Begini Cara Mengumpulkan Modal dengan Menabung Jika Mau Usaha

Memulai sebuah usaha tentunya dibutuhkan modal yang sangat tidak sedikit. Biasanya, ketika niat mengumpulkan uang untuk modal tidak akan terbendung, pos-pos pengeluarannya lainya dikorbankan. Padahal pos pengeluaran tersebut untuk kebutuhan yang paling utama dan tidak boleh terganggu.

Perencana Keuangan dari MRE Financial & Business Advisory Andy Nugroho memandang, harus ada pembagian porsi khusus untuk tabungan modal usaha. Menurut perhitungannya, porsi ideal untuk tabungan modal usaha adalah 5-10 persen dari pemasukan.

Menurutnya, boleh-boleh saja jika ingin memperbesar porsi tabungan modal usaha itu. Namun Andy menghimbau agar mendahulukan pos pengeluaran utama, seperti kebutuhan pokok dan bayar utang (jika memang ada).

Pengeluaran untuk ongkos kerja misalnya bisa dihemat yang penting masih tetap sampai ke tempat kerja. Tapi jangan menyusahkan diri sendiri juga. Atau pola makannya diubah. Asal tetap mendahulukan pengeluaran untuk bayar utang, itu yang paling penting.

Sebaiknya juga dihitung secara tepat, berapa modal yang dibutuhkan sebelum memulai menabung. Jika dirasa waktu yang butuhkan terlalu lama untuk besaran porsi nabung tersebut, atau terdesak untuk memulai usaha secepat mungkin, menurut Andy boleh-boleh saja jika ingin mencari pinjaman untuk sebagian kekurangannya.

Namun harus berhati-hati dalam memilih jenis pinjaman. Kemudian tanamkan juga dalam diri, harus bertanggungjawab dari utang tersebut. Banyak cara untuk mencari pinjaman, selain bank kita bisa pinjam dari orang terdekat. Atau mungkin bekerjasama dengan kerabat untuk memulai usaha itu. Jadi boleh saja utang, karena berbisnis juga berarti investasi.

 

(Visited 142 times, 1 visits today)
Baca Juga :   Cara Yang Paling Ampuh Mencari Tambahan Modal Untuk Usaha
Tags:

Leave a Reply