Bagaimana Dampak Positif dan Negatifnya Program Full Day School?

Bagaimana Dampak Positif dan Negatifnya Program Full Day School?

Baru-baru ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, menyatakan wacana mengenai full day school. Meski masih wacana, tapi berita ini cepat menyebar dan mendapat berbagai respon dari para masyarakat, terutama yang berhubungan dengan pendidikan.

Ada banyak tanggapan baik pro dan kontra mengenai peraturan ini. Entah apa yang mendasarinya sehingga dicetuskan ide ini. Tentu saja, ada dampak positif dan negatif dari adanya full day school ini.

Bagaimana Dampak Positif dan Negatifnya Program Full Day School?

Dampak positif Full Day School :
  1. Waktu setelah Jam Belajar dapat Digunakan untuk Kegiatan Positif

    Biasanya, setelah pulang sekolah anak akan bermain atau melakukan hal yang dirasa kurang bermanfaat. Tapi dengan adanya full day school, setelah jam belajar akan diisi kegiatan yang bermanfaat, seperti mengaji, olahraga, dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya.

  2. Menghindari Kemacetan di Kota-kota

    Biasanya di kota besar sering terjadi kemacetan di jam-jam pulang anak sekolah, yaitu sekitar jam 11 dan 14, belum lagi ini adalah watu istirahat para pekerja. Setidaknya dengan full day school, kemacetan di jam ini dapat ditiadakan.

  3. Murid akan Memiliki Banyak Waktu Libur Bersama Keluarga

    Full day school memberikan waktu libur sebanyak dua hari, yaitu Sabtu dan Minggu. Di hari libur ini, para murid dapat menghabiskan waktu dengan keluarga.

  4. Program ini bisa Berjalan, karena Sudah Pernah Diterapkan

    Sebenarnya, program seperti ini sudah diterapkan di sekolah-sekolah swasta di kota besar. Hanya saja belum seluruh sekolah menerapkannya. Dan Muhadjir Effendy yakin bahwa hal ini juga dapat diterapkan di sekolah negeri.

  5. Membantu Orang Tua

    Karena full day school mengharuskan ana berada di sekolah hampir seharian, itu artinya orang tua yang bekerja di kantor dapat tenang karena anaknya berada dalam pengawasan sekolah. Para orang tua juga tidak disibukkan dengan kegiatan antar jemput anak yang mengganggu jam kantor.

Dampak negatif Full Day School :
(Visited 127 times, 2 visits today)
Tags:

2 Responses

  1. author

    ulya3 years ago

    artikel ini di post tanggal berapa ?

    Reply
    • author
      Author

      Dede Nandang3 years ago

      9 Maret 2017

      Reply

Leave a Reply