Berbagai Bentuk Simpanan di Bank yang Bisa Anda Pilih

Berinvestasi menjadi salah satu langkah terbaik untuk mendapatkan keuntungan di kemudian hari. Anda bisa melakukan investasi berupa menanam saham di perusahaan atau bank, memiliki tanah, atau menabung emas.

Selain itu, kini kamu dimudahkan dengan adanya investasi saham online    yang tentunya akan menghemat waktu Anda tanpa harus berlama-lama antre di pegadaian, bank, atau perusahaan.

Kini Anda bisa melakukan penanaman saham atau melakukan simpanan di bank. Namun sebelum melakukan simpanan di bank, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Terutama mengenai bentuk simpanan di bank.

Jika ditilik lebih dalam, simpanan di bank memiliki tiga bentuk.

  • Bentuk pertama adalah simpanan giro. Simpanan giro merupakan simpanan dari pihak ketiga kepada bank, yang dapat diambil kapan saja dengan menggunakan cek.

Simpanan ini sering digunakan oleh perusahaan atau pemilik usaha lainnya. Keunggulan yang akan Anda dapatkan dari pengadaan simpanan giro antara lain dapat melakukan transaksi jual beli dengan cek, dapat melakukan transfer dengan jaminan rekening giro, keamanan data yang terjamin, dan Anda tidak perlu membawa uang banyak.

Selain itu terdapat 3 hal penting yang harus diperhatikan, antara lain :

  1. Simpanan dari pihak ketiga yang dibuat atas kesepakatan dan perjanjian antara nasabah dan pihak bank. Simpanan ini mampu dijalankan oleh individu atau kelompok usaha. Namun untuk simpanan yang satu ini, jumlah setoran yang harus dibayarkan oleh nasabah ditentukan oleh pihak bank.
  2. Penarikan dana dapat dilakukan kapan saja. Jadi jika Anda melakukan setoran di sore hari, Anda bisa melakukan pengambilan di keesokan harinya.
  3. Cara penarikan dana pada simpanan giro dengan menggunakan bilyet giro atau cek
  4. Selain itu Anda bisa melakukan penarikan dari simpanan giro melalui surat perintah.

Bentuk Simpanan di Bank

  • Bentuk simpanan di bank yang kedua adalah simpanan deposito. Deposito merupakan simpanan dari nasabah yang dapat diambil pada waktu tertentu. Jangka waktu yang ditetapkan oleh pihak bank adalah satu bulan, tiga bulan, enam bulan, dua belas bulan, delapan belas bulan, atau dua puluh empat bulan.  Jenis deposit yang dapat Anda pilih antara lain deposito berjangka, sertifikat deposito, dan deposito on call.
  • Simpanan yang terakhir adalah simpanan tabungan. Simpanan ini tentu menjadi salah satu hal yang paling sering dipilih oleh nasabah. Anda bisa melakukan proses menabung dalam berbagai jumlah. Untuk proses pengambilan uang dari simpanan tabungan, Anda hanya bisa mengambilnya jika memenuhi syarat. Ketika membuka simpanan tabungan, Anda akan mendapatkan buku tabungan, slip penarikan, dan kartu ATM yang bisa digunakan untuk proses penarikan uang.

Itu dia beberapa informasi mengenai bentuk simpanan di bank. Bagaimana, sudah memiliki    pilihan untuk berinvestasi di bank? Selamat memilih. Semoga informasinya bermanfaat.

(Visited 6 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply