Cara Membayar BPJS Kesehatan Via Internet Banking Mandiri

Cara membayar BPJS Kesehatan merupakan salah satu hal yang paling penting bagi yang sudah terdaftar di Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN BPJS Kesehatan, Karena Pembayaran BPJS Kesehatan di dalam aturan paling lambat tgl 10 Bulan Berjalan jadi jika kita membayar Iuran BPJS melebihi Tgl 10 secara Otomatis kita akan kena Denda sebesar 2%.

Sebenarnya ada banyak cara pembayaran BPJS Kesehatan Bisa Membayar Via ATM (BNI, Mandiri dan BRI),Teller Setor Tunai (BNI, Mandiri dan BRI) Mobile Banking/SMS Banking, dan Internet banking. Jika kita melakukan pembayaran ke Bank Langsung atau Via Teller atau Via ATM akan menyita waktu kita.

Dan yang paling simpel dan ga repot adalah pembayaran melalui Internet Banking, kali ini saya akan menjelaskan cara pembayaran BPJS Kesehatan Melalui Mandiri Internet atau Internet Banking Mandiri.

Langkah Pertama Login ke Halaman IBanking Mandiri https://ib.bankmandiri.co.id, masukan user ID dan PIN Mandiri, Klik Kirim

Maka Akan Muncul Halaman Utama Mandiri Internet untuk menuju pembayaran bisa Klik Silahkan Pilih-Pembayaran Asuransi atau Klik Di Menu samping Pilih Bayar Pilih Asuransi

Pilih Penyedia Jasa BPJS Kesehatan masukan NO VA(Virtual Account) yang kita dapatkan dari BPJS kesehatan pada saat mendaftar pertama, kemudian MAsukan Jumlah bulan yang dibayar misal 1 Bulan Klik LANJUTKAN

Muncul Halaman konfirmasi mengenai Nama Peserta, Nama Cabang dan Jumlah yang harus dibayar kemudian Klik LANJUTKAN

Masukan Respon Token Mandiri jika belum paham caranya silahkan Bacara Cara Melakukan Transaksi dengan Token Mandiri berikut jika sudah paham klik LANJUTKAN

Pada Token PIN Mandiri Anda:
  1. Aktifkan Token PIN Mandiri Anda dengan menekan tombol merah pada keypad
  2. Pada layar Token PIN Mandiri akan ter-display : PIN _ _ _ _ _ _
  3. Masukan 6 digit angka password Token PIN Mandiri Anda
  4. Pada layar akan ter-display: APPLI
  5. Tekan angka 1 (satu) pada keypad (Metode APPLI 1) dan pada layar Token PIN Mandiri akan tampil : _ _ _ _ _ _ _ _ _ _Pada Layar Komputer Anda:
  6. Lihat angka yang terdapat di kolom “Challenge Code” pada layar konfirmasi Mandiri Internet Anda.Pada Token PIN Mandiri Anda:
  7. Masukkan seluruh angka yang terdapat pada kolom “Challenge Code” di layar komputer ke Token PIN Mandiri Anda
  8. Kemudian tekan tombol merah selama 3 detik hingga layar pada Token PIN Mandiri berubah
  9. Pada layar Token PIN Mandiri anda akan tampil 6 digit nomor PIN MandiriPada Layar Komputer Anda:
  10. Masukkan 6 digit Nomor PIN Mandiri tersebut pada layar konfirmasi Mandiri Internet Anda di kolom “Masukkan PIN Mandiri Anda untuk Konfirmasi”
  11. Tekan tombol “kirim” setelah Anda memeriksa seluruh data konfirmasi.Pada Token PIN Mandiri Anda:
  12. Tekan Sampaimbol merah untuk kembali ke menu APPLI
  13. Atau tekan Sampaimbol merah sekali lagi jika ingin mematikan Token PIN Mandiri Anda
  14. Proses Transaksi dengan menggunakan Token PIN Mandiri telah selesai
Baca Juga :   Cara Transfer Antar Bank Via BNI Sms Banking

 

 

Dan Pembayaran pun selesai serta sukses, Jika ingin dijadikan bukti silahkan Cetak di Tombol Cetak atau Simpan dalam Bentuk PDF untuk Pegangan Arsip.

Mudah Bukan cara membayar via mandiri internet tidak lebih dari 2 Menit pembayaranpun selesai

Artikel Terkait BPJS Kesehatan :

(Visited 83 times, 1 visits today)

Leave a Reply