Saat ini berbagai macam layanan pinjaman uang secara online telah ditawarkan oleh beberapa situs web, diantaranya yaitu tunaiku.amarbank.co.id dan uangteman.com, situs pinjaman online tersebut memberikan fasilitas pinjaman dana yang relative cepat dan mudah sehingga siapa pun yang dikejar dengan segudang kebutuhan ekonomi akan memanfaatkannya sebagai salah satu cara terbaik untuk mendapatkan dana agar seluruh kebutuhan peminjam terpenuhi.

Padahal, harus diketahui juga bahwa kedua situs tersebut juga memberikan resiko yang cukup tinggi dan fatal apabila kita tidak mampu mengikuti persyaratan dan juga pembayaran pinjaman secara baik.

Resiko yang dimaksud adalah resiko terlilit hutang dikarenakan besarnya biaya yang harus dikembalikan. Kedua situs tersebut juga memberikan suku bunga yang relative sangat besar, biaya keterlambatan pembayaran sangat besar, serta biaya administrasi dan biaya tambahan lainnya membuat total pembayaran pinjaman yang harus anda lunasi juga semakin membengkak.

Sementara, jangka waktu pinjaman yang diberikan relative sangat singkat sehingga hal-hal inilah beresiko menimbulkan masalah baru yang mengganggu perkembangan ekonomi dan juga financial anda. Hutang akan semakin menumpuk dan akan terus bertambah jika tidak segera dilunasi sesuai jangka waktu yang telah ditentukan.

tunaiku-amarbank

Sebagai contoh saja, situs uangteman.com memberikan pinjaman dana maksimal 2 juta rupiah dengan minimal lama peminjaman dana selama 10 hari dan maksimal sampai 30 hari. Suku bunga yang diberikan rata-rata sebesar1% per hari. Artinya, jika anda meminjam uang 2 juta rupiah di situs tersebut selama 30 hari saja, maka total bunga yang harus dibayar adalah 30% dari dana yang anda pinjam sebesar Rp 695.698,- .

Anda harus mengembalikan dana yang dipinjam serta bunganya yaitu dengan total Rp 2.695.698,- dalam waktu 1 bulan saja. Hal ini tentu saja sangat terasa berat karena biaya akan bertambah jika anda tidak melunasi tepat waktu sesuai jatuh tempo yang telah ditentukan.

Tidak jauh berbeda dengan tunaiku.amarbank.co.id juga memberikan resiko pinjaman yang sangat besar jika kita cermati lebih dalam mengenai biaya-biaya dan bunga yang diberikan. Meskipun jumlah pinjaman lebih besar dari situs uangteman.com, prosedur dan detail pembayaran serta pelunasan yang ditawarkan pun cukup berbeda, namun resiko yang diberikan harus diwaspadai dengan cermat dan teliti. Berikut adalah gambaran biaya ataupun tarif pinjaman dan juga suku bunga yang ditawarkan oleh situs tersebut, yaitu :

Suku bunga 3% flat per bulan.
Biaya administrasi sebesar Rp 540.000,-
Biaya keterlambatan sebesar Rp 100.000,-
Bunga keterlambatan sebesar 0.16% per hari.

(Visited 1,565 times, 2 visits today)

74 KOMENTAR

  1. y sy setuju apa yg tertulis di artikel anda ..dan seharus nya badan amil zakat bs melihat dan berperan lbh jauh lg trhdp perekonomian masyarakat,agar arus modrenisasi kapitalis tdk terlalu dlm menggrogoti sendi2 perekonomian rakyat !!! mana taring mu badan amil zakat !!??

  2. Kok sudah 24 jm gue blom dpt konfirmasinye dari amar bank,
    Padahal gue butuh bgt tuh duit.
    Klo misalnya nih amar bank nipu gue sih santai aje soalnye sepupu gue polisi dan gue tinggal ngasih tau screenshot nya dan buat BA nya aja.
    Padahal smua data udeh gue ajuin dan gue juga udeh ngasih no. Rek gue. Tp mana gk ada kabar nya, udh gitu gue liat banyak coment negative nya, hadoh. Jika samlai benar terjadi penipuan langsung di berantas aja dah kan kasian bagi mereka yg dibodohi, padahal banyak yg butuh untuk keperluan keluarganya.

