Bagaimana Cara Menghilangkan Blacklist BI Checking


Sering kali seseorang yang berniat untuk meminjam uang akan ditolak oleh pihak yang member pinjaman. Tentunya hal yang semacam ini akan membuat frustasi orang yang bersangkutan. Namun, jika ditelusuri lebih mendalam, kegagalan dalam mendapatkan pinjaman uang yang semacam ini bisa disebabkan oleh adanya perilaku orang yang bersangkutan. Dalam hal ini, bisa saja orang tersebut memiliki catatan jelek pada BI checking, sehingga hal ini akan menjadikan pinjaman tersebut tidak dikabulkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, berbagai tindakan akan dilakukan seperti halnya menghapus BI checking yang telah masuk dalam daftar blacklist.

Apa Sebenarnya Yang Disebut Sebagai BI Checking?

Istilah yang dikenal dengan sebutan Informasi Debitur Individual (IDI) Historis merupakan catatan yang berisi riwayat kredit yang dilakukan oleh nasabah. Dalam kenyataannya, IDI ini akan disimpan pihak Bank Indonesia dalam sistem Informasi Debitur (SID) bank Indonesia. Dalam hal ini, jika anda dalam posisi skala 1, maka anda memiliki riwayat kredit yang baik.

Sedangkan untuk skala 2, maka anda termasuk pada golongan DPK atau kredit dalam perhatian khusus yang tidak lancar dalam waktu 1-2 bulan dan untuk angka 3 berarti kredit anda tidak lancar dalam waktu 3-6 bulan. Jika anda masuk dalam skala 4, maka anda termasuk orang yang pada kategori kredit tidak lancar dan diragukan. Parahnya lagi, jika anda pada posisi 5, maka kredit yang anda lakukan mengalami kemacetan.
Cara Mengecek Status BI Checking Yang Sesuai Dengan Prosedur

Sebagai persiapan awal sebelum anda meminjam uang, maka anda bisa melakukan pengecekan status BI checking yang bisa dilakukan dengan mendatangi pihak bank secara langsung ataupun dengan memohon bantuan pihak ketiga. Namun demikian, seiring dengan perkembangan zaman, anda bisa melakukan pengecekan BI checking melalui jaringan internet yang caranya adalah sebagai berikut ini.

Baca Juga :   Veryfund.co Menawarkan Kemudahan Melacak History Transaksi Keuangan Bank

Langkah pertama adalah dengan memanfaatkan koneksi internet yang bagus, maka anda bisa membuka website Bank Indonesia yang kemudian anda bisa memilih moneter. Di situ nanti, anda akan memilih icon IDI historis.

Selanjutnya, anda bisa tarik ke bawah hingga anda menemukan icon formulir yang akan anda isi untuk tahapan selanjutnya.

Pastikan anda mengisi formulir permohonan IDI historis tersebut dengan jujur dan apa adanya.

Setelah selesai, maka anda bisa memilih menu kirim form yang sebelumnya anda harus memastikan bahwa semua data telah terisi dengan benar.

Tunggu konfirmasi dalam rentang waktu 4 hingga 1 minggu untuk mendapatkan balasan email dari pihak bank Indonesia. Dengan mendapatkan konfirmasi ini, maka anda bisa menjadikannya sebagai dasar dalam penghapusan blacklist anda.
Cara Menghapus BI Checking Jika Anda Terkena Blacklist

Sebelum anda melakukan tindakan ini, maka anda disarankan untuk melunasi semua hutang yang anda miliki. Jika memang dikatakan bahwa anda tidak melakukan kesalahan dalam melunasi tunggakan, maka secara otomatis atau sekitar 24 bulan, blacklist anda akan terhapus dengan sendirinya.

Untuk anda yang ingin mendapatkan penghapusan BI checking yang terkenal blacklist secara cepat, maka anda bisa menyerahkan bukti pelunasan kredit serta konfirmasi emai atas status IDI anda kepada bank Indonesia yang berada di sekitar anda. selain itu, pastikan anda berpakaian yang sopan sehingga akan mempermudah jalannya pengurusan ini juga.

Selain itu, ketahui bahwa untuk jam kerja pelayanan ini biasanya akan dimulai dari pukul 08.30 hingga 11.00 dan akan dilanjutkan lagi pukul 13.00 hingga 15.00. dengan cara ini, maka akan terbebas dari blacklist di BI checking.

(Visited 681 times, 1 visits today)

Leave a Reply