Bagaimana Cara Memperkenalkan Uang Kepada Anak Sesuai Usia

Tidak hanya orangtua, anak-anak pun perlu mengenal uang. Tujuannya tidak hanya mengajar anak agar mampu menggunakan uang dengan baik saja, tetapi juga supaya mereka mampu mengatur keuangan dengan baik nantinya.

Usia Anak 2-3 tahun

Pada Usia ini anak-anak belum bisa membedakan nilai mata uang. Misal ketika diserahkan uang Rp 500 koin dan Rp 500 kertas, secara otomatis mereka akan memilih uang Rp500, yang bentuknya koin.

Tidak masalah mana saja yang mereka pilih, sebagai orangtua kita dapat mulai memperkenalkan uang sesuai dengan gambar yang tertera pada uang koin. Ajak pula mereka untuk bermain dengan mengumpulkan koin berdasarkan gambar yang tercetak diatasnya.

Cara lainnya adalah dengan mengajak anak anda bermain penjual dan pembeli, selain untuk memperkenalkan mata uang, juga bisa sebagai cara agar melatih kemampuan berbahasa. Namun harus berhati-hati, karena anak-anak usia Balita cenderung memasukkan apa pun ke dalam mulutnya.

Usia Anak 4-5 tahun

Anak-anak pada usia 4-5 tahun, sudah bisa diajak berdiskusi. Jadi, cobalah meminta anak anda memegang daftar belanja, dan minta ia mengingatkan apa saja barang yang harus dibeli saat itu. Cara ini akan membantu anak anda untuk mengerti apa manfaat daftar belanja yang dimiliki sekaligus memperkenalkan ia terhadap rincian budget belanja.

Usia ini juga merupakan usia yang tepat untuk mengajak anak anda mengumpulkan koin. Bermain restoran adalah cara yang bisa kita pilih. Misalkan saja Ibu menjual makanan dan anak membeli makanan dengan sejumlah uang mainan. Disinilah anak anda akan belajar berapa nilai uang.

Usia Anak 6-8 tahun

Ini adalah masa-masa paling pas untuk mendidik anak anda tentang bagaimana cara mengatur keuangan. Setelah mengenal nilai-nilai uang, anak-anak usia ini sudah mulai bisa untuk diajarkan mengatur uang jajannya sendiri. Misalkan saja dengan mengatur uang jajannya beberapa hari atau seminggu.

Baca Juga :   Hati-hati Berinvestasi di infoinvestasi.com

Ada banyak sekali permainan yang bisa kita pergunakan untuk memperkenalkan nilai mata uang, dan bagaimana cara membelanjakan uangnya dengan sangat tepat. Mainan seperti Monopoli adalah salah satu permainan untuk memperkenalkan mata uang kepada anak. Jangan lupa juga, bukalah rekening bank khusus anak, agar anak anda juga terbiasa dengan menabung dibank.

Usia Anak 9-12 tahun

Ketika kita berbelanja, cobalah meminta anak anda untuk membandingkan produk mana saja yang lebih baik dibeli. Tidak hanya karena nilai gizinya, tetapi juga harganya. Jangan meminta anak anda untuk membandingkan semua belanjaan, tetapi cukup satu atau dua barang saja.

Usia Anak 13 tahun keatas

Pada usia ini anak sudah bisa diajarkan berinvesatasi. Misalkan saja dengan bermain permainan role play dan orangtua sebagai pemilik saham. Cara lainnya ? Ijinkanlah anak anda memilih jenis permainan investasinya. Disini anak tidak hanya belajar tentang nilai uang, tetapi juga belajar apa itu investasi.

Nah, itulah cara-cara memperkenalkan uang kepada anak anda. Mudah sekali bukan?

(Visited 250 times, 1 visits today)

Leave a Reply