  3. Amar bank sama kaya bank”yg lain awal nya dulu saya juga sempet mikir klu tipuan tp setelah nunggu sampai kita tandatangan kontrak dlm waktu 3hri dr tndatangn uang itu langsung cair di transfer.tp setelah d pikir” saya ga mau pinjem lagi dengan biaya pembayaran yg lumaya. Besar bunga nya.tp untung nya udah lunas.langsung aja yg ga percaya dtengin ke kantor bank AMARBANK di daerh TAMRIN RECIDEN tanya security nya pada tau ko posisi nya ga jauh lokasi nya dr GREAND INDONESIA tempt kerja saya

    • Selamat pagi…
      Mohon maaf mengganggu, terkait dengan pinjaman dana tunaiku ke bank amar yang sudah anda lunasi, saya mohon infonya dari anda.
      Tandatangan kontrak dilakukan dimana & berapa lama waktu setelah mendapatkan konfirmasi email dari pihak terkait?
      Konfirmasi berupa apa yang pihak terkait lakukan kepada anda? Mohon infonya, karena saya bermaksud untuk tidak meminjam dana sekarang ini, tetapi sudah melakukan pengajuan dan telah mendapatkan konfirmasi Email dari bank, terimakasih.

  4. dengan bermitra atau bergabung menjadi anggota kami dapatkan fasilitas pinjaman mudah, proses cepat tanpa jaminan, bebas/tanpa pemungutan biaya bebas biaya adm,tidak ada atau tidak di sarankan memberikan komisi,tip atau sejenisnya, apabila ada pegawai atau karyawan kami yang meminta biaya ataupun pembayaran di luar prosudur aturan kantor harap laporkan ke pihak staff atau pihak kantor lainya, karna akan langsung di berikan sanksi pemecatan atau pemberhentian, sistem dan cara kerja kami memang berbeda dari koperasi ataupun pelayanan jasa kredit lainya, kami hadir lebih mudah karna niat atau motivasi dan tujuan kami hadir adalah mengajak anda maju dalam usaha, dan memperbaiki masalah keuangan ataupun kebutuhan hidup lainya, marilah rubah hidup anda dan maju jadi lebih baik dengan bermitra bersama kami, fasilitas pinjaman dengan proses yang mudah, bunga ringan serta cicilan terjangkau, tanpa jaminan apapun, tanpa biaya provisi atau adm dan sejenisnya,.serta yang paling sangat penting kami profesional telah memiliki banyak cabang di beberapa kota, kami memiliki registrasi badan hukum dan izin perkoperasian yang sah terdaftar, secara resmi, jika berminat bisa menghubungi langsung cabang terdekat di kota anda, untuk informasi alamat cabang atau persyaratan yang di butuhkan kami menyediakan layanan costumer service atau layanan telp/sms di bawah ini :

    costumer service call/sms : 0813-3059-3539
    Blackberry mesengger (bbm) : D39D3B27
    web page : koperasi mitra maju bersama,mudah,resmi,berlisensi

    (PERHATIAN! LAYANAN HANYA AKTIF DAN MELAYANI SESUAI JAM KERJA KANTOR JIKA ANDA MENGHUBUNGI DI LUAR JAM KERJA MOHON MAAF JIKA TIDAK ADA RESPONS ATAU TANGGAPAN, KAMI TIDAK MELAYANI 24 JAM BAIK SECARA OFFLINE MAUPUN ONLINE) INFORMASI JAM/HARI KERJA : 08:30-21:00 (SENIN – JUM’AT) 10:00 -18:00 SABTU & MINGGU) melayani untuk semua daerah

  5. saya adalah salah satu orang yang berkomitmen untuk tidak pernah berhutang.. mengapa ? karena sistem bunga dalam pengembalian hutang menyebabkan terjadinya perputaran utang lainnya. gali lobang tutup lobang yang tidak akan pernah berakhir kecuali tiba-tiba kita dapat rzeki luar biasa. misalnya dapat tambang emas atau minyak,, atau yg tidak realistis misalnya hujan duit di rumah..

  6. Namanya Hutang pasti ada resikonya untuk itu jangan berhutang untuk Konsumtif gunakan pas keadaan darurat dan pikirkan secara matang lagian apa Ada di jaman sekarang yang mau memberikan Pinjaman tanpa BUNGA ? Pemerintah saja mengeluarkan SUN .

