Cara Investasi Saham Online Yang Mudah Untuk Pemula

Tahukah anda bahwa berinvestasi saham saat ini sangat mudah dilakukan. Jika dulunya anda ingin membeli saham harus melalui broker, namun kini anda bisa melakukannya secara online. Nah, ingin tahu bagaimana cara melakukan investasi saham online ini untuk anda yang masih pemula? Yuk, langsung saja berikut ulasan selengkapnya.

Cara mudah melakukan investasi saham online untuk pemula

Selain pentingnya mengetahui harga emas batangan terkini hingga mengetahui menabung emas gimana caranya, nah untuk anda yang masih pemula anda pun perlu mengetahui cara melakukan investasi saham secara online. Tentunya investasi yang satu ini sangat cocok untuk anda yang masih pemula dikarenakan anda tidak harus memantau setiap saat pergerakan harga sahamnya. Selain itu, cara investasi saham online pun sangat mudah dilakukan.

Singkatnya anda terlebih dahulu membeli saham, selanjutnya disimpan dalam waktu berbulan-bulan bahkan setahun. Setelah harganya naik dan telah mendapatkan keuntungan, baru anda bisa menjualnya kembali. Anda pun tidak perlu panik jika harga saham yang anda beli tiba-tiba turun. Hal ini dikarenakan kemungkinan besar nantinya harganya akan naik kembali. Nah, untuk memulai cara investasi saham online, berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

Pilihlah perusahaan sekuritas yang digunakan untuk membuka rekening efek

Nah, sebelum anda berinvestasi saham online, maka anda harus memilih perusahaan sekuritas. Apa itu sekuritas? Sekuritas merupakan perantara untuk anda agar dapat membeli saham pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Di Indonesia ada banyak sekali sekuritas yang bagus, namun dikarenakan anda ingin yang online, tentunya anda harus memastikan sekuritas yang dipilih mempunyai aplikasi online trading.

Untuk mengetahui perusahaan sekuritas yang memang menyediakan aplikasi online trading, tentunya anda bisa melihat berita perbankan hari ini maupun mengetahui seperti apa investasi di bank syariah. Yang perlu anda siapkan agar dapat membuka rekening efek adalah sebagai berikut.

  • KTP
  • Materai 6000 sebanyak 3 sampai 4 buah
  • Buku tabungan
  • Kartu keluarga
  • NPWP. Untuk anda yang tidak mempunyai NPWP, anda tetap bisa membuka rekening saham dengan cara mengisi formulir tidak mempunyai NPWP

Siapkan setoran awal untuk pembukaan rekening saham

Cara selanjutnya adalah menyiapkan deposit atau setoran awal. Nah, setoran awal ini bermacam-macam yang sangat tergantung kepada perusahaan sekuritasnya. Namun kini sudah ada program yang ditawarkan oleh Bursa Efek Indonesia bernama “Yuk, Nabung Saham”.

Ada beberapa perusahaan sekuritas yang ternyata mengikuti program ini, lho! Dengan program ini anda bisa membuka rekening efek hanya dengan setoran awal yang sangat terjangkau.

Install aplikasi online trading

Tahukah anda bahwa berinvestasi saham saat ini sangat mudah dilakukan. Jika dulunya anda ingin membeli saham harus melalui broker, namun kini anda bisa melakukannya secara online.

Seperti halnya ketika anda menggunakan produk jasa bank syariah atau produk perbankan syariah terbaru, pastinya anda harus mendaftarkan diri atau harus membuka rekening terlebih dahulu di bank tersebut, bukan? Hal ini juga sama ketika anda berinvestasi saham online, tentunya anda juga perlu menginstall aplikasi online trading. Ada banyak sekuritas saham online yang bisa anda pilih. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Esmart – BNI Sekuritas

Banyak orang yang mengenal BNI sebagai bank konvensional maupun bank BNI dengan prinsip prinsip bank syariah, namun ternyata BNI juga mempunyai perusahaan sekuritas, yang termasuk sebagai salah satu broker terpercaya dalam bertransaksi saham. Selain itu, BNI Sekuritas juga masuk ke dalam Yuk Nabung Saham BEI. Nama aplikasi online trading yang dimiliki oleh BNI Sekuritas adalah esmart. Tentunya aplikasi ini dapat anda download secara gratis di Google play store. Aplikasi BNI Sekuritas pun multi platform. Tidak hanya di android saja, namun anda juga bisa mengunduhnya melalui web browser, laptop/PC, dan di iOS.

  • IPOT – Indo Premier Sekuritas

Nah, sama halnya dengan BNI Sekuritas, ternyata Indo Premier Sekuritas pun mengikuti program Yuk Nabung Saham. Sehingga setoran awalnya sangatlah terjangkau yang sangat cocok untuk investor milenial. Nama dari aplikasi online trading yang dimiliki oleh Indo Premier Sekuritas adalah IPOT GO yang tentunya bisa anda download dengan mudah di Google play store, dan pastinya aplikasi ini gratis.

Beli atau jual saham melalui aplikasi

Jika anda ingin menabung di bank syariah, pastinya anda perlu mengetahui seperti apa bentuk simpanan di bank tersebut maupun mekanisme kerja bank syariah. Begitu pula ketika anda ingin membeli saham online di aplikasi online trading yang anda pilih. Tentunya anda harus mengetahuinya agar saham yang anda beli bisa sukses dilakukan. Untuk lebih jelasnya, berikut bagaimana cara membeli saham menggunakan aplikasi secara umum yang perlu anda ketahui.

  • Buka aplikasi online trading anda, kemudian login menggunakan akun yang anda miliki.
  • Lalu masukkan PIN anda karena tanpa PIN, anda tidak dapat melakukan transaksi saham.
  • Kemudian cari perusahaan publik yang akan anda beli. Untuk saham unggulan anda bisa melihatnya langsung di website IDX atau cari di Google “indexLQ45”.
  • Lalu masukkan kode emiten tersebut dan pilih menu Buy agar dapat membeli saham serta Sell untuk menjual saham. Jika ingin mengetahui harga membeli, maka anda bisa cek harga offer, sedangkan jual anda bisa lihat harga bid.
  • Selanjutnya masukkan jumlah lot saham. 1 lot = 100 lembar. Ketika harga sahamnya adalah 1.300 dan anda ingin membeli 3 lot, berarti 100 x 3 = 300. Dan 1.300 x 300 = 390.000. Dapat dikatakan bahwa anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp390 ribu agar dapat membeli 3 lot saham yang harganya adalah 1.300 per lembarnya. Sangat mudah, bukan?
  • Kemudian klik Buy. Dan jika anda nantinya ingin menjual, maka klik Sell.

Perlu anda ketahui bahwa bursa saham mulai buka dari pukul 09.00 hingga pukul 12.00 untuk sesi I. Sedangkan untuk sesi II akan dimulai dari pukul 14.00 hingga pukul 16.00. Di hari weekend dan tanggal merah bursa saham tutup.

Jangan lupa untuk mempelajari strategi investasi saham

Sangat disarankan untuk anda yang ingin melakukan investasi saham anda memilih saham yang merupakan saham unggulan atau bluechip. Nah, Bursa Efek Indonesia sendiri sudah mengkategorikan saham unggulan ini ke dalam index LQ45 lho! Tidak hanya itu saja, dikarenakan investasi saham ini untuk jangka panjang, maka anda dapat melirik perusahaan bank, yang sama halnya ketika anda ingin menggadaikan surat tanah, pastinya anda akan memilih tempat penggadaian surat tanah terpercaya, bukan? Dapat dikatakan bahwa tren perusahaan bank naik terus, bahkan perusahaan bank yang sudah tergolong besar di Indonesia akan masuk ke dalam index LQ45.

Semoga berbagai pembahasan yang telah dipaparkan di atas bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda lebih jauh lagi mengenai cara melakukan investasi saham online yang mudah dilakukan untuk anda yang masih pemula.

(Visited 9 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply