Blogsederhana Sudah Menggunakan Let’s Encrypt SSL 

Tiga alasan utama kenapa website kamu harus menggunakan SSL (HTTPS) adalah untuk meningkatkan keamanan website, meningkatkan kepercayaan pelanggan, dan juga menaikkan ranking website di Google.

Let’s Encrypt adalah organisasi non-profit baru dari Linux Foundation yang menyediakan SSL gratis untuk semua pemilik website. Let’s Encrypt SSL gratis dan menawarkan perlindungan enkripsi standard.

Berikut adalah tampilan blogsederhana setelah di instalasi SSL

tampilan alamat url blog sederhana sekarang berubah yaitu ditandai dengan munculnya tanda gembok warna hijau disamping alamat  https://www.blogsederhana.web.id

itu artinya keamanan blogsederhana sudah disertifikasi, dan jika kita ingin melihat seberapa nilai tingkat keamanan webaite kita anda bisa cek menggunakan alamat SSLLabs.com dan hasilnya adalah blogsederhana mendapat grade A

Berikut Fungsi Sertifikat SSL/TLS

Untuk Keamanan Komunikasi Antara Server dan Pengunjung

Sertifikat SSL/TLS memberi informasi kepada pengunjung bahwa situs yang dikunjungi adalah situs yang benar. Selain itu SSL/TLS mengenkripsi komunikasi sehingga tak dapat disadap atau dimodifikasi di tengah jalan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Memberi Peringkat Lebih Tinggi Untuk Situs HTTPS

Mulai Agustus 2014,  akan memberi peringkat lebih tinggi kepada situs-situs yang menggunakan sertifikat SSL/TLS yang valid. Sertifikat SSL/TLS menjadi hal yang penting bagi situs yang mementingkan peringkat di mesin pencari.

Sertifikat SSL/TLS Mencegah Konten Dimodifikasi di Tengah Jalan

Saat ini hampir semua ISP besar di Indonesia melakukan praktik memodifikasi konten HTML sebelum dikirim ke pengguna, misalnya untuk menyisipkan iklan milik ISP. Anda bisa mencegah konten anda dibajak oleh ISP nakal dengan melengkapi situs anda dengan sertifikat SSL/TLS.

Situs Web yang Lebih Cepat Dengan HTTP2 atau SPDY

Situs web bisa diakses lebih cepat dengan menggunakan protokol HTTP2 atau SPDY, dan ini hanya tersedia untuk situs web yang diakses melalui HTTPS. Membutuhkan web server yang mendukung HTTP2 atau SPDY.

Baca Juga :   Mengkudu, Buah Yang Unik dan Kaya Manfaat

Jenis-Jenis Produk Sertifikat SSL/TLS

Berdasarkan jumlah domain yang diamankan:

Single Domain. Sertifikat single domain mengamankan satu hostname saja.

Multi Domain. Sertifikat multi-domain mengamankan beberapa hostname dalam satu sertifikat.

Wildcard. Sertifikat wildcard mengamankan satu domain dan seluruh subdomainnya yang berada satu tingkat di bawahnya.
Berdasarkan metoda validasi:

Validasi domain. Penerbit akan melakukan validasi berdasarkan kepemilikan nama domain. Umumnya sertifikat jenis ini harganya murah dan diterbitkan hanya dalam waktu beberapa menit saja.

Validasi organisasi. Penerbit akan melakukan validasi berdasarkan kepemilikan nama domain dan bukti legalitas organisasi atau perusahaan. Pendaftaran sertifikat jenis ini akan membutuhkan bukti legalitas organisasi untuk diverifikasi oleh pihak penerbit. Sertifikat biasanya akan terbit dalam waktu beberapa hari.

Extended validation. Penerbit akan melakukan validasi secara menyeluruh kepada operator situs web, pemilik nama domain, serta pihak lain yang mewakili pemilik situs web. Pendaftar perlu menyiapkan bukti legalitas dari seluruh pihak-pihak yang terlibat.

(Visited 5 times, 1 visits today)

Leave a Reply