BPJS Kesehatan Memperkenalkan Aplikasi INASIS Untuk Percepat Layanan Medis

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan meluncurkan sistem aplikasi INA CBG’s – SEP Integrated System (INASIS).
Bagi para peserta Jaminan Kesehatan Nasional atau (JKN), aplikasi terintegrasi ini membuat para pasien akan lebih cepat memperoleh pelayanan kesehatan.
Sementara bagi fasilitas kesehatan atau faskes yang bermitra, sistem baru ini menjadi solusi atas kendala lambatnya proses pengajuan klaim.
Ini dikarenakan adanya empat sistem yang berbeda yakni
1. Surat Eligibitas Peserta (SEP) atau dokumen yang menerangkan bahwa pasien itu dirawat atas biaya BPJS Kesehatan,
2. Sistem Informasi Manajeman Rumah Sakit Generic Open Source (SIMRS),
3. INA-CBG’s dan
4. verifikasi klaim.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengatakan bahwa aplikasi INASIS menjadikan proses pengurusan (SEP), dan diagnosis berdasarkan ketentuan INA-CBG’s serta verifikasi data peserta BPJS Kesehatan dapat dilakukan satu pintu dan Ini akan membuat proses persyaratan administrasi peserta BPJS Kesehatan cepat dan juga pasien bisa mendapatkan pelayanan.

Sistem baru ini akan mempercepat proses pendaftaran pasien, mempercepat proses klaim serta mencegah awal re-admisi pasien rawat inap.

Pihak rumah sakit juga bisa melakukan E-claim yakni pengajuan klaim tanpa harus mentransfer file menggunakan aplikasi ini secara manual.

Aplikasi INASIS ini telah diaplikasikan beberapa waktu lalu di RS Persahabatan. Karena prosesnya sudah disederhanakan, penerbitan SEP menjadi lebih cepat dan kurangi antrean pasien.

Proses penagihan klaim dari rumah sakit kepada BPJS Kesehatan akan lebih cepat dikarenakan pengiriman file tidak lagi manual dari SIM RS ke SIM Verifikasi Tapi langsung ke sistem INASIS.

Rumah sakit juga bisa mengetahui status tagihan mereka secara real time online baik layak atau pun tidak layak, sampai klaim dibayarkan oleh BPJS Kesehatan. Jadi INASIS ini akan bisa mencegah terjadinya dobel klaim yang bisa terjadi saat penyerahan data secara manual antar aplikasi.

Baca Juga :   Cara Daftar Allianz Life Customer Online Portal

Dobel claim ini bisa terjadi karena human error tapi juga disengaja oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Aplikasi ini bisa menghindarinya.
Sementara ini, sistem baru ini baru akan diberlakukan di RS Persahabatan.

Artikel Terkait BPJS Kesehatan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *