Di zaman sekarang ini, begitu banyak cara untuk mengajukan pinjaman online dengan cepat dan aman. Kemajuan teknologi ini tentunya sangat membantu bagi kita, saat memerlukan uang di waktu yang tidak terduga.

Alhasil pinjaman online ini membuat mudah setiap transaksi sang pengguna, terlebih lagi cara untuk mengajukan pinjaman ini terbilang mudah. Apabila dibandingkan dengan meminjam uang dari bank konvensional.

Mengajukan pinjaman ke bank konvensional memerlukan banyak persyaratan dan waktu, sedangkan apabila kita mengajukan pinjaman online hanya perlu memenuhi beberapa persyaratan yang ada seperti data diri dan verifikasi.

Namun Anda juga perlu berhati-hati saat mengajukan pinjaman, jangan sampai mengajukan pinjaman kepada aplikasi atau perusahaan yang sembarangan dan tidak terdaftar. Sebab bukannya meringankan masalah Anda, malah menambah masalah yang sudah ada nantinya.

Mengajukan Pinjaman Online dengan Aman

Banyak perusahaan menawarkan kepada calon pelanggan, dengan iming-iming pinjaman cepat cair. Namun dapat dipastikan tidak, pinjaman tersebut aman dan tidak merugikan Anda.

  1. Pilihlah Perusahaan yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan

Salah satu cara untuk memastikan apakah perusahaan tersebut bisa dipercaya atau tidak, dengan melihat apakah perusahaan atau aplikasi tempat Anda meminjam dana terdaftar serta mendapat izin dari OJK.

Apabila sudah mendapat izin, maka bisa dipastikan bahwa aplikasi atau perusahaan tersebut memang diverifikasi serta diawasi secara langsung oleh lembaga OJK sendiri. Untuk mengecek legalkah perusahaan atau aplikasi tersebut, bisa melalui website resmi OJK.

  • Memahami Kontrak Perjanjian Peminjaman

Kontrak perjanjian sangat penting, sebab ini menjadi bukti tertulis antara Anda sang peminjam dengan perusahaan saat memberikan pinjaman. Apabila Anda sudah menandatangani kontrak tersebut, maka sudah dipastikan bahwa sang peminjam setuju dengan isi kontrak.

Jangan pernah menyepelekan kontrak perjanjian, sebelum menandatanganinya bacalah dengan teliti serta bertanya apabila tidak mengerti. Agar di kemudian hari tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Dalam isi kontrak tersebut, biasanya akan ada bunga pinjaman, denda, ketentuan pinjaman, serta cara penagihan apabila sudah masuk waktu jatuh tempo. Mengajukan pinjaman online memang mudah, namun perlu dipahami secara teliti kontrak perusahaan inginkan.

  • Mencatat Dana yang Dipinjam

Dalam meminjam sejumlah dana kepada perusahaan, Anda sebagai peminjam juga perlu teliti serta tau berapa jumlah dana yang Anda pinjam, dan berapa nominal yang akan Anda bayarkan setiap bulannya.

Hal ini agar memudahkan Anda untuk membayarnya tepat waktu, agar terhindar dari denda. Sesuaikan dengan kemampuan serta kebutuhan Anda, jangan mengajukan pinjaman terlalu besar agar bunga yang dibebankan juga tidak terlalu besar nantinya.

Agar lebih rapi, siapkan buku atau notes di handphone agar memudahkan Anda mengingat jumlah dana tersebut. Sehingga Anda juga tidak asal membayar cicilan di waktu yang telah ditentukan.

  • Bayar Cicilan Tepat Waktu

Ini juga merupakan hal terpenting yang perlu peminjam ingat, agar membayar cicilan tepat waktu. Setiap pendapatan Anda terima setiap bulannya, harus disisihkan untuk membayar cicilan.

Oleh karena itu, sesuaikan dengan pendapatan yang diterima setiap bulannya dengan cicilan yang harus dibayar tiap bulan. Hindari membayar saat waktu jatuh tempo telah tiba, sebab Anda akan dikenakan denda yang membuat pengeluaran semakin besar.

  • Perhatikan Data Pribadi

Sekarang sudah banyak aplikasi yang menawarkan pinjaman online, Anda sebagai peminjam juga perlu berhati-hati saat memberikan data pribadi. Karena apabila aplikasi tersebut bukanlah aplikasi resmi, data pribadi Anda bisa digunakan untuk hal yang tidak baik. Banyak manfaat yang bisa diperoleh melalui pinjaman online, namun sebagai peminjam Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal agar tidak merugikan diri sendiri. Sikap waspada perlu dilakukan pastinya, agar proses mengajukan pinjaman online dilakukan dengan aman.

(Visited 7 times, 1 visits today)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini