Pada triwulan pertama, PT Bank Syariah Mandiri mengumumkan kenaikan laba yang terjadi secara signifikan.
Peningkatan ini tidak terjadi tanpa alasan. Ada banyak faktor pendukung lain, seperti sinergi produk layanan, pendapatan, tabungan dan lain hal. Termasuk Mandiri Syariah Mobile atau layanan online yang disediakan oleh Bank Mandiri Syariah.
Catatan Laba Bank Syariah Mandiri
Bank Syariah Mandiri pada tiga bulan pertama, membukukan laba bersih senilai Rp. 368 miliar. Dimana Nilai laba ini mengalami kenaikan hingga 51,53% dibanding tahun sebelumnya. Seiring dengan naiknya tabungan mandiri syariah sebesar 16,94% dari periode tahun lalu.
Ditambah dengan pembiayaan kendaraan seperti kendaraan griya berkah, mitra guna dan pensiun berkah. Layanan tersebut juga berkontribusi tinggi dalam menopang kenaikan pendapatan.
Dengan mendapat rasio profitabilitas bank yang baik, maka bank syariah terbesar dimiliki oleh Mandiri Syariah. Ditambah dengan pencapaian indikator bisnis pada rasio laba terhadap ekuitas sebesar 16,39%.
Terlebih lagi didukung dengan naiknya pendapatan margin senilai 6,3% dari tahun lalu. Dari Rp2,1 triliun menjadi Rp2,23 triliun selama satu tahun. Ditambah dengan fee based income, dari Rp429 miliar pada tahun lalu menjadi Rp510 miliar.
Termasuk diantaranya tambahan fee lewat pengembangan fitur digital di Mandiri Syariah Mobile. Seperti transaksi ke beberapa marketplace dengan pembayaran menggunakan QRIS dan pengisian saldo e-wallet.
Tidak terkecuali dengan layanan Mandiri Syariah Mobile (MSM). Layanan digital MSM telah mencapai 1,15 juta pengguna dan 8,5 juta jumlah transaksi.
Layanan Mandiri Syariah Mobile
Terdapat beberapa jenis layanan di Mandiri Syariah Mobile, diantaranya:
- Transaksi transfer
Baik transfer antar rekening Bank Syariah Mandiri (BSM) maupun Non BSM. Pembayaran dengan scan kode Qr atau QRIS.
- Buka rekening
Melalui MSM Anda bisa memilih buka rekening produk Bank Syariah Mandiri. Seperti tabungan mabrur, wadiah dan sistem mudharabah Bank Syariah Mandiri.
- Informasi rekening
Dapatkan informasi seputar portofolio, kurs, money, tanggal mutasi serta daftar mutasi di aplikasi MSM.
- Transaksi pembelian
Meliputi pembelian voucher HP, PLN, Token, paket data, Top up dan update saldo e-money.
- Transaksi pembayaran
Seperti pembayaran institusi pendidikan, tagihan PLN maupun telepon dan internet atau TV Cable. Termasuk juga ticket, asuransi, zakat, infaq, wakaf, haji, PDAM, Umrah, multi payment, BPJS dll.
- Layanan islami
Layanan ini berisi asmaul husna, hikmah, juz amma per ayat dan satu juz penuh.
- Fitur islami
Fitur islami ini berupa jadwal sholat, arah kiblat, hikmah hingga lokasi masjid.
- Lokasi kantor dan ATM
Cari lokasi ATM dan kantor cabang Bank Syariah Mandiri terdekat melalui fitur MSM.
- Ziswaf
Ziswaf meliputi zakat, kalkulator zakat, infaq, donasi, berkah dan wakaf.
- Tarik tunai
Lakukan tarik tunai di berbagai marketplace dan sebagainya.
- Bagikan bukti transaksi
Pemilik akun di Mandiri Syariah Mobile bisa membagikan bukti transaksi ke berbagai media sosial.
- Simpan transaksi
Setiap transaksi yang dilakukan di Mandiri Syariah Mobile akan tersimpan, sehingga memudahkan nasabah untuk melihat riwayat transaksi.
- Pengaturan akun Mobile Banking
Nasabah bisa mengatur dan menyimpan menu favorit. Serta melakukan pendaftaran untuk Alamat Email Notifikasi Transaksi dan mengubah PIN/Bahasa.
Layanan tersebut akan terus mengalami perkembangan demi kepuasan nasabah Bank Syariah Mandiri. Baik layanan secara offline maupun secara online di Mandiri Syariah Mobile.
Berbagai layanan digital akan terus ditingkatkan demi menumbuhkan kepercayaan nasabah terhadap Bank Syariah Mandiri.