  7. Maaf ya mba2 dan mas2,,kalo memang blm di setujui berarti blm rezeki di amar bank.. Bukti nya saya ngajuin, sales dateng ke kantor saya dan cuma 2/3 hari lgsg dpt sms..dan pas di sms itu lgsg masuk dana saya, dan bln mei besok saya audah mulai cicilan nya..jd jgn baper kalo emang blm di setujui,,msh bnyk rezeki di KTA yg lain.. Mksh

  8. Saya sudah ngajuin pinjaman atur duit,tadi pagi sudsh di tlp dari pihak atur duit,dia menanyakan data lengkap.dan saya jawab data lengkap saya,dan sesudah di tutup tlpnya saya berubah fikiran lagi mau batalin pinjaman uang di atur duit.pertanyaan saya gimana cara batalin nya saya cancel.mohon bantuannya

  9. Sy nasabah amarbank trus sy memang nunggak…dn sy didatengin org ambon dia dtg ketempat kerja sy dia ngamuk2 padahal sy sudh melakukan transferan…dn dia ngomongnya kasar…ngatain sy bangsat dn anjing ketempat kerja sy…

  10. Assalamualaikum,
    sekedar share saja, waktu itu saya sudah kepepet butuh uang akhirnya saya pinjam ke bank amar dan proses cepat,,,ga disangka sedang berjalan cicilan saya kena musibah yangmengakibatkan ekonomi keluarga saya ga stabil dan cicilan nunggak, saya berusaha untuk kooperatif tatap bisa dihubungi bahkan alamat rumah dan kantor pun masih sama intinya tidak kabur, singkat cerita nunggak sampai di sms terus sama depcol, dan akhirnya datanglah depcol ke kantor untuk membuat perjanjian kapan saya bisa bayar tunggakan, ditulislah surat perjanjian diatas materai bahkan depcol sempet telpon ke kantor amar dan saya pun bicara dengan pihak amar, senang lah permohonan pembayaran saya di iyakan sama amar, saya sampai biolang ga papa hitung saja smuanya sampai tanggal yg saya janjikan berapa semua insya allah ini pasti saya bayar nya,,,,udah deal lah itu surat permohonan diatas materai dengan pembayaran 100 ribu ke depcol nya,,,,selang bbrapa hari ada pihak amar telpon saya dan nagih, aya bilang kan sudah ada perjanjian ditanggal sekian, dengan lantang mba nya menjawab “ibuuuu, perjanjian itu dibuat antara ibu dengan orang lapangan dan dia diabayar dr uang ibu, sekarang depcol atau orang lapangannya sudah saya cabut jadi surat yang dibuat pun sudah tidak berlaku laki, ibu bayar saja hari ini tunggakan ibu, saya tidak mau tau” saya pun menjawab “kok bisa tidak berlaku, saya kemarin baru bayar tunggakan 1 bulan dulu itupun saya sudah berusaha, sisanya akan saya selesai kan sesuai surat perjanjian “…..bukannya baik baik malah teriak teriak di telpon dan bilang “makanya bu bayar bayar bayar, mana tanggung jawabnya, itu surat perjanjian tidak berlaku lagi, saya akan turunkan lagi depcol buat ibu kalo ibu masih belum bayar juga”

    entahlah saya yang bodoh apa gimana, kok bisa depcol bikin surat perjanjian dengan datang ke kantor tapi dari amar sendiri tidak di akui, mba nya nelpon terus ke kantor dan setiap nelpon saya sudah trauma saja dengan suaranya, tidak bisa saya tempek telinga itu telpon takut malah saya keluarin biaya untuk ke THT….selama ini saya namanya manusia kalo urusan sm bank atau cicilan kendaraan ada telat telat sampai datang ke rumah tapi tidak pernah ada yang sampai teriak teriak dan malah mengatakan hal hal diluar yang seharusnya dikatankan,,,,

    saya hanya berharap waktu bisa diputar cepat ke tanggal perjanjian saya mau bayar rencana mau datang ke amar langsung dan bertemu dengan mba yang nelpon saya, saya mau bayar ke beliau saja, sekarang saya tidak mau angkat telpon beliau karna ya mau apa sy belum ada kalo ada bunganya yasudah saya akan lunasi ditanggal yang ada di perjanjian, saya mau bertemu dengan mbanya itu dan membayar dihadapan dia, kalopun waya tidak kena musibah insya allah tidak akan terjadi seperti ini. toh sya juga tidak kabur dan berusaha kooperatif.

    jadi buat semua yang mau pinjam ke amar tolong dipikirkan kembali. jangan sampai menjadi beban biat diri sendiri dan terpancing emosi sama mba yang nagih via telpon, sumpah bikin down dan sakit telingan< yg anehnya surat perjanjian bisa dicabut dan tidak berguna atau berlaku lagi. padahal itu diatas materai.

  11. Tadi sy dp tawaran fb utk nawarin pinjaman onlin. Sy kirm data lengkap. Stlh kirm dta dia mnta buatkn kartu kredit online, dia mnta uang 500rbu utk admnstrai, sejam kartu krditnya bisa trima kirm lewt via pos, sy jd pikir nyesal kirm data, tkut disalah gunakam idemtitas sy, gmn caranya sy mw ambl lg data kirm onlib itu, sy jf hawatir tkt nama sy dicatut utk pnipuan, sy saparuddin dri natuna kepri

  12. Sy mengajukan pinjaman d amar bank dan sdh dpt sms kl pinjaman sy d acc. Tp sy tngg sampai 2 hr kok msh blm ada kabar lagi, baik telp atau kurir yg dtg. Kira” brp lama ya sy hrs nunggu??

  13. Apa ada yg kena tipu setelah transfer duit dengan alasan untuk deposit dan acc pinjaman lalu nomor wa di blokir?? Amar bank ga jelas.. ditempat lain ga seperti ini. Bukan mempermudah malah mempersulit. Hati2 ya kalau mau nipu. Berarti berurusan dengan hukum bos. Amar bank siap2. Bukti sudah ditangan.

  14. Saya pakai data ayah saya itu coba2 padahal. Ini saya mau mengajukan pembalan ke pihak tunaikku. Waktu itu saya pakai data saya gagal terus setalah saya coba pakai data ayah saya berhasil

  15. MAU BERBAGI PENGALAMAN ,
    SEBELUM MEMINJAM DI APLIKASI INI LEBIH BAIK BERFIKIR BERULANG KALI .
    INI BENER BENER GILA .
    NAGIH BY PHONE AJA KATAKATANYA KAYA KITA BERHUTANG RATUSAN JUTA ,
    NADA KASAR CACIAN BERBAGAI MACAMLAH OMONGAN KASAR LAINNYA KAYA GAK PUNYA MORAL DAN PENDIDIKAN .
    SAYA TAU HUTANG HARUS DI BAYARKAN CUMAKAN HARUS LEBIH KOOPERATIFLAH DALAM MENAGIH ,
    TOH KITA JUGA AKAN BAYAR WALAUPUN ADA KETERLAMBATAN .
    BENER BENER BAD BGT INI !!

  16. Saya barusan mengajukan pinjaman lewat halomoney dan dia menawarkan ke bank amar, dalam waktu beberapa menit saya dapat sms bahwa pihak amarbank telah menerima permohonan pinjaman saya tapi saya ingin membatalkan, bagaimana ya cara membatalkannya?

  17. SAYA SUDAH MENGAJUKAN PINJAMAN, SUDAH DI SETUJUI DAN ADA NO PINJAMAN NYA JUGA KETEMU KURIR UNTUK TTD KONTRAK TGL 22 OKTOBER 2018 TAPI BELUM ADA PENCAIRAN SAMPAI SAAT INI,KATANYA DI TUNGGU SAM PAI 3 HARI . MOHON PENJELASAN NYA DONG DARI PIHAK AMARBANK

  18. Setuju juragan, ane nyesel dah pinjem ke ini bank, awalnya sih ada yang nawarin via telpon….awalnya sih seneng dapat pinjaman,, di bulan kedua baru deh puyengnya kerasa …baru telat 1 hari aja yang telpon ada 3 orang wk wk….sampe2 ada yg nelpon juga ke tempat kerjaan nagih hutang ha ha…
    saran ane ” Mending jangan dah pinjem ke ini bank” selain bunganya gede yg nagih nya rewel bos…

  19. lucu ga nih? Pinjaman diapprove Selasa siang Rabu peninjau ke rumah lalu bilang 2 hari cair. Kamis ada sms bilang tandatangan ga sama meski foto sama dsn itu eKTP (capede). Sms nya masuk jam 14.40 eh bank tutup 15.00. Dikira kita rumah di belakang bank, gitu?

    Sesampai di bank tandatangan ga ditanya, dikasih tau 3-4 hari lagi prosesnya. Whaaaattt??

    Gitu iklannya bilang 2 hari selesai. Apa yg selesai?

  20. Saran saya apapun yg terjadi gak usah minjam di online. Yg namanya pinjaman KTa itu pasti bunganya gede.
    adik saya korbannya.
    kalo emang butuh jual aja barang” yg ada di rumah. Jauhi hutang dlm bentuk apapun.
    karna kita gak tau apa yg bakal terjadi ke depannya. Hutang itu malah bikin kita merugi. Hidup tanpa hutang itu lebih sehat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini