Berkebun Bisa Meredakan Stres, Benarkah?

berkebun

Mengisi waktu luang dengan berkebun bisa memberi banyak kenikmatan dari yang sekedar dibayangkan. Tubuh memang jadi penuh kotoran karena tanah, tetapi dari situlah akan muncul hasil yang membuat hati kita bertambah senang.

Sewaktu kecil dulu bermain tanah dan menggali pasti sudah biasa. makin asyik bila ditemani dengan rintik hujan dan becek tidak masalah, yang penting hati bisa senang.

Sekarang kita juga masih bisa berbecek – becekan, tetapi dengan tujuan lain yaitu denga berkebun, yang bisa dilakukan dengan berkebun adalah menanam tumbuhan di sekitar rumah, menanam bunga, sayur bahkan buah-buahan, yang dapat menjadi pengisi waktu luang dan tentunya bisa menghasilkan.

Jika yang ditanam bukan termasuk yang bisa menghasilkan sayur, buah, ataupun bunga, setidaknya kita bisa mendapatkan kesegaran dari warna hijaunya tanaman. Warna hijau katanya diyakini akan membawa kesegaran dan juga kesejukan yang sekaligus dapat menentramkan hati.

Ketenteraman hati juga diperoleh pada saat melihat bunga yang beraneka warna. Sejumlah penelitian melihat bahwa berkebun dapat meningkatkan kesehatan fisik maupun mental dan bisa memberikan manfaat lebih luas daripada kita berolahraga atau menghirup udara segar.

Berkebun bisa dikatakan sebagai salah satu aktivitas fisik yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Jika anda yang tidak biasa rutin berolah raga dapat juga memanfaatkan kegiatan berkebun sebagai aktivitas fisik.

Yang paling nyata dari kegiatan berkebun ini adalah buah, bunga, atau sayuran. Tidak heran, jika banyak orang yang bersenang – senang saja mengisi waktu luangnya hanya dengan menanam bunga.

Melihat tanaman tumbuh sampai munculnya bunga juga sudah sangat membahagiakan. Setidaknya hal itu menunjukkan bahwa kita mampu dan berhasil membuat tanaman sampai berbunga. Efek positifnya adalah selain memberi kesenangan diri, juga bisa menjadi ajang rileksasi serta meredakan stres.

Baca Juga :   Ibu Ini Bikin Video untuk Anaknya Sebelum Meninggal Dunia, Sangat Mengharukan

Banyak pusat layanan kesehatan maupun rumah sakit yang menyediakan lahan hijau di luar ruangan dengan berbagai tanaman. Karena tanaman diyakini dapat membantu menurunkan Stres serta dapat memperbaiki interaksi sosial pada pasien.

fokuslah-berkebun

FOKUSLAH BERTANAM

Berkebun akan memberikan keasyikan tersendiri. Dengan berkebun aktivitas fisik dapat membuat tubuh kita keringat. dan juga tubuh kita berkesempatan terpapar sinar matahari. sebaiknya kegiatan berkebun dilakukan pada pagi hari, karena paparan sinar matahari masih lebih baik ketimbang siang hari. Efek penting lainnya, berkebun membuat stres kita berkurang.

Stres mereda karena saat itu, pikirannya hanya terfokus pada kegiatan bercocok tanaman. Tidak ada hal lain yang dipikirkan lagi.

alam-tani

UANG BELANJA JADI HEMAT
Manfaat tambahan lain, sayuran dan buah yang dipanen pun bisa menjadi santapan keluarga. Segar dan bahkan tanpa pestisida. Itu juga berarti ia dapat menghemat uang yang biasa dibelanjakan untuk membeli sayur.

Satu hal lagi, dengan berkebun, tanamannya menyuplai oksigen bagi lingkungan sekitar. Udara di sekitar rumah pun menjadi lebih segar Bagaimana anda sudah siap untuk berkebun sekarang?

(Visited 98 times, 1 visits today)

Leave a Reply