Beli Tiket Kereta Dengan Kartu Railpay BNI Tapcash, MANDIRI E-Money dan BRI Brizzi

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI resmi meluncurkan uang elektronik (electronic money) dalam bentuk kartu yang disebut Railpay dengan fungsi multi transaksi.

Railpay dapat digunakan oleh para penumpang sebagai kartu akses melakukan perjalanan dengan kereta api hingga berbelanja karena bekerjasama dengan beberapa merchant. Kartu ini bisa juga digunakan untuk KRL, kereta jarak jauh hingga berbelanja.

Bagi pengguna moda transportasi kereta api, Railpay merupakan alat bayar, alat transaksi, dan identitas member penumpang KAI.  Sebagai alat transaksi, Railpay berfungsi sebagai e-money atau sebagai uang elektronik untuk alat bayar pembelian tiket jarak jauh, di mana nama penumpang tidak harus sama dengan nama pemegang kartu.

Fungsi kedua, sebagai kartu member. Dengan kata lain Railpay bisa digunakan untuk pembelian tiket jarak jauh dengan nama penumpang secara otomatis akan tercetak adalah atas nama pemilik kartu.

Tak hanya itu, masih dalam ranah kegunaan untuk akses moda transportasi, Railpay dapat pula digunakan untuk membeli tiket pesawat, tiket kapal laut, maupun membeli tiket Bus Damri.

Kemudian, Railpay juga dapat digunakan untuk bertransaksi di KRL Jabodetabek, KA Bandara, bus di perkotaan, seperti Transjakarta, Transjogia, Batik Solo Trans, LRT, dan pembayaran jalan tol.

Sedangkan untuk berbelanja, KAI telah bekerjasama dengan sejumlah merchant, seperti toko ritel, yakni Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, Superindo, dan lainnya.

Railpay bisa digunakan untuk membayar tagihan PLN, Telkom, Indovision, First Media. Untuk mendapatkan Railpay, penumpang kereta api perlu melakukan registrasi awal melalui aplikasi mobile KAI Access dan sudah melakukan sejumlah transaksi pembelian tiket KA pada aplikasi dalam kurun waktu satu tahun, setelah itu kartu akan dikirim ke alamat penumpang.

Baca Juga :   5 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil Keuntungan Tinggi

Sinergi Antar BUMN (Mandiri, BNI dan BRI)

Peluncuran kartu Railpay merupakan bentuk sinergi positif antar perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kartu ini adalah arahan dari Menteri BUMN untuk berbagai bisnis atau pekerjaan yang menggunakan satu kartu saja. Kerjasama dengan bank BUMN diharapkan dapat saling membangun dan memajukan antar perusahaan BUMN.

Pasalnya, pengisian ulang atau top up saldo Railpay dapat dilangsungkan di sejumlah ATM bank BUMN yang turut menerbitkan Railpay, yakni PT Bank Negara Indonesia Tbk atau BNI, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI, dan PT Bank Mandiri Tbk.

Tak hanya itu, para pemegang kartu debit bank BUMN hingga kartu debit berlogo ATM Bersama juga dapat menjadi akses top up dengan saldo perdana senilai Rp100 ribu dan saldo maksimal mencapai Rp1 juta.

Dari sinergi seperti ini, Menteri BUMN Rini Soemarno mengharapkan, sinergi antar perusahaan BUMN ini dapat terus terjalin, terutama dalam menciptakan inovasi di era digital yang saat ini membuat perusahaan BUMN dituntut serba inovatif.

(Visited 206 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply