BRILINKS – Transaksi Tanpa Harus ke Bank

 

BRILINK

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) meluncurkan layanan BRILink yaitu layanan keuangan tanpa kantor (nirkantor). Program ini merupakan bagian dalam rangka mendukung program-program pemerintah salah satunya financial inclusion. Layanan BRILink ini, merupakan sebuah inovasi dalam dunia keuangan khususnya perbankan untuk mempermudah akses kepada masyarakat yang belum memiliki layanan perbankan

BRILink adalah salah satu terobosan Bank BRI untuk mengedukasi masyarakat Indonesia dalam mengenal pengetahuan dasar tentang pengelolaan keuangan melalui pemanfaatan produk dan layanan perbankan.

Bank BRI menyediakan layanan keuangan nirkantor hingga ke pelosok desa dan wilayah perbatasan. Layanan BRILink yang berbasis keagenan ini tidak hanya memberikan manfaat efisiensi operasional, namun juga memberikan kemudahan dalam bertransaksi masyarakat, baik yang sudah menjadi nasabah BRI maupun yang belum menjadi nasabah BRI.

Adapun, yang bisa menjadi agen BRILink adalah yang telah memiliki usaha minimal selama dua tahun ataupun badan usaha yang tidak berbadan hukum. Selain itu, agen harus memiliki lokasi usaha permanen dan dikenal baik oleh masyarakat setempat.

Bank BRI akan memberikan nomor keagenan pada setiap agen BRILink yang nantinya akan dipasang di lokasi usaha. Nomor keagenan tersebut juga dapat dicek secara langsung melalui aplikasi handphone jenis apapun dengan mengirimkan SMS ke 3300 menggunakan format: info(spasi)tbagen(spasi)noagen, dan akan mendapatkan balasan dengan informasi: nomor agen, nama agen dan alamat agen.

BRILINKS Mitra Merupakan Pihak yang bekerjasama dengan BRI dan disebut dengan Agent BRILINKS, dalam pelaksanaan kegiatannya, Pihak BRILINKS Mitra menggunakan kartu debit BRI untuk melakukan transaksi dengan menggunakan Perangakat BRI (EDC BRILINKS) Agent BRILINKS terdiri dari Collecting Agent dan Collecting Agent Agregator (CAA) BRILINKS Mitra dapat dilakukan dengan Kerjasama BRI dengan CAA yang bertindak sekaligus sebagai CA, atau BRI dengan CAA yang bertindak mewakili CA dibawah kelolaannya.
Persyaratan Untuk Menjadi Agent BRILINKS :

  • Agent BRILINKS dapat berupa usaha perorangan; apabila Agent BRILINKS merupakan badan usaha, setidaknya usaha telah berjalan selama 1 tahun, kecuali usaha franchise
  • Mempunyai omset minimum per bulan
  • Domisili Agent BRILINKS harus berlokasi di wilayah Indonesia.
  • Pemilik Agent BRILINKS harus bertempat tinggal di Indonesia.
  • Apabila Agent BRILINKS merupakan badan usaha (Perorangan, Berbadan Hukum maupun non Badan Hukum), diwajibkan memiliki izin-izin/legalitas usaha dari instansi yang berwenang.
  • Harus memiliki rekening BRI baik tabungan/giro sebagai rekening pembayaran/ penampungan.
  • Status lokasi usaha milik sendiri atau sewa minimal 1 (satu) tahun. Apabila status sewa kurang dari 1 (satu) tahun maka harus ada Surat Pernyataan dari calon Agent BRILINKS yang bersangkutan untuk memperpanjang masa sewa dilengkapi Surat Perpanjangan Sewa yang diterbitkan oleh pemilik gedung.
  • Calon Agent BRILINKS mengisi Formulir Permohonan Agent BRILINKS,
  • Calon Agent BRILINKS menandatangani Perjanjian Kerjasama “BRILINKS Mitra” dengan BRI.

Persyaratan Dokumentasi Agent BRILINKS :
Badan Usaha Perorangan melampirkan : Fotokopi KTP pemilik, Fotokopi NPWP, Fotokopi SIUP/ Surat Izin Usaha dari instansi berwenang, misalnya surat izin profesi, SITU, Surat Gangguan (HO)/Hinder Ordonantie), Surat Keterangan Domisili, Surat Keterangan dari Kelurahan, dll
Melengkapi formulir seperti : Formulir Permohonan Agent BRILINKS, Surat Pernyataan, Surat Kuasa Khusus (bila diperlukan)
Sharing Fee, merupakan skema pembagian fee antara Bank dengan Agent BRILINKS atas transaksi yang dilakukan di terminal EDC BRILINKS tertentu. Adapun skema sharing fee adalah sebagai berikut :
Prosentase  Sharing Fee BRI – 50% Agent BRILinks – 50% Sharing Fee yang dimaksud berlaku untuk semua fitur BRILINKS, dimana tiap fitur memiliki fee yang berbeda-beda.

(Visited 9 times, 1 visits today)
Rate this article!

21 Responses

  1. author

    Hamzah Mubin Mas Obin5 years ago

    Fee terlampir disebelah mana ya Boss?

    Reply
  2. author

    Aswin Mahmud5 years ago

    ini saya permohonan untuk brilink sudah 2 minggu lbh blm ada realisasinya? tlng di bantu.

    Reply
  3. author

    Fauzan Ramadhan5 years ago

    Sy bermohon secara online untuk BRILINKS dengan mengisi format yg disediakan oleh BRI. Apakah cara yang sy lakukan adaji kemungkinan bisa diterima atau ada petunjuk lain yg bisa sy lakukan?? Mohon info balik. Tks.

    Reply
  4. author

    Dede Nandang5 years ago

    untuk brilink sebaiknya datang langsung ke kantor bri setempat kemungkinan approvenya lebih besar

    Reply
  5. author

    Aceng SuarnaFerharja4 years ago

    Ini hanya bebagi info. BRILink itu di kerjakan oleh kanwil setempat sesuai kalau telat . pertama agen dapat sms notifikasi dari BRI. bahwa Anda telah terdaftar menjadi agen BRILink lengkap dengan ID: UserID dan pass.plus alamat yang harus di kunjungi. https://agen.bri.co.id.

    Reply
  6. author

    Aceng SuarnaFerharja4 years ago

    Gak usah bingung setiap agen akan mendapatkan selembaran Fee dari pihak Bank

    Reply
  7. author

    Koh Ling4 years ago

    Brillinkku kog gak ada menu pembayaran PDAM nya Bos,

    Reply
  8. author

    Dede Nandang4 years ago

    SILAHKAN TANYA KE KANWIL SETEMPAT

    Reply
  9. author

    Riki Madridista Lubay4 years ago

    SAYA SUDAH 3 BULAN MENGAJUKAN BRILINK TAPI KOK GAK TURUN2 ITU EDC GIMANA SOLUSI NYA BOS

    Reply
  10. author

    Khaerumah4 years ago

    Sy mnta ket fee yg jls dlm setiap transaksi d lynan brilink. Spy jls saya dpt brp setiap bln nya dr brilink sy?

    Reply
  11. author

    Ade Subandi4 years ago

    ada biaya daftarnya gk? trus ada minimal deposit gk?

    Reply
  12. author

    Ade Subandi4 years ago

    ada biaya daftarnya gk? trus ada minimal deposit gk?

    Reply
  13. author

    Ade Subandi4 years ago

    mohon pencerahanya.. daftar brilink ada biaya nya gk? minimal saldo brp?

    Reply
  14. author

    Ade Subandi4 years ago

    mohon pencerahanya.. daftar brilink ada biaya nya gk? minimal saldo brp?

    Reply
  15. author

    Aceng SuarnaFerharja4 years ago

    Ade Subandi Uang daftar gak ada Prorgram ini bukan main deposit tapi yang kita ginakan untuk transaksi dari tabungan kita. cuman info bagi kawan2 yang belum mengetahui tentang FEE. di saat kita dapat sms notifikasi dari BRI. bahwa Anda telah terdaftar menjadi agen BRILink lengkap dengan ID: UserID dan pass.plus alamat yang harus di kunjungi. disitu kita buka lengkap laporan harian. mingguan. bulanan. plus FEE. .. Fee yang kta dapat beda2. dari mulai Rp. 500 sampai 2500

    Reply
  16. author

    Aceng SuarnaFerharja4 years ago

    bagi kawan2 yang belum mengetahui tentang FEE. di saat kita dapat sms notifikasi dari BRI. bahwa Anda telah terdaftar menjadi agen BRILink lengkap dengan ID: UserID dan pass.plus alamat yang harus di kunjungi. disitu kita buka lengkap laporan harian. mingguan. bulanan. plus FEE. .. Fee yang kta dapat beda2. dari mulai Rp. 500 sampai 2500

    Reply
  17. author

    Aceng SuarnaFerharja4 years ago

    daftar BRILink semuanya geratis tanpa sepeserpun saldo 3jutaan tapi disaat kta banyak nasabah akan kewalahan kalau saldonya kecil. misal nasabah kirim uang 5 sapai 10jt belum transaksi yang lainnya … kalau ada tabungannya agak besar biar gak keteter

    Reply
  18. author

    Lalu Muhammad Ali4 years ago

    saya agent BRIlink baru jadi sebelum saya di pasangkan EDC nya saya pernah menerima sms tentang penerimaan menjadi agent dan saya mendapat sms user id. dan password tapi terlalu lama saya di pasang saya pikir bank bri tidak mengingat saya lagi setelah dekat 1 tahun baru secara tiba2 datang di pasangkan EDCnya namun user name dan passwornya sudah saya hapus lalu gemana caranya untuk mengetahui kembali user name dan password yang pernah saya di berikan…? minta info ke no.081997810370

    Reply
  19. author

    Hue Lieng Fee4 years ago

    lihat di kertas struknya om, disitu ada, tinggal tambah huruf b aja

    Reply
  20. author

    HASANUL ARIF2 years ago

    kalau mau melakukan pembayaran di Lazada tetapi ke bank BCA , apakah bisa melalui BRILINK ?

    Reply
    • author
      Author

      Dede Nandang2 years ago

      bisa

      Reply

Leave a Reply