Begini Cara IG Dark Mode Supaya Mata Lebih Terlindungi

Instagram atau IG merupakan salah satu media sosial yang menjadi candu bagi pengguna Android dan iPhone beberapa tahun ini. Penggunanya bukan hanya anak muda, namun menjangkau segala usia. Belakangan, IG bertema gelap atau dark mode ramai diperbincangkan. Fitur ini bertujuan mengurangi radiasi pada mata penggunanya. Lalu bagaimana cara IG dark mode?

Pihak IG resmi merilis mode gelap untuk iOS 13 pada Oktober 2019. Namun, fitur ini belum bisa diterapkan secara luas untuk semua jenis Android. Terkecuali, perangkat yang menjalankan sistem operasi (OS) Android 10. Walaupun demikian, pengguna Android di luar itu bisa mengaktifkan fitur ini apabila bergabung dengan Instagram Beta Program.

1. Mengaktifkan IG Dark Mode pada Iphone

Untuk mengaktifkan fitur dark mode pada iPhone, ada beberapa langkah yang harus diikuti. Sebelumnya, pastikan dahulu versi iPhone telah mendukung fitur ini yaitu iOS 13. Setelah itu masuk ke menu Setting dan pilih opsi Display. Kemudian langsung saja aktifkan fitur Dark mode yang ada.

Fitur ini hanya bisa dijalankan setelah mengunduh versi terkini dari IG. Cara, tinggal memperbaruinya dahulu di App Store. Tahap terakhir adalah menjalankan aplikasi yang telah gelap secara otomatis.

Apabila pengguna ingin menonaktifkan fitur dark mode dan kembali ke mode normal, pengguna dapat mengembalikannya ke mode awal. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengikuti semua tahapan yang ada lalu menonaktifkan kembali opsi dark mode. Otomatis tampilan akan kembali seperti semula.

2. Mengaktifkan IG Dark Mode pada Android

Sama seperti pada iOS, cara IG dark mode pada Android yang pertama adalah memastikan perangkat mendukung. Fitur ini hanya bekerja pada Android yang telah menjalankan sistem operasi Android 10. Karenanya, pemilik ponsel dengan versi di bawah itu tidak dapat menjalankan fitur ini. 

Jika telah menjalankan Android 10, masuk ke menu Setting pada Android. Pilihlah opsi Display atau Tampilan dan langsung aktifkan fitur Dark Mode. Lalu bergabung dengan IG versi Beta dan unduh IG versi Beta tersebut. Setelahnya, pengguna dapat menggunakan IG dengan fitur dark mode.

Fitur ini tidak permanen, jika telah diaktifkan. Apabila ingin kembali ke mode normal, pengguna dapat mengikuti semua langkah tadi dan langsung nonaktifkan dark mode. Maka, mode pada Android akan kembali lagi seperti semula. 

3. Mengaktifkan IG Dark Mode pada Smartphone Non-Android 10

Dilansir dari Androidheadlines, fitur ini bisa digunakan oleh semua yang bergabung dengan versi Beta. Hal ini berarti bahwa fitur dark mode tak lagi dibatasi ke beberapa pengguna beta saja. Sebelumnya, perlu diperhatikan beberapa hal sebelum mulai menjajal fitur ini. 

Yang pertama sekali adalah memastikan bahwa perangkat telah terdaftar pada program Beta. Setelah pendaftaran disetujui, hapus instalasi pada smartphone terlebih dahulu. Lalu unduh kembali aplikasi IG dengan versi terkini, yaitu yang mendukung fitur dark mode. Terakhir, langsung jalankan aplikasi yang sudah otomatis memiliki tampilan dark mode. 

Namun jika pengguna ingin keluar dari program, pilih opsi “Leave Program”. Tindakan ini akan mengeluarkan smartphone dari program Beta secara otomatis. Namun tindakan ini tidak mempengaruhi keamanan dari smartphone pengguna

Setelah mengikuti semua langkahnya, begitulah cara IG dark mode di iPhone dan Android. Meskipun dikatakan melindungi mata pengguna, tetap harus waspada. Radiasi dari layar berpengaruh buruk jika terkena dalam durasi cukup lama. Berbagai masalah kesehatan bisa muncul jika digunakan berlebihan. Radiasi yang kuat mampu menembus ruang hampa, bahkan otak manusia.

(Visited 4 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply