Cara Bayar Dan Lapor Pajak Online Secara Mudah

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, Anda pastinya akan memenuhi kewajiban anda dalam membayar pajak. Namun karena kesibukan yang hampir setiap hari, pastinya akan mempersulit Anda dalam membayar dan melaporkan pajak.

Seiring dengan perkembangan zaman, kini pembayaran dan pelaporan pajak online akan mempermudah anda yang memiliki kesibukan yang luar biasa.

Pembayaran dan pelaporan pajak online merupakan kegiatan yang berbeda secara administratif, sehingga memerlukan dua langkah kerja. Namun beberapa kalangan masih belum memahami cara pembayaran dan pelaporan pajak “digital” tersebut.

Oleh karena itu, akan kami jabarkan cara membayar sekaligus melaporkan pajak secara online bagi Anda yang belum memahaminya.

Cara Membayar Pajak Online

 

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam memenuhi kewajiban sebagai wajib pajak adalah membayar terlebih dahulu melalui sistem yang dikeluarkan pemerintah, e-billing. Aplikasi e-billing merupakan cara membayar pajak daring yang secara resmi diterapkan semenjak tanggal 1 Januari 2016.

Pertama kali anda harus membuat akun e-billing dengan bantuan teller bank yang telah ditunjuk oleh pemerinta. Bank tersebut antara lain: BNI, Mandiri, BCA dan Citibank.

Kemudian akseslah SSE2 pada situs pajak.go.id atau melalui Direktorat Jenderal Pajak Online. Anda akan mendapatkan kode billing untuk mengakses e-billing.

Anda dapat membayar nominal pajak melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), kantor pos, agen Branchless Banking atau melalui teller bank yang ditunjuk pemerintah. Anda juga bisa melakukan pembayaran melalui mesin mini ATM yang berada di semua KPP atau KP2KP di kota Anda.

Cara Melaporkan Pajak Online

Cara Bayar Dan Lapor Pajak Online Secara Mudah

Setelah Anda membayarkan pajak, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan pelaporan pajak secara online. Hal tersebut dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan administrasi sekaligus konfirmasi bahwa anda telah melaksanakan kewajiban Anda.

Untuk memudahkan pelaporan pajak secara online, maka pemerintah meluncurkan e-filling.

Untuk melaporkan pajak melalui e-filling ada 3 persyaratan utama yang harus Anda penuhi. Yaitu kode EFIN (Electroic Filing Identification Number), surat SPT dalam bentuk dokumen fisik maupun elektronik, serta tanda telah terdaftar di online pajak.

Yang pertama kali harus Anda lakukan adalah membuat EFIN untuk keperluan mendaftarkan akun DJP Online. Untuk membuat EFIN, anda cukup mendatangi KPP atau KP2KP terdekat di kota Anda untuk mengisi formulir permohonan aktivasi EFIN.

Hal yang perlu anda bawa adalah menunjukkan KTP asli serta fotocopy, atau paspor dan kartu izin tinggal untuk warga negara asing. Selain itu sertakan juga Nomor Pokok Wajib Pajak atau surat keterangan terdaftar kepada petugas pajak.

Anda akan menerima EFIN dalam kurun waktu paling lama 1 hari kerja setelah pembuatan. Kemudian anda perlu mendaftarkan akun DJP online. Anda dapat membuatnya melalui situs djponline.pajak.go.id pada fitur “daftar”.

Akan terdapat kolom isian NPWP, EFIN serta kode keamanan. Kemudian pilih “verifikasi” untuk mengirimkan e-mail identitas pengguna kedalam kotak masuk e-mail anda.

Didalam email tersebut terdapat link untuk mengaktifkan akun DJP online anda. Setelah akun anda aktif, anda dapat melakukan login kembali melalui situs djponline.pajak.go.id dengan menggunakan NPWP dan password.

Setelah memasuki halaman utama, anda pilih layanan “e-filing” dan kemudian pilih fitur “Buat SPT”.

Anda kemudian akan diberikan beberapa pertanyaan sebelum masuk kedalam fitur SPT. Setelah itu isi formulir dengan data yang dibutuhkan dengan status SPT normal. Setelah seluruh data yang menunjukkan anda telah membayar pajak dan telah diverifikasi oleh sistem, SPT akan Anda terima melalui e-mail.

Itulah cara membayar dan melaporkan pajak online. Bagi anda yang merupakan wajib pajak dengan kesibukan yang padat. Fitur pengurusan pajak secara online pastinya akan sangat membantu. Karena dengan memenuhi kewajiban pajak, Anda telah turut ambil bagian dalam membantu negara.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Peluang Usaha 2022 Klik Disini COD Free Ongkir Klik Disini