Berhati-hati Menggunakan Tisu Basah, Penelitian Terbaru Bisa Memicu Bahaya

Tisu basah memang sangat digemari, tidak hanya dari kalangan wanita tapi dari kalangan pria pun juga kerap memakainya untuk membersihkan muka.

Tisu basah Juga seringkali dipakai bayi untuk membersihkan berbagai macam kotoran. Selain harganya murah, tisu basah dinilai praktis saat digunakan dan baunya memang wangi.

Tak hanya sampai disitu, tisu basah juga dinilai dapat membersihkan berbagai kuman karena mengandung berbagai zat kimia yang dapat membunuh berbagai macam kuman maupun bakteri. Tetapi, hal ini justru sangat berbahaya bagi kesehatan. Karena penelitian baru-baru ini menemukan adanya dampak bahaya kesehatan yang ditimbulkan dari penggunaan tissu basah. Ternyata tisu basah dapat menyebabkan menyebarnya berbagai macam bakteri, termasuk MRSA.
Menurut penelitian laboratorium oleh Cardiff University’s School of Pharmacy and Pharmaceutical Science, mereka meneliti 7 macam tisu basah untuk menghilangkan bakteri MRSA. Namun mereka menemukan bahwa pemakaian tisu basah untuk menghilangkan bakteri hanya dalam 10 detik itu kurang optimal.
Dan memang banyak yang percaya bahwa tisu basah sangat baik untuk menghilangkan berbagai kotoran yang ada di tubuh kita, tetapi hal itu tidaklah terbukti. Karena tisu basah hanya akan memindahkan berbagai bakteri dari satu tempat ke tempat yang lain.
Tisu basah juga mengandung zat kimia yang berbeda dalam membunuh bakteri mikroba. Zat kimia tersebut akan membunuh bakteri hanya dengan cara memecah struktur protein didalam sel kuman. Didalam tisu basah terdapat juga kandungan zat pemutih yang dapat membuat sel-sel kulit tubuh menjadi mati.
Selain itu, di dalam tisu basah terdapat kandungan sabun yang dapat membuat mikroba memecah belah menjadi lebih banyak lagi.
Bagi kita yang tidak dalam keadaan terpaksa dan juga terdapat air, sebaiknya kita cuci tangan dengan air dan sabun saja. Jangan terlalu keseringan menggunakan tisu basah.
(Visited 21 times, 1 visits today)
Baca Juga :   Astagfirullah! Ternyata Kiamat Sudah Dekat, Dataran di Arab Menunjukkan Tanda-tandanya

Leave a Reply