Begini Strategi Modalku Antisipasi Pinjaman Gagal Bayar

Begini Strategi Modalku Antisipasi Pinjaman Gagal Bayar

Perusahaan Modalku mungkin sudah tidak asing bagi beberapa pengusaha UMKM yang melakukan peminjaman untuk memulai suatu bisnis.

Perusahaan startup yang telah banyak mendapat penghargaan ini melakukan transaksi pinjam-meminjam dengan berbasis teknologi informasi pada platform peer-to-peer (P2P) lending.

Penyebab Terjadinya Pinjaman Gagal Bayar

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab terjadinya pinjaman gagal bayar. Terkadang prospek dari suatu bisnis susah ditebak. Bisnis bisa jadi terhambat oleh karena kenaikan harga bahan baku, menurunnya jumlah konsumen, biaya pengeluaran lebih besar dibanding pendapatan, dan lain sebagainya.

Kondisi-kondisi dapat membuat peminjam mengalami kendala dalam melunasi kredit. Pinjaman gagal bayar terjadi apabila ada keterlambatan pembayaran 90 hari dari tanggal jatuh tempo angsuran.

Pinjaman gagal bayar umum dialami oleh usaha-usaha kecil atau usaha mikro yang terbilang  tidak stabil terkait masalah profit.

Strategi Modalku dalam Mengatasi Pinjaman Gagal Bayar

Begini Strategi Modalku Antisipasi Pinjaman Gagal Bayar

Modalku memiliki kinerja terbaik dan profesional dibanding perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama. Terbukti dari tingkat pinjaman gagal bayar yang tidak lebih dari 0,8%. Melalui penerapan prinsip responsible lending, Modalku bisa meminimalkan pinjaman gagal bayar.

 

Prinsip responsible lending merupakan aturan atau ketentuan dalam penentuan pinjaman yang disesuaikan dengan kemampuan si peminjam. Dengan cara mempertimbangkan perkembangan bisnis peminjam secara berkala.

Selain Modalku, Indonesia negara lain yang juga menerapkan prinsip ini adalah Australia yang dipaparkan dalam National Consumer Credit Protection Act 2009. Dalam prinsip responsible lending memuat tiga hal yakni:

Assessment

Tahapan ini mencakup penilaian dan seleksi terhadap calon peminjam atau peminjam tetap Modalku seperti UMKM. Jumlah pinjaman yang diajukan akan disesuaikan dengan performa dan profil bisnis peminjam atau UMKM melalui kondisi keuangan peminjam.

Modalku akan memastikan pinjaman yang diberikan bisa dilunasi sesuai kemampuan. Sebagai penilaian akhir, Modalku akan melakukan verifikasi terkait finansial peminjam untuk melihat kembali kesesuaian jumlah pinjaman, tenor, dan bunga dengan kondisi keuangan peminjam.

Monitoring

walaupun Modalku sudah memastikan komitmen peminjam dalam melunasi cicilan. Langkah monitoring atau pengawasan tetap dilakukan. Hal ini dilakukan karena perjalanan bisnis tidak selalu mulus, terdapat kemungkinan adanya hambatan dalam bisnis seperti kenaikan harga bahan baku.

Bisa juga karena pemasaran produk tidak lancar, dan sebagainya yang mengakibatkan profit yang diperoleh jauh lebih sedikit. Tentu saja hal ini akan berimbas pada proses pelunasan kredit.

Melalui tahapan monitoring, saat terjadi kendala bisnis, pihak dari Modalku dapat mendukung dalam pencarian solusi jika saja pembayaran terhambat.

Selain pemantauan, Modalku akan memastikan untuk tetap terhubung dengan peminjam. Hal ini dilakukan dengan cara mengirimkan notifikasi waktu pembayaran sebelum jatuh tempo melalui  berbagai media komunikasi seperti SMS, email, atau melalui telepon.

Collection

Tahapan melakukan penagihan secara periodik tiap bulan oleh tim collection dari Modalku. Penagihan dilakukan dengan mendebitkan angsuran langsung dari rekening bank peminjam.

Melalui aplikasi Modalku tim collection sudah menyiapkan fitur “catatan” dan “portofolio”  yang akan muncul saat peminjam belum melakukan pembayaran 15 hari sejak tanggal jatuh tempo. Kemudahan melalui aplikasi dapat membantu peminjam untuk mengingat tanggal jatuh tempo pinjaman.

Jika penagihan melalui rekening gagal dan peminjam tidak melakukan pembayaran saat tanggal jatuh tempo, pihak dari Modalku akan menghubungi peminjam untuk segera melakukan pembayaran.

Fintech lending seperti Modalku menerima banyak pengakuan dan penghargaan terkait kesuksesannya membantu usaha mikro seperti UMKM. Strategi yang digunakan sudah terbukti mampu menekan angka pinjaman gagal bayar yang sering terjadi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Peluang Usaha 2022 Klik Disini COD Free Ongkir Klik Disini