Apply KTA Online Lebih Cepat dan Lebih Mudah dari Bank

Banyak orang yang berpendapat bahwa mengajukan pinjaman dana ke bank atau lembaga keuangan resmi lainnya, selalu identik dengan kerumitan dan berbagai macam proses panjang yang melelahkan. Bahkan tidak jarang orang yang menganggap kedua lembaga keuangan tersebut akan selalu menerapkan berbagai macam persyaratan yang sulit dan merepotkan. Hal tersebut mungkin saja benar, tapi untuk belasan tahun yang lalu.

Sejak bertahun-tahun belakangan ini, bank telah menerapkan sistem yang canggih sehingga proses pengajuan kredit bisa berlangsung dengan cepat dan praktis. Selain itu persyaratan yang diminta juga tidak serumit dan seribet seperti yang dipikirkan orang kebanyakan. Bank mencoba untuk menghadirkan beragam jenis pinjaman yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda akan pinjaman dana tunai, sehingga Anda tidak perlu mengajukan sejumlah pinjaman kepada rentenir yang tentu saja akan membuat Anda mengambil resiko yang sangat besar.

Meminjam kepada rentenir akan memaksa Anda membayar sejumlah bunga yang sangat besar dan juga sarat dengan aturan yang akan merugikan Anda sebagai peminjam karena tidak adanya aturan yang baku dan resmi dalam proses pinjaman tersebut. Jangan pernah berpikir untuk meminjam sejumlah dana kepada rentenir, hal ini hanya akan merugikan Anda sebagi peminjam.

merupakan salah satu produk perbankan yang paling banyak diminati oleh kalangan masyarakat. Hal ini bisa dimaklumi, mengingat KTA adalah jenis pinjaman tunai yang penggunaannya fleksibel dan tidak terbatas pada satu hal saja. Selain itu KTA juga memiliki banyak kelebihan seperti yang disebutkan di bawah ini:

Sebagaimana namanya, KTA merupakan salah satu bentuk pinjaman yang bisa diajukan tanpa menyertakan sebuah agunan / jaminan.

KTA merupakan sebuah bentuk pinjaman tunai yang memiliki sejumlah persyaratan yang mudah dalam pengajuannya, Anda tidak akan kesulitan dalam memenuhi segala persyaratannya.

Berbeda dengan bentuk pinjaman lainnya, proses pengajuan KTA tergolong sangat cepat, hanya berlangsung selama beberapa hari saja, bahkan dalam layanan beberapa bank, ada KTA online yang hanya memerlukan waktu beberapa jam saja dalam proses pengajuannya.

Baca Juga :   Inilah Yang Harus Anda Ketahui Agar KTA Anda Diterima Bank

Dana yang didapatkan KTA memiliki sifat penggunaan yang sangat fleksibel, di mana Anda dapat secara leluasa dalam menggunakannya untuk berbagai macam kebutuhan dan keperluan Anda.

KTA juga memiliki pilihan jangka waktu yang bisa Anda tentukan sendiri dan Anda sesuaikan dengan kemampuan bayar yang Anda miliki. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam menyesuaikan dana dan kebutuhan Anda yang lainnya.

Walaupun begitu, untuk mengajukan KTA ada syarat dan ketentuan yang tetap harus Anda penuhi. Hal ini penting dilakukan agar pengajuan Anda bisa disetujui oleh pihak bank.

Simak beberapa poin di bawah ini, yang bisa Anda jadikan sebagai acuan dalam pengajuan KTA:

Menyerahkan Persyaratan via resolvingdiscoverydisputes.com

Hal utama yang harus Anda lakukan dalam pengajuan KTA adalah memenuhi segala persyaratan yang telah ditentukan oleh bank. Ada beberapa persayaratan umum yang biasanya digunakan dalam pengajuan KTA, meliputi:

Hal yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah mengisi seluruh kolom aplikasi pengajuan KTA dengan data diri Anda yang benar, mencantumkan nomor telepon yang valid dan mudah dihubungi, sehingga bank tidak akan kesulitan untuk melakukan verifikasi dan proses pada aplikasi Anda.

Saat Anda mengajukan pinjaman KTA, maka wajib bagi Anda untuk memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), terutama bila Anda menginginkan sejumlah dana yang cukup besar saat mengajukan KTA. Bank memiliki nilai tambah bagi para aplikan yang memiliki NPWP, dengan demikian pengajuan Anda akan semakin besar kemungkinannya untuk disetujui. Jadi bila ternyata Anda belum memiliki NPWP, ada baiknya Anda mendatangi kantor pajak terdekat dan melakukan pengajuan di sana.

