Cara Daftar Tabungan Haji dan Syaratnya

Sebagai seorang muslim, menunaikan rukun islam yang kelima yakni pergi haji adalah sebuah impian. Salah satu hal yang harus Anda persiapkan ialah biaya haji yang semakin meningkat setiap tahunnya. Oleh karena itu, mempersiapkan tabungan haji adalah ikhtiar yang akan mewujudkan impian Anda.

Tidak semua orang bisa menyiapkan dana haji sekaligus, oleh karena itu menyisihkan pendapatan secara rutin.  Dengan membuka tabungan khusus maka Anda bisa lebih fokus untuk mengumpulkan dana dan berangkat beribadah ke tanah suci.

Pelaksanaan ibadah haji di Indonesia ini dibedakan menjadi dua yakni haji reguler dan haji plus. Haji reguler ialah program yang langsung dilaksanakan oleh kementerian agama RI. Sedangkan haji plus dilaksanakan oleh pihak swasta atau dibawah pengawasan kemenag RI.

Biaya daftar haji reguler memakan dana sekitar 35 juta rupiah, belum lagi waktu yang Anda butuhkan untuk mengantri. Hal ini dikarenakan kuota haji Indonesia terbatas sementara para calon jamaah yang ingin berangkat membludak.

Keunggulan haji plus ialah waktu tunggu yang lebih singkat sehingga Anda tidak perlu menunggu hingga belasan tahun. Namun, tentunya biaya yang dibutuhkan juga sangat mahal bahkan bisa berkali kali lipat dibandingkan haji reguler.

Biaya yang dibutuhkan ketika hendak beribadah haji juga bukan hanya pendaftaran saja. Masih banyak keperluan lainnya yang harus dipenuhi dan memakan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu perencanaan keuangan yang baik dibutuhkan untuk mewujudkan impian Anda.

Daftar Tabungan Haji di Bank

Cara Daftar Tabungan Haji

Bagi sebagian orang, mengumpulkan uang bukanlah hal yang mudah karena banyak keperluan mendesak. Oleh karena itu alangkah baik jika dana untuk ibadah haji difokuskan agar bisa lebih cepat terkumpul.

Ada satu produk yang bisa Anda manfaatkan yakni tabungan khusus haji yang dikhususkan bagi para calon jamaah. Dengan menggunakan tabungan haji yang bagus maka dana akan lebih aman tersimpan. Baca Juga Cara Pembayaran Online Arrum haji

Salah satu prasyarat yang harus dipenuhi untuk membuka tabungan ini ialah memiliki saldo minimum 25 juta. Angka ini diperoleh berdasarkan ketentuan setoran awal BPIH ke rekening kemenag yakni sebesar 25 juta. Dengan uang ini, maka Anda bisa dipastikan berangkat dan mendapatkan nomor porsi.

Banyak bank bank yang menawarkan tabungan ini, terutama perbankan syariah. Salah satunya ialah tabungan haji muamalat yang berasal dari bank syariah pertama di Indonesia.

Biasanya para calon jamaah haji tidak hanya mengumpulkan biaya haji saja, namun juga asuransi perjalanan yang membuat mereka lebih tenang.

Persyaratan dan Daftar Tabungan Haji

Cara Daftar Tabungan Haji

Terdapat beberapa berkas dan persyaratan yang harus Anda penuhi sebelum membuka tabungan haji. Berikut ini ialah persyaratan lengkap yang akan membuat Anda memiliki tabungan khusus.

  • Mengisi formulir pengajuan pembukaan rekening
  • Melampirkan fotokopi KTP, SIM atau identitas diri lainnya
  • Melampirkan fotokopi NPWP
  • Pembayaran setoran awal

Biaya setoran awal setiap bank memang berbeda beda, bahkan tidak sedikit yang hanya membebankan 50 hingga 100 ribu kepada calon jamaah haji.

Setelah Anda mencapai saldo 25 juta, maka pihak bank akan memberikan persyaratan dari Kemenag untuk mendaftar sebagai calon haji.

  • Fotokopi rekening tabungan haji sebanyak 2 lembar
  • Fotokopi KTP sebanyak 5 lembar
  • Fotokopi Kartu Keluarga 2 lembar
  • Fotokopi buku nikah/akta lahir 2 lembar
  • Fotokopi surat kesehatan 2 lembar
  • Foto ukuran 3×4 sebanyak 17 lembar, ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar dengan latar belakang putih.
  • Map untuk menyimpan berkas-berkas sebanyak 2 buah

Bagaimana, apakah Anda sudah siap untuk menabung di tabungan haji untuk menunaikah rukun islam ke lima? Jika dilakukan dengan rutin dan konsisten maka Anda bisa mengumpulkan dana yang cukup untuk menunaikan haji.

(Visited 4 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply