Bagaimana Cara Menangkal Rumor di Pasar Modal? Ini Dia Solusinya!

Berita perbankan hari ini merupakan kebutuhan sehari-hari bagi pasar modal. Dimana, tanpa suplai informasi membuat pasar modal tetap stagnan. Hal ini dikarenakan, tanpa adanya informasi ini artinya tidak ada pemicu yang mampu menggerakkan ekspektasi para investor. Karenanya investor pun tidak akan melakukan apapun. Dengan informasi inilah, ekspektasi investor dapat terbentuk. Kemudian mereka pun dapat mengambil keputusan untuk menambah ataupun mengurangi portofolionya.

Adapun jenis informasi yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi ini bermacam-macam, dari yang dasar hingga yang pembahasannya berat. Mulai dari informasi mengenai perusahaan sampai informasi bersifat makro, entah itu ekonomi ataupun politik. Tidak terkecuali informasi tentang investasi saham online yang kini banyak digandrungi para pelaku usaha atau investor.

Sulit dibantah jika kehadiran informasi memiliki pengaruh yang besar terhadap fluktuasi harga saham. Berita yang bersifat negatif bisa menurunkan nilai saham, tapi sebaliknya berita yang bersifat positif mampu mendongkrak minat pelaku pasar untuk membeli platform investasi.

Tips Menangkal Rumor di Pasar

Bagaimana Cara Menangkal Rumor di Pasar Modal? Ini Dia Solusinya!

Meskipun sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, namun Anda harus tetap menyaring berita perbankan hari ini, terutama yang berkaitan dengan rumor yang beredar di pasar. Sebab rumor memang tidak dapat ditangkal, tetapi harus ditaklukkan. Berdasarkan diskusi bersama para pelaku pasar, dilihat dari likuiditas pasar, kehadiran rumor itu sendiri sebenarnya berperan cukup penting. Hanya saja para investor harus lebih cerdas menyikapinya, dengan mengikuti beberapa tips berikut ini :

  1. Jangan Terlalu Yakin Dengan Informasi yang Beredar

Sebagai investor, Anda harus cermat menyaring berita yang beredar, apalagi jika sumber beritanya kurang jelas. Jika perlu, Anda bisa melakukan cross check mengenai kebenaran informasi tersebut melalui emiten secara langsung lewat cross check atau corporate secretary dengan keterbukaan informasi yang diumumkan lewat website BEI.

  1. Tinggalkan Perilaku Buy on The Rumors, and Sell on The News

Istilah tersebut hadir karena tidak sedikit pelaku pasar sering terjebak dengan melakukan pembelian ketika rumor beredar, lalu menjual saat berita yang dipublikasikan. Justru sikap tersebut sangat berbahaya sebab bisa menjebak bahkan dapat menggilas investor.

  1. Jangan Langsung Ambil Keputusan Berinvestasi

Jangan langsung ambil keputusan untuk berinvestasi dengan gegabah, hanya melalui informasi sesaat saja. Selain Anda harus mempertimbangkan tentang kebenaran berita tersebut, pastikan Anda memperhatikan pergerakan tentang harga saham apakah sebanding dengan informasi yang tersedia ataukah belum.

  1. Selalu Gunakan Alat Bantu Analisis

Hal yang teraman ialah jangan pernah tinggalkan tools bantu analisis, entah itu secara teknikal maupun fundamental. Sebab apapun rumornya, jika Anda masih tetap bersikukuh menggunakan alat bantu tersebut, maka investor pun akan selamat.

Itulah beberapa tips yang harus diperhatikan para investor agar tidak langsung mengambil keputusan saat melihat berita perbankan hari ini terkait investasi!

(Visited 8 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply