Apakah Layanan SIM Online juga Berlaku untuk Pembuatan SIM Baru

Pelayanan Surat Izin Mengemudi atau SIM online ternyata berlaku juga pada pembuatan SIM baru.

Sebelumnya, layanan SIM Online sudah berlaku secara nasional, tetapi khusus untuk perpanjangan SIM. Namun, pelayanan itu merambah pada pelayanan pembuatan SIM baru.

Dalam pelayanan ini ada perubahan alur yang digunakan, yakni saat pertama datang peserta diminta untuk mengisi formulir, lalu membayar di BRI dan melakukan tes, serta melakukan foto.

Perbedaannya adalah perekaman data dilakukan secara online, petugas cukup memasukan NIK, lalu data diri pemohon SIM langsung keluar.

Dengan demikian, tidak lagi terjadi antrean panjang sebagaimana cara lama. Sebab, dengan mengunakan sistem online ini, data yang ada di kementerian terkait data kependudukan seluruh Indonesia bisa terintegrasi.

Sedangkan pada alur perpanjangan SIM, pemohon cukup mengisi formulir yang disediakan dengan membawa SIM lama, KTP, dan keterangan sehat dari dokter. Lalu datang ke bagian foto dan memasukkan NIK, sehingga SIM yang diinginkan langsung bisa dicetak.

Jika program ini tidak mengalami masalah, pelayanan permohonan baru hanya memakan waktu 1 jam, sedangkan pada perpanjangan SIM, cuma memakan waktu 15 menit.

Pelayanan ini masih belum bisa dinikmati oleh seluruh daerah, hanya 45 daerah yang saat ini baru bisa melakukan pelayanan sim online ini.

Artikel Terkait SIM Online :

Baca Juga :   Cara Memperpanjang SIM Online

(Visited 4 times, 1 visits today)

Leave a Reply