BLUE JAVA BANANA: Pisang Biru Yang Memiliki Rasa Seperti Es Krim Vanilla

Blue Java Banana atau pisang biru adalah jenis pisang dengan rasa dan tekstur yang mengingatkan kita pada Es krim vanilla.

Selain rasanya yang menarik, pisang ini mempunyai warna biru terang pada kulitnya dan daging putih seperti Cream vanilla. Itulah kenapa pisang ini disebut sebagai Pisang Biru.

Meskipun pisang blue java tidak seterkenal pisang Cavendish, namun banyak negara yang menanam pisang ini untuk dijadikan es krim rasa vanila.

Artikel ini membahas tentang Pisang Blue Java serta Nutrisi dan manfaat yang terkandung didalamnya.

1. Tentang Pisang Blue Java

Blue Java Banana adalah jenis kultivar pisang yang terkenal dengan penampilan dan rasanya yang unik.
Mereka adalah hybrida dari dua spesies pisang asli Asia Tenggara (Musa balbisiana dan Musa acuminata).

Sebelum benar-benar matang, pisang ini memiliki kulit berwarna biru yang tidak biasa karena lapisan lilin alami mereka. Namun warna itu akan perlahan memudar saat mereka matang.

blue java banana (pisang_biru)

Blue Java Banana sebelum matang

Blue java memiliki ukuran yang sedikit Fat, dan panjangnya bisa mencapai 17,7 cm. Oleh karena itulah, penampilan pisang ini sedikit berbeda dari varietas pisang lainnya.

2. Mengapa Pisang ini seperti Es krim?

Salah satu alasan kenapa rasa pisang blue java ini seperti es krim adalah senyawa alami yang terkandung dalam dagingnya. Itulah yang membuat pisang ini memiliki rasa yang menarik dan sering dibandingkan dengan es krim atau puding vanila.

es krim blue java

Es Krim Pisang

Bahkan dagingnya yang lembut membuat pisang ini menjadi hidangan penutup yang populer. Ya, seperti pengganti Es Krim gitu.
Selain itu juga, pisang ini sangat rendah kalori, cocok bagi kamu yang sedang melakukan diet dengan mengkonsumsi buah-buahan.

3. Nutrisi Yang Terkandung Dalam Blue Java Banana

Walaupun Blue Java Banana adalah jenis kultivar pisang, tapi pisang ini memiliki nutrisi yang sangat mirip dengan varietas pisang lainnya.

Ya, seperti jenis lainnya, pisang ini banyak mengandung serat, manganese, dan vitamin C dan B6.

Salah satu pisang berukuran medium mengandung nutrisi sebagai berikut (Bersumber dari FoodData Central):

  • Kalori: 105
  • Protein: 1,5 gram
  • Karbohidrat: 27 gram
  • Lemak: 0,5 gram
  • Serat: 3 gram
  • Vitamin B6: 26% dari Nilai Harian (NH)
  • Manganese: 14% dari NH
  • Vitamin C: 11% dari NH
  • Copper: 10% dari NH
  • Kalium: 9% dari NH
  • Pantothenic acid: 8% dari NH
  • Magnesium: 8% dari NH
  • Riboflavin: 7% dari NH
  • Folate: 6% dari NH
  • Niacin: 5% dari NH

Perlu kamu ketahui, pisang ini mengandung sedikit karbohidrat, fosfor, selenium, dan tiamin.

4. Manfaat dan Bahaya Pisang Ini Bagi Kesehatan

Dengan berbagai nutrisi yang terkandung didalamnya, membuat pisang ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat tersebut antara lain:

  1. Membantu dalam menurunkan berat badan
    Bagi kamu yang sedang melakukan diet, pisang ini cocok sekali untuk kamu konsumsi. Dengan nutrisi sebesar 105 kalori, pisang blue java merupakan makanan alternatif pengganti es krim dan cokelat.
  2. Bermanfaat juga untuk kesehatan pencernaan
    Pisang Blue Java mengandung serat yang tidak dapat dicerna, seperti hemiselulosa, selulosa dan alfaglukan yang membantu mengobati beberapa gangguan pencernaan, termasuk wasir, tukak lambung, dan gastroesophageal reflux disease (GERD). Setiap pisang berukuran medium mengandung sekitar 3 gram serat, yaitu sekitar 12% dari Nilai Harian.
  3. Kaya akan antioksidan
    Pisang Blue Java sarat dengan antioksidan , yang merupakan senyawa kuat yang membantu melindungi tubuh terhadap kerusakan sel. Senyawa antioksidan dalam pisang termasuk Gallic acid, Quercetin, asam ferulat, dan dopamin. Antioksidan juga bermanfaat untuk pencegahan penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Peringatan! Dalam Mengkonsumsi Pisang Biru:

Pisang  Blue Java  dapat memicu reaksi alergi terhadap mereka yang sensitif terhadap lateks.

Bahkan, menurut beberapa laporan, sekitar 30-50% dari mereka yang alergi terhadap lateks juga sensitif terhadap makanan  jenis nabati tertentu, termasuk pisang blue java.

Oleh Karena itu, pastikan untuk berhati-hati ketika mencoba makanan baru seperti pisang ini jika kamu memiliki alergi terhadap makanan.

5. Cara Terbaik Dalam Menikmati Pisang Blue Java

Ada banyak pilihan dalam mengolah pisang ini menjadi makanan yang bisa dinikmati. Salah satu cara yang paling populer adalah dengan menjadikannya sebagai bahan dasar Es Krim lezat rasa vanilla.

Dibuat menjadi pisang goreng juga tidak lah buruk. Malahan rasanya akan terlihat menggiurkan. Gak kebayangkan pisang goreng rasa es krim vanila?

Atau, cara terakhir adalah dengan menikmati pisang Blue Java secara langsung.

Itulah ulasan mengenai Blue Java Banana, buah unik yang rasanya mirip seperti es krim vanilla. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kamu. Terimakasih!

(Visited 9 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply