Beragam Manfaat Air Es Untuk Diet Yang Optimal

Terdapat banyak sekali informasi yang beredar di kalangan masyarakat awal tentang diet. Salah satu yang paling sering terdengar adalah informasi tentang manfaat air es untuk diet. Karena informasi tersebut tersebar tanpa disertai dengan penjelasan yang jelas, sehingga banyak timbul pendapat yang berbeda di tengah masyarakat. Untuk itu, berikut akan dijabarkan manfaat air es memiliki dalam melakukan diet:

1. Memberikan Rasa Kenyang Tanpa Kalori

Manfaat air es untuk diet yang pasti diketahui oleh setiap orang adalah fakta bahwa, air akan memberikan rasa kenyang. Hal tersebut sangat berdampak pada diet seseorang. Karena dapat menahan keinginan seseorang untuk memakan makanan yang memiliki kalori. Karena pada dasarnya semua bahan makanan memiliki kalori kecuali air.

Namun perlu diperhatikan pula bahwa air yang dimaksud tidak memiliki kalori adalah air putih. Sehingga minum air putih yang berupa es dapat memberikan efek kenyang. Dan hal tersebut memberi tubuh waktu untuk membakar lemak di dalam tubuh menjadi energi, tanpa harus menambah kalori ke dalam tubuh.

2. Meningkatkan metabolisme tubuh

Menurut berbagai penelitian kesehatan, tubuh manusia mengandung air dengan persentase lebih dari 53%. Cairan yang ada di dalam tubuh berfungsi untuk menjaga agar sel tetap hidup, karena sel membutuhkan cairan untuk melakukan seluruh proses metabolisme dalam tubuh.

Dengan selalu terpenuhinya kandungan cairan dalam tubuh, maka seluruh jaringan tubuh dapat bekerja secara optimal. salah satu metabolisme tersebut adalah metabolisme lemak menjadi energi. Dengan berkurangnya kadar lemak berkat metabolisme yang optimal, tentunya akan membuat hasil dari diet lebih maksimal. Untuk itulah minum air es untuk tujuan diet merupakan langkah yang bagus.

3. Memberikan Hidrasi Yang Baik Bagi Tubuh

Manfaat air es untuk diet selanjutnya adalah memberikan hidrasi yang baik bagi tubuh. Sudah menjadi kebiasaan dari warga Indonesia yang tinggal di wilayah tropis dengan cuaca panas untuk minum air es. Air es membuat seseorang memiliki kecenderungan untuk menambah rasa nikmat dari sebuah minuman, terutama di cuaca panas. Hal tersebut akan menyebabkan tubuh terus terhidrasi dan membuat metabolisme pembakaran lemak efektif.

4. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Air es yang dikonsumsi juga memiliki dampak baik untuk sirkulasi darah di dalam tubuh. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan plasma darah, sebagian besar merupakan cairan. Dengan mengkonsumsi air es dalam jumlah yang cukup, tingkat kekentalan darah seseorang tidak akan terlalu tinggi dan menyebabkan sirkulasinya terhambat.

Suhu air es yang dingin juga membuat tubuh menyerapnya lebih cepat, sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah dengan cukup cepat. Terutama jika air es yang dikonsumsi merupakan air putih tanpa mengandung zat gula yang membuat diet menjadi tidak berarti.

5. Mengurangi Stress

Stress merupakan kondisi psikologis yang pada beberapa orang dapat mengakibatkan kegemukan. Hal tersebut selain diakibatkan oleh kebiasaan beberapa orang yang melampiaskan stres dengan cara makan berlebih, namun kegemukan akibat stres juga disebabkan oleh masalah hormonal. Permasalahan hormonal yang terganggu tersebut mengakibatkan tubuh untuk cenderung menyimpan kalori dalam bentuk lemak.

Selain itu dapat juga menghambat metabolisme lemak menjadi energi. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa air es dapat memberikan sirkulasi darah yang baik sekaligus menurunkan tekanan darah. Sehingga dengan meminum air es dapat meredam gejala stress yang dapat menimbulkan kegemukan, yang pastinya akan membuat diet gagal.

Sekian penjabaran dari beragam manfaat air es untuk diet yang optimal. Untuk mendapatkan hasil diet yang optimal, tentunya selain minum air es. Diperlukan juga melakukan pola hidup sehat, mulai dari menjaga asupan makanan, olahraga dan tentunya waktu istirahat yang cukup. Apabila dilakukan secara rutin, tubuh akan mendapatkan manfaat dari diet yang dijalankan.

(Visited 4 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply