Cara Memilih Jenis Investasi Reksadana Syariah Secara Tepat !

Saat ini jenis investasi Reksadana Syariah memang terbilang cukup booming. Tentunya ada cukup banyak faktor yang membuat masyarakat memilih jenis investasi yang satu ini, dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Seperti yang diketahui bersama, bahwasannya jenis investasi yang satu ini memang cukup beragam, untuk memudahkan Anda serta untuk mengurangi resiko kerugian, ketika melakukan investasi di tempat ini, ada baiknya jika memperhatikan beberapa hal berikut ini :

investasi Reksadana Syariah
  1. Jenis reksadana

Hal pertama yang tentunya perlu diperhatikan adalah, memperhatikan jenis investasi Reksadana Syariah yang akan Anda ikuti kelak. Seperti yang selintas dijelaskan di atas, saat ini ada cukup banyak jenis reksadana syariah yang ditawarkan. Masing-masing jenis investasi mempunyai keunggulan dan kekurangannya. Jadi tidak ada salahnya apabila Anda berkonsultasi langsung dengan manager investasi yang akan Anda gunakan, atau mencari tahu sendiri, kelebihan dan kekurangan dari investasi yang akan digunakan kelak.  

  • Kebutuhan investasi 

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan dalam memilih investasi saham pemula adalah memperhatikan jenis kebutuhan investasi Anda. Seperti yang selintas dijelaskan di atas, masing-masing jenis investasi mempunyai keunggulan yang berbeda-beda. Sudah tentu, Anda harus memilih investasi yang disesuaikan dengan kebutuhan tersebut. Dalam hal ini sebaiknya Anda memperhatikan high risk atau resiko kerugian yang besar, dan juga return atau keuntungannya untuk Anda. 

Sebaiknya memilih jenis investasi yang mempunyai risk minimum dan return yang terbilang cukup memenuhi kebutuhan Anda.   

  • Budget yang dimiliki

Tidak lupa, cek juga berapa budget yang Anda miliki saat ini, terutama per bulannya. Seperti yang disebutkan di atas, tentunya masing-masing investasi mempunyai minimum investasi yang dapat Anda jalankan. Anda sebaiknya memperhatikan hal tersebut. Selain itu, pastikan juga budget yang Anda akan gunakan untuk melakukan investasi tetap terjaga stabil, dan tidak mengganggu kebutuhan bulanan. Namun jika sudah mulai menunjukkan hasil, tidak ada salahnya, jika Anda mulai menginvestasikan hasil uang tersebut, ke jenis investasi lainya, agar terus berkembang. Namun sebelumnya, konsultasikan hal tersebut dengan manager investasi Anda.  

  • Memilih manager investasi yang tepat    

Hal lainnya yang pastinya tidak kalah penting, ketika Anda akan mengikuti investasi syariah seperti ini adalah, pastikan bahwa Anda memilih manager investasi yang tepat. Bukan perkara mudah, untuk memilih manager investasi yang tepat. Sebaiknya cek profil dan kinerja yang dimiliki oleh manager investasi tersebut.   Dengan memilih jenis investasi Reksadana Syariah, tentunya investasi Anda akan terus berkembang, dan pastinya akan memberikan keuntungan untuk Anda. Beberapa investasi, ada yang memberikan keuntungan sedikit, namun jika terus dilipatgandakan, maka kelak, keuntungan yang akan didapat juga akan besar. Mengingat ini adalah bisnis jangka panjang, dan bukan bisnis jangka pendek.  

(Visited 7 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply