BEI Buka Tabungan Khusus Saham, Setoran Hanya Rp 250.000/Bulan

Demi menjaring lebih banyak lagi investor di pasar modal, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bakal membuka tabungan khusus saham untuk para investor ritel.

Skema tabungan saham ini nantinya akan dipotong dari rekening tabungan di bank peserta setiap bulannya, sehingga calon investor tak perlu lagi membuka rekening khusus untuk transaksi saham.

Direktur Utama BEI Tito Sulistio mengungkapkan, rekening nasabah tabungan khusus saham ini nantinya akan terpotong secara autodebet sebesar Rp 250.000 perbulan.

Mekanismenya adalah nanti membuka akun, lalu setiap bulan akan dipotong untuk dibelikan saham atau pun reksadana yang dipilih oleh nasabah. Jika mau dijual harus menunggu setelah satu tahun terkumpul.

Saat ini, sudah ada 25 perusahaan sekuritas (broker) dan 24 reksa dana yang berpartisipasi dalam program ini. Tabungan saham sendiri baru akan diluncurkan pada Bulan November 2015.
Nasabah pun bebas memilih saham emiten mana saja yang bisa dibeli setiap satu bulan tersebut. Skemanya hampir sama dengan pembelian saham lewat broker pada umumnya. Yang berbeda adalah tabungan saham membuat investor bisa menyicil pembelian saham atau reksa dana.

Beli reksadana atau saham X, anda tinggal bilang ke broker tolong belikan saham X dengan uang yang sudah di-autodebet. Nanti dalam setahun anda sudah punya saham emiten-emiten ini dalam jumlah sekian.

Persyaratan investor pun tak sulit. calon investor hanya perlu rekening bank yang didaftarkan ke broker dan sudah berumur 18 tahun ke atas.

Yang penting adalah sudah punya KTP. Prinsipnya, saham dalam jangka panjang itu secara teoritis dan fakta return itu bisa 24% dalam 5-10 tahun. Dalam 10 tahun terakhir IHSG kita selalu naik 24%. Saya mau tabungan saham ini jadi kaya kesuksesan keluarga berencana dulu, masyarakat harus sadar investasi.

(Visited 20 times, 1 visits today)
Baca Juga :   Menabung Pangkal Kaya? Hasil Reksa Dana Pasar Uang Bisa 8% VS Bunga Tabungan 1%

Leave a Reply