5 Bahaya Makanan Cepat Saji Jika Tidak Segera Dihentikan

Siapa yang tidak suka dengan makanan cepat saji? Makanan yang sering dikenal dengan sebutan junk food ini banyak digemari oleh sebagian besar kalangan. Hal tersebut dikarenakan makanan cepat saji sendiri dirasa sangat menghemat waktu dalam penyajiannya. Namun dibalik hematnya waktu dalam penyajian makanan tersebut, terdapat bahaya yang mengintai. Penasaran apa saja bahaya makanan cepat saji yang sering kali mengintai? Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Meningkatkan Resiko Munculnya Kanker

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang kerap kali mengintai. Selain pola hidup yang kurang baik, kemunculan kanker pun bisa diakibatkan oleh seringnya mengkonsumsi makanan cepat saji. Maka dari itu alangkah baiknya jika makanan cepat saji sendiri tidak dikonsumsi secara berlebihan. Hal tersebut bertujuan untuk menekan resiko munculnya kanker pada tubuh.

2. Menyebabkan Stress Berlebihan

Sebagaimana yang sudah diketahui, bahwa makanan cepat saji sendiri mengandung kadar lemak dan sodium yang sangat tinggi sekali dan hanya sedikit mengandung serat. Kandungan tersebut tentu mampu menyebabkan seseorang mengalami stress berlebihan.

Hal tersebut dikuatkan juga oleh seorang peneliti, “bahwa seseorang yang sering mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak seperti makanan cepat saji, maka ia akan cenderung mempunyai resiko terkena stress yang sangat tinggi dibanding dengan yang tidak mengkonsumsinya.” Maka dari itu, jika ingin terhindar dari stress berlebihan maka hindarilah makanan cepat saji.

2. Resiko Terkena Diabetes Tipe 2 Semakin Besar

Makanan cepat saji yang mengandung kalori, karbohidrat, serta lemak yang tinggi sangat berpotensi besar membuat gula darah di dalam tubuh semakin melonjak. Jika makanan cepat saji sering dikonsumsi dengan kurun waktu yang cukup lama maka hal tersebut dapat menyebabkan gangguan pada insulin.

Apabila hal tersebut terjadi, maka potensi resistensi insulin serta diabetes tipe 2 pun akan semakin besar. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka kurangilah porsi menyantap makanan siap saji agar tubuh bisa terhindar dari penyakit berbahaya tersebut.

4. Pemicu Kerusakan Hati

Tingginya kandungan sodium serta lemak jahat yang terdapat di dalam makanan cepat saji menjadi salah satu pemicu kerusakan hati. Kedua kandungan tersebut membuat organ hati menjadi lebih keras dalam bekerja untuk membersihkan zat racun yang terdapat di dalam tubuh.

Kondisi tersebut tentu akan membebani organ hati serta membuatnya lebih cepat rusak karena harus bekerja lebih keras lagi. Jika terus menerus bekerja keras, maka organ hati pun akan lebih cepat rusak. Maka dari itu, untuk menjaga fungsi organ hati, alangkah baiknya untuk tidak mengkonsumsi makanan cepat saji secara sering.

5. Bertambahnya Berat Badan Secara Cepat

Bertambahnya berat badan secara cepat menjadi bahaya makanan cepat saji yang terakhir. Kandungan kalori dan lemak yang sangat tinggi dalam makanan cepat saji sendiri mampu membuat seseorang yang mengkonsumsinya akan secara cepat bertambah berat badan. Bukan hanya itu saja, orang yang sering memakan makanan cepat saji, sangat rentan sekali terkena obesitas atau kegemukan.

Untuk menghindari hal tersebut, maka kurangilah intensitas memakan makanan cepat saji. Gantilah makanan cepat saji dengan makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna. Selain itu juga imbangi dengan olahraga rutin agar tubuh senantiasa sehat.

Itulah beberapa bahaya makanan cepat saji yang bisa dirasakan oleh orang-orang yang sering mengkonsumsinya. Apabila kegiatan memakan makanan cepat saji tidak dihentikan, maka tidak menutup kemungkinan beberapa bahaya di atas akan diderita atau menyerang tubuh.

(Visited 4 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply