Aplikasi Al-Qur’an Offline, Ibadah jadi Mudah

Aplikasi Al-Qur'an Offline

Sibuk bekerja kadang kala membuat seseorang tidak sempat untuk beribadah. Dengan kemajuan teknologi, hal yang sulit bisa jadi mudah. Teknologi yang  dimiliki seperti ponsel yang beragam jenisnya memudahkan untuk beribadah. Sesungguhnya kemajuan teknologi tidak akan jadi penghalang dalam beribadah, karena justru itu akan mempermudah.Misalnya saat ingin membaca al-qur’an melalui beragam aplikasi al-qur’an offline. 

Ada banyak sekali aplikasi yang menyediakan bantuan dalam membaca al-qur’an dengan mudah dan praktis. Namun memilih aplikasi al-qur’an offline yang tepat dapat dibilang tidak susah namun tidak mudah juga. Setiap aplikasi memiliki keunggulan dan kekurangan masing masing mulai dari desain, penyimpanan, dan fitur yang disajikan oleh setiap aplikasi.

Begitu banyaknya pilihan aplikasi gratis yang ditawarkan dengan produk yang begitu baik, maka harus selektif dalam memilih aplikasi dengan fitur yang tepat. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi al-qur’an  yang dapat digunakan:

1. Quran Pro

Aplikasi Quran Pro ini  dikembangkan oleh Quantic Apps Ltd, London. Tampilannya yang elegan akan membuat pembaca merasakan sensasi membaca langsung dari kitabnya. Selain itu surat yang tersedia dalam aplikasi ini juga dapat diunduh untuk membacanya secara offline.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah terjemahannya yang terdiri dari berbagai bahasa. Salah satunya adalah bahasa indonesia yang akan membantu dalam memahami ayat-ayat dalam al-qur’an. Quran Pro juga memberikan fasilitas agar seseorang dapat mendengarkan lantunan ayat dari pembaca quran terbaik di dunia. 

2. Al-Quran Indonesia

Al-Quran Indonesia datang dari creator asli indonesia. Dengan warna hijau tosca yang membuat mata segar dan menarik perhatian. Sama dengan aplikasi al-qur’an offline lainnya, terjemahan Bahasa Indonesia juga tersedia di aplikasi ini. Adapun kelebihannya yakni terjemahan pada aplikasi ini bukan hanya sekedar terjemahan, namun translator atau juga penafsir didatangkan khusus dari Kementerian Agama RI.

 Tak hanya itu, aplikasi ini juga telah tersedia dalam 2 tema yakni tema dark dan light. Tema dark disesuaikan dengan pencahayaan untuk malam. Sedangkan tema light ditujukan untuk pencahayaan di siang hari agar mata tidak terlalu kesulitan untuk menyesuaikan cahaya yang diterima. Quran Indonesia juga memiliki fitur lain yakni kemampuan untuk membagikan ayat Allah ke media sosial dengan tampilan yang indah.

3. Quran For Android

Quran for Android bisa dibilang merupakan aplikasi al-qur’an yang offline paling sederhana dan paling mudah digunakan. Memiliki konsep gelap terang pada aplikasi ini bertujuan agar mata tidak kesakitan. Terdapat banyak terjemahan dalam berbagai bahasa sehingga pilihan pembaca baik dan juga beragam.

4. Muslim Pro

Muslim Pro merupakan sebuah aplikasi al-qur’an offline yang dikembangkan oleh Muslim Pro Limited yang berasal dari Singapura. Kabar baiknya, Muslim Pro ini menjadi aplikasi paling lengkap diantara semuanya. Bukan hanya menyediakan fitur al-quran saja, Muslim Pro juga menyediakan fitur lbermanfaat lainnya. Adapun fitur yang dimaksud adalah pengingat sholat, waktu puasa, adzan, kompas kiblat, peta masjid, restoran halal, dan kalender Hijriah.

5. Al Quran Al Hadi

Terakhir adalah Al Quran Al Hadi.  Salah satu aplikasi  quran offline ini ditujukan kepada orang yang ingin mempelajari ayat Allah dengan terstruktur. Fitur pencarian pada aplikasi ini terbilang baik, dimana seseorang dapat mencari sebuah ayat dengan tema tertentu yang diperlukan.

Dengan 5 pilihan aplikasi al-qur’an offline bisa mempermudah ibadah. Dengan adanya kemajuan teknologi dan aplikasi yang mendukung, tentunya ibadah menjadi lebih mudah. Pilihlah yang cocok dan juga sesuai dengan kebutuhan diri sendiri dan lanjutkan ibadah dengan mudah dan tanpa gangguan.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.