Cara Mendapatkan Listrik Gratis untuk Pelanggan 450 VA dan 900 VA Selama 3 Bulan April, Mei, Juni 2020

Pemerintah melalui PLN memberikan keringanan biaya listrik di tengah situasi pandemi virus corona di Indonesia. Keringanan yang diberikan yaitu berupa pembebasan biaya tarif listrik bagi pelanggan rumah tangga dengan daya 450 volt ampere (VA) dan pemberian keringanan tagihan sebesar 50 % kepada pelanggan rumah tangga bersubsidi 900 VA.

Untuk pelanggan 450 VA pascabayar dan token, akan langsung dibebaskan tagihannya pada April 2020, Mei 2020, dan Juni 2020. Sementara, konsumen golongan 450 VA prabayar (token) dapat memperolehnya dengan mengakses melalui situs web PLN www. pln.co.id. Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir. Lebih lengkap, berikut cara mendapatkan token dan diskon listrik serta cara mengecek apakah Anda bagian dari yang mendapatkan keringanan atau tidak.

Pertama buka web www.pln.co.id kemudian muncul tampilan berikut ini :

kemudian Pilih atau Klik Gratis/Diskon Stimulus PSBB selanjutnya masukan Identitas pelanggan atau ID Pelanggan kemudian Klik Cari maka akan muncul Kompensasi Token di bagian Keterangan,mudah sekali bukan.

Memang agak lemot dan saya menunggu sekitar 1 menit mungkin karena banyaknya yang akses kemudian

Tambahan informasi khusus untuk pelanggan pasca bayar pengecekan tersebut bisa dilakukan melalui rekening pembayaran listrik. kode M (mampu) dalam R1 M menandakan kategori listrik tersebut adalah pasca bayar dan tidak bersubsidi. Sementara kode R1MT berarti listrik pra-bayar.

Sehingga apabila setelah struk pembayaran rekening dicek, ternyata berkode R1M dan R1MT berarti tidak mendapat bantuan dari pemerintah. Untuk kode R1 dan R1T merupakan kategori pelanggan listrik yang mendapat bantuan dari pemerintah.

Artikel Terkait Informasi PLN :

(Visited 3 times, 1 visits today)

Leave a Reply