkan kartu kredit. Pihak bank bekerjasama dengan jaringan kartu kredit, agar kartu kredit anda bisa diterima untuk pembayaran di seluruh dunia. Di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai Visa, MasterCard, dan JCB.

  1. Visa

visa_new+logoKartu kredit Bank Americard yang dikeluarkan Bank of America adalah cikal bakal lahirnya Visa. Dikeluarkan pada tahun 1958, Visa berkomitmen untuk terus melayani dunia pembayaran digital secara global. Visa menghubungkan konsumen, pebisnis, institusi finansial dan pemerintah di lebih dari 200 negara. Visa hanyalah sebuah jaringan pembayaran, karenanya Visa hanya menghubungkan insitusi finansial dengan konsumennya. Kondisi itu memungkinkan institusi bisa menyediakan kepada konsumennya beberapa layanan, seperti: bayar dengan kartu debit atau bayar kemudian dengan kartu kredit.

  1. MasterCard

2000px-MasterCard_Logo.svgHampir sama dengan Visa, MasterCard juga lahir di Negeri Paman Sam. Asal mula MasterCard adalah Interbank Card Association yang dibentuk oleh sekelompok bank di California pada tahun 1966. Bank-bank anggota bekerjasama dengan ICA untuk menerbitkan kartu kredit MasterCharge: The Interbank Card. Di kemudian hari, Mastercharge kita kenal menjadi MasterCard hingga saat ini. MasterCard dan Visa adalah jaringan yang saling berkompetisi, dan dua-duanya juga dikenal secara luas di seluruh dunia. Ada sekitar 25.000 institusi finansial yang berada di bawah naungan MasterCard.

Baca Juga :   Miliki Kartu Kredit HSBC Platinum Cash Back Dapatkan Cashback 3% Untuk Transaksi Apapun
  1. JCB

1280px-JCB_Cards.svgJCB kepanjangan dari Japan Credit Bureau. Dari namanya pasti kita sudah bisa menduga darimana asal jaringan kartu kredit ini kan? Ya! Betul sekali! JCB berasal dari negeri Sakura. Meskipun belum seluas MasterCard maupun Visa, kartu kredit dengan logo JCB bisa anda temukan di 20 negara di dunia. Di Indonesia, kartu kredit yang sudah bekerjasama dengan JCB di antaranya adalah CIMB Niaga Ultimate JCB, BNI JCB Platinum, dan BII JCB Platinum.

(Visited 1,567 times, 2 visits today)

Leave a Reply