Saat Anda akan mengajukan pinjaman KTA, maka proses pengajuan tersebut akan lebih mudah jika Anda telah memiliki kartu kredit sebelumnya. Hal ini bisa terjadi karena bank akan dengan mudah bisa melihat dan mempertimbangkan riwayat kredit dan aktifitas perbankan Anda melalui yang Anda miliki.

Baca Juga :   KTA Terbaik Untuk Memenuhi Kebutuhan Darurat Anda

Meski membantu dalam proses pengajuan, hal ini juga sering menjadi sebuah bumerang bagi sebagian besar orang yang ternyata memiliki riwayat pemakaian yang buruk di dalam kartu kredit milik mereka. Jika Anda memiliki sejumlah tunggakan / hutang di dalam kartu kredit Anda, maka sangat disarankan agar Anda melakukan pelunasan terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman KTA ke bank. Bank tidak akan segan-segan menolak pengajuan Anda, bila ternyata Anda memiliki kredit macet sebelumnya.

 

Saat Anda mengajukan KTA, penting bagi Anda untuk mengetahui batas limit kredit yang akan diberikan oleh bank kepada Anda. Pada dasarnya bank akan memiliki sejumlah ketentuan terkait dengan limit kredit pada masing-masing calon peminjam, hal ini didasarkan pada jumlah penghasilan / gaji yang Anda terima setiap bulannya. Biasanya seorang karyawan akan memiliki limit kredit sebesar 5 kali gaji, maka Anda bisa mempertimbangkan jumlah pengajuan kredit yang akan Anda lakukan. Hal ini penting jika ingin pengajuan KTA Anda bisa disetujui oleh bank, maka ajukan jumlah pinjaman yang masuk akal. Semakin kecil limit pinjaman yang Anda ajukan, maka semakin besar pula kemungkinan hal tersebut akan dikabulkan.

Setiap bank akan memiliki kebijakan mengenai standar penghasilan minimum yang yang wajib dipenuhi dalam pengajuan KTA. Jumlah ini biasanya akan berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya, mengikuti UMR yang berlaku di wilayah tersebut. Pastikan Anda masuk dalam kategori layak ataumemenuhi standar ketentuan penghasilan yang telah ditetapkan oleh bank, hal ini akan mempengaruhi keberhasilan pengajuan pinjaman KTA yang Anda lakukan.

Jika ternyata sebelumnya Anda memiliki sebuah riwayat kredit yang buruk / terkait dengan kredit macet dan yang lainnya, maka kemungkinan untuk pengajuan Anda disetujui sangatlah kecil bahkan tidak disetujui sama sekali. Dalam kondisi seperti ini Anda bisa menggunakan nama orang lain dalam pengajuan KTA, di mana Anda harus memiliki seorang teman / kerabat yang bersedia mengajukan KTA dan telah memenuhi semua ketentuan dalam pengajuan tersebut.

Baca Juga :   Inilah Perbedaan Dana Tunai Kartu Kredit dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Hal ini tentu sangat beresiko, terutama bagi orang yang Anda gunakan namanya dalam pengajuan tersebut, di mana nama baiknya akan dipertaruhkan dalam pengajuan pinjaman yang Anda lakukan. Anda harus bisa meyakinkan orang tersebut bahwa Anda mampu dan akan bertanggung jawab penuh terhadap pengajuan KTA yang Anda lakukan. Hal ini juga bisa Anda lakukan dengan cara menandatangani surat perjanjian sebagai syarat dari pengajuan tersebut.

 

Jangan mengambil jumlah pinjaman yang terlalu besar dan berada di luar kemampuan bayar yang Anda miliki. Hal ini akan sangat berisiko membuat Anda mengalami gagal bayar dan menunggak cicilan di kemudian hari. Meski KTA adalah sebuah pinjaman tanpa agunan, bank tidak akan segan-segan untuk mengirimkan debt collector dalam melakukan penagihan tunggakan yang Anda miliki. Anda sangat disarankan untuk mengajukan pinjaman dalam jumlah kemampuan Anda dan memilih tenor yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Setelah Anda mendapatkan sejumlah dana dari pengajuan KTA yang Anda lakukan, maka langkah selanjutnya adalah memanfaatkan pinjaman tersebut dengan sebaik-baiknya. Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah membayar cicilan dengan baik dan tepat waktu setiap bulannya, dengan demikian Anda akan memiliki riwayat kredit yang baik di mata bank.

KTA akan sangat membantu dan cukup mudah untuk diajukan, namun hal ini tetap harus dilakukan dengan sangat penuh pertimbangan, di mana Anda akan dihadapkan pada sejumlah cicilan bulanan dalam waktu yang lumayan panjang. Pertimbangkan dengan matang sebelum mengajukan KTA dan gunakan dana yang diperoleh tersebut dengan bijak.

(Visited 313 times, 1 visits today)

Leave a Reply