8 Aplikasi Belajar Offline Tanpa Takut Kuota Habis Untuk Belajar Di Rumah

Perkembangan teknologi informasi di dunia digital sudah merambah ke berbagai bidang, termasuk pendidikan. Aplikasi belajar offline ini merupakan salah satu bentuk digitalisasi buku yang dikemas dengan lebih simpel dan menarik.

Smartphone merupakan media yang membuat sejumlah anak tertarik untuk belajar. Jangan hanya digunakan untuk bermain game saja, smartphone sebaiknya digunakan untuk kebutuhan edukasi. Apalagi pada musim pandemi ini, belajar dirumah menggunakan gadget merupakan solusi terbaik.

1. Buku Sekolah Digital (BSE)

Di era revolusi industri 4.0 ini pelajar tidak perlu repot repot membeli dan membawa buku pelajaran. Karena aplikasi buku sekolah digital akan mempermudah siswa untuk belajar semua materi yang dibutuhkan. BSE sendiri merupakan aplikasi yang dibuat oleh departemen pendidikan Indonesia.

Disini para siswa bisa mempelajari semua mata pelajaran dan juga tersedia untuk pelajar mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Kejuruan Serta Sekolah Menengah Atas. Lengkap kan.

2. Soal Ujian SD

Aplikasi belajar offline satu ini ditujukkan untuk murid yang masih menempuh pendidikan di Sekolah Dasar. Anak tidak akan merasa bosan karena desain user interface nya sangat imut dengan warna yang cerah. Ini merupakan daya tarik tersendiri dari aplikasi ini. Layaknya bermain game, terdapat 20 level dalam aplikasi ini.

Aplikasi soal ujian SD ini menyediakan beragam soal untuk berbagai mata pelajaran. Berlatih soal merupakan salah satu cara agar anak dapat memahami mata pelajaran. Aplikasi ini ditujukan untuk anak SD dari kelas satu sampai enam.

3. Rangkuman Fisika SMP

Sesuai namanya, aplikasi ini berisi rangkuman pelajaran fisika untuk siswa Sekolah Menengah Pertama. Terdapat beragam materi yang bisa dipelajari, mulai dari besaran dan satuan, kalor, suhu, pemuaian, tata surya dan sebagainya. Lengkap sebagaimana siswa belajar di kelas pada umumnya.

4. Rangkuman Biologi SMP

Aplikasi ini hadir untuk siswa SMP. Rangkuman biologi SMP menawarkan materi biologi yang dapat dipelajari dengan lebih mudah dan simpel. Penerbit pustaka 2000 menyediakan beragam bahasan dalam ebook ini seperti klasifikasi makhluk hidup, ekosistem, bioteknologi, dan sebagainya.

5. Materi SMA

Sesuai namanya, aplikasi ini diperuntukkan untuk siswa SMA. Aplikasi ini menawarkan berbagai materi yang lengkap baik untuk jurusan IPA maupun IPS. Tak hanya materi, terdapat juga soal-soal lengkap dengan pembahasannya. Menarik kan?

6. Soal Ujian Sekolah

Aplikasi belajar offline satu ini ditujukkan untuk belajar sebelum menghadapi ujian sekolah. Siswa tidak perlu repot-repot membayar bimbel untuk les tambahan. Cukup download aplikasi ini, para murid dapat mempelajari berbagai jenis soal dari mata pelajaran yang diujikan. Tak hanya soal, aplikasi ini juga menyediakan soal masuk STAN dan SBMPTN loh.  

7. Ruang Guru

Ruang guru cukup keren karena menghadirkan tutor sebagai pembimbingnya. Jadi sistem belajar dua arah lebih terasa. Tetapi untuk mengaksesnya secara offline, pengguna harus mendownload video pembelajarannya terlebih dahulu.

8. Exam Preparation

Aplikasi belajar satu ini sangat lengkap tetapi sayangnya bukan berbasis bahasa Indonesia. meski demikian, aplikasi ini cukup membantu siswa dari semua jenjang mulai dari SD sampai SMA atau SMK dengan materi yang berstandar Internasional.

Menariknya, aplikasi ini akan memunculkan notifikasi saat ada soal baru. Pengguna bisa mempelajari semua mata pelajaran dan membuat jadwal belajar dan catatan.

Nah, itulah beberapa aplikasi belajar offline yang ringan dan tidak akan memakan kuota internet. Berkat perkembangan teknologi yang semakin mutakhir, siswa tidak perlu lagi membeli dan membuka buku, hanya download saja beragam aplikasi pembelajaran tersebut, karena semuanya sudah terdigitalisasi.

 

(Visited 8 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply