Bukan Jeruk, Inilah 5 Buah dengan Kandungan Vitamin C paling Tinggi

Kita berpikir dan meyakini bahwa jeruk memiliki jumlah vitamin c yang tertinggi diantara para buah. Namun semua itu terbantahkan oleh berbagai studi dan penilitian yang mengungkapkan bahwa ada buah lain yang memilki kandungan lebih banyak dari jeruk.

Walaupun jeruk masuk dalam kategori 10 besar buah dengan vitamin c tertinggi, tapi ada beberapa buah yang jarang ditemukan ternyata vitaminnya lebih banyak.

Artikel ini mengulas 5 buah dengan kandungan vitamin c yang tinggi. Semua itu di nilai berdasarkan Jumlah Vitamin C per cup, jumlah vitamin C per 100g, dan jumlah per 200 kalori. Semua data ini bersumber dari FoodData Central dan akan di jelaskan dimulai dari urutan nomor 5 dulu.

5. Buah Stroberi (Strawberries)

buah stroberri

Vit. C per cup Vit. C per 100gram Vit. C per 200kalori
98mg
(108% DV)
59mg
(65% DV)
368mg
(408% DV)

*DV = Daily Value atau Nilai Harian.

Buah stroberi atau dalam bahasa inggris disebut strawberry adalah salah satu dari 4 buah yang mengandung vitamin C lebih banyak dari jeruk. Selain itu, buah ini juga mengandung kalium dan float dalam jumlah yang cukup.

Buah stroberi menduduki urutan ke 5 sebagai buah dengan Vitamin C yang tinggi, tentu lebih besar dari jeruk.

Menurut penelitian, umumnya jeruk memilki kandungan vitamin C sebesar 96mg per cupnya.

Namun ternyata ada banyak buah lain yang memiliki jumlah vitamin C lebih banyak darinya. Contohnya saja stoberri ini, buah ini memiliki kandungan vitamin c sebesar 98mg per cupnya.

Ya walau beda selisih 2mg, tetap saja data ini sudah terbukti akurat. dan Fakta bahwa stroberi memiliki vitamin C lebih banyak dari jeruk, itu adalah benar.

4. Buah Paprika (Bell Peppers)

Buah paprika

Vit. C per cup Vit. C
per 100gram
Vit. C
per 200kalori
152mg
(169% DV)
128mg
(142% DV)

982mg
(1091% DV)

Paprika atau Bell Pepper merupakan salah satu anggota dari keluarga Cabai yang tidak memiliki rasa pedas. Berbeda dari pada cabai lainnya, Paprika memiliki rasa manis yang memiliki ciri khas.

Oleh sebab itu, banyak orang yang sering menghidangkan buah ini sebagai buah dan sayuran, bukan sebagai bumbu masakan.

Buah paprika merah mengandung vitamin C 3x lebih banyak dari jeruk. Vitamin C pada buah paprika untuk 1 cup nya mengandung sekitar 152 mg. Dan untuk per 100 gram buah paprika, jumlah vitamin c yang terkandung di dalamnya sebesar 128 mg dari Nilai Harian.

Selain banyak vitamin c, terdapat juga vitamin lain , diantarnya Vitamin A, D, E, K, B1 (Thiamine), B2 (Riboflavin), B3 (Niacin), B6 (Pyridoxine) dan B9 (Folat).

3. Buah Kiwi (Kiwifruit)

buah kiwi

Vit. C per cup Vit. C
per 100gram
Vit. C
per 200kalori

167mg

(185% DV)

93mg

(103% DV)

304mg

(338% DV)

Berdasarkan data dari FoodData Center, buah kiwi memiliki kandungan vitamin C yang paling tinggi dibanding jeruk, pepaya, mangga dan apel. Jika dilihat dari luar, buah kiwi sangat mirip sekali dengan buah asli indonesia yaitu sawo.

Penampilannya dengan kulit cokelat dan berbulu, mungkin tidak terlihat begitu menarik bagi sebagian orang. Tapi, di balik warna dan tampilannya yang tidak menarik, tak di sangka ternyata buah kiwi memiliki banyak manfaat.

Sebuah studi penelitian Zespri Health Scinece Research (ZHSR) menyatakan, vitamin C yang berasal dari buah kiwi memiliki keunggulan, yakni dapat dengan cepat diserap oleh jaringan tubuh.

Tak hanya itu, Vitamin C yang juga bersifat sebagai antioksidan juga mampu membantu dalam mencegah kerusakan sel akibat proses oksidasi dalam tubuh.

Iniliah beberapa manfaat kiwi untuk kesehatan:

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
  2. Meningkatkan Daya Imun tubuh
  3. Menangkal radikal bebas
  4. Mendukung tumbuh kembang otak dan saraf janin

Selain diatas, masih banyak manfaat yang terkandung dalam 100g buah kiwi. Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca artikel tentang Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan.

2. Buah Jambu Biji (Guavas)

jambu biji

Vit. C per cup Vit. C per 100gram Vit. C per 200kalori

377mg
(419% DV)

228mg
(254% DV)

671mg
(746% DV)

Jambu Biji atau Guava adalah jenis buah-buahan tropis berukuran sekitar 5cm s/d 15cm dan berbentuk bulat ataupun oval. Buah Jambu Biji ini berada para urutan kedua sebagai buah dengan vitamin C yang tinggi.

Buah yang kaya akan Vitamin C ini, mengandung sekitar 228mg pada setiap 100 gramnya. Kandungan vitamin C ini dapat mencukupi sekitar 254% kebutuhan kita sehari-hari.

Buah jambu biji banyak dibudidayakan di daerah beriklim tropis dan subtropis di seluruh dunia. Konon, asal buah ini ditemukan di benua Amerika Selatan dan Amerika Tengah.

Ada beberapa manfaat yang terkandung dalam buah jambu biji, antara lain:

  1. Mencegah Sembelit
  2. Mengatasi Gejala Diabetes
  3. Menambah Imunitas Tubuh
  4. Menurunkan Berat badan

Dan masih banyak lagi manfaat yang terkandung dalam buah ini.

1. Buah Acelora ( Buah dengan Vitamin C Tinggi)

buah acelora cerry

Vit. C per cup Vit. C per 100gram Vit. C per 200kalori

1644mg
1827%

1677.6mg
(1864% DV)

10485mg
11650%

Buah Acelora atau dalam bahasa inggris disebut Accelora Berry ini merupakan buah dengan kandungan Vitamin C paling tinggi dari semua buah yang disebutkan diatas.

Tak tanggung-tanggung, dalam 100gram, buah ini mengandung 1677.6 mg Vitamin C.

Walaupun itu nilai fantatis, semakin banyak buahnya yang matang, semakin banyak juga vitamin C yang hilang dan buah ini cepat sekali matangnya. Itulah yang menjadi kekurangan dari buah ini.

Dalam studi dan penelitian terhadap berbagai buah yang mengandung vitamin C, acerola mengungguli semuanya, terutama ketika ditanam secara organik.

Studi itu menyebutkan ada beberapa nutrisi yang terkandung dalam buah ini (selain vitamin C), antara lain:

  1. Calcium
  2. iron
  3. niacin
  4. fosfor
  5. riboflavin
  6. tiamin

Penutup

Banyak orang percaya bahwa jeruk memiki kandungan vitamin c tertinggi dalam kategori buah-buahan. Namun dengan data yang dibuktikan oleh berbagai studi dan penelitian, ternyata ada banyak buah lain yang memilki jumlah Vitamin C melebihi buah Oren itu.

(Visited 14 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply