Begini Cara Gadai Surat Tanah Tanpa Ribet

Memiliki tanah kosong, pastinya anda akan lebih tenang jika tanah yang anda miliki terdapat surat atau sertifikat sebagai tanda bukti bahwa tanah itu telah benar-benar anda dimiliki. Sertifikat ini dapat menjadi bukti jika sewaktu-waktu terdapat pihak yang mempermasalahkannya.

Selain itu, memiliki sertifikat tanah dapat menjadi investasi jangka panjang dan menjadi investasi saham online, dimana harga tanah di setiap tahunnya mengalami kenaikan harga, terutama tanah dengan akses yang mudah dan memiliki lokasi strategis utamanya tanah yang berlokasi di pinggir jalan besar atau jalan raya.

Karena tanah dengan lokasi strategis dapat dimanfaatkan untuk melakukan usaha, dimana dapat menarik pembeli dengan mudah untuk datang.

Pengertian GadaiĀ 

Begini Cara Gadai Surat Tanah Tanpa Ribet

Namun, meski tanah dapat digunakan sebagai bentuk investasi jangka panjang, beberapa pemilik tanah yang membutuhkan biaya tambahan baik untuk modal usaha, keperluan pendidikan, keperluan anak, dan juga beberapa desakan kebutuhan ekonomi lain, akan memanfaatkan surat tanah ini untuk mendapatkan uang secara cepat yaitu dengan cara digadaikan.

Gadai sendiri jika didefinisikan menurut islam yaitu sebagai sebuah perjanjian untuk menahan suatu barang yang digunakan sebagai jaminan atau tanggungan utang. Gadai atau rahn juga diartikan sebagai akad dalam utang piutang dengan menjadikan barang bernilai ekonomis sebagai jaminan, sehingga pihak yang menahan barang memperoleh jaminan untuk dapat mengambil kembali seluruh ataupun sebagian piutangnya.

Mudahnya, anda menjaminkan sebuah barang untuk mendapatkan sejumlah uang, dan anda bisa mengambil barang jaminan dengan syarat melunasi jumlah uang yang telah diterima pada kurun jatuh tempo yang telah ditentukan. Jika anda mengembalikan uang tersebut melebihi tempo maka barang yang dijaminkan tidak dapat diambil kembali, dan telah menjadi hak milik pihak yang memberikan uang.

Tempat Gadai Surat Tanah

Anda yang berniat untuk gadai surat tanah namun bingung tempat penggadaian surat tanah, sekarang banyak sekali tempat yang memberikan pelayanan untuk menggadaikan berbagai jenis barang termasuk surat tanah. Tempat penggadaian surat tanah yang dapat anda tuju yang pertama adalah perbankkan.

Bank sering menjadi tujuan utama untuk masyarakat yang membutuhkan biaya dengan menggadaikan surat tanah. Untuk prosesnya sendiri terbilang membutuhkan waktu yang cukup panjang. pertama kamu perlu untuk melengkapi semua persyaratan pengajuan hutang dan datang langsung ke kantor cabang dari bank terdekat, disitu nanti anda akan dibantu dalam proses peminjaman uang, cara pembayaran perbulan, bunga perbulan, dan saksi jatuh tempo.

Petugas bank nanti juga akan datang ke rumah untuk melihat kondisi dari rumah anda, baru dana yang anda butuhkan dapat cair. Jika anda merasa menggadai di bank pembayaran perbulan memberatkan, anda bisa memilih lembaga syariah sebagai tempat menggadaikan surat tanah. Karena di lembaga syariah, akad atau kesepakatan hutang piutang sudah disampaikan sejak awal.

Tempat penggadaian surat tanah yang paling terpercaya karena termasuk lembaga besar adalah PT Pegadaian Persero. Pegadaian yang awalnya hanya menerima barang bergerak sebagai jaminan utang, kemudian pada awal tahun membuka pegadaian dalam bentuk surat tanah dan juga rumah, jadi anda yang membutuhkan biaya cepat bisa langsung datang ke pegadaian terdekat yang pastinya aman dan prosesnya cepat.

(Visited 4 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply