PT PLN (Persero) telah menyediakan mekanisme pembagian token listrik gratis bagi pelanggan prabayar golongan 450 volt ampere (VA) dan golongan subsidi 900 VA. Token gratis bisa didapat pelanggan melalui situs web atau WhatsApp resmi PLN.
Kendati demikian, token gratis masih belum bisa diklaim melalui WhatsApp. Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, hal tersebut bukan diakibatkan kesalahan dari pihaknya. Namun, menurut dia, kesalahan disebabkan oleh pihak WhatsApp.
Saat ini WhatsApp sedang melakukan perbaikan dan pengembangan server untuk mengantisipasi tingginya traffic terhadap kontak yang telah disediakan PLN. Proses upgrade ini disebut akan memakan waktu beberapa hari. Dengan demikian, klaim token gratis melalui WhatsApp dengan nomor 08122-123-123 baru bisa dilakukan pada Senin (6/4/2020).
Untuk sementara waktu, pelanggan yang berhak mendapatkan token gratis dapat melakukan klaim melalui situs web resmi PLN. Adapun cara melakukan klaim melalui situs web adalah sebagai berikut:
- Buka laman www.pln.co.id, kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus Covid-19.
- Masukkan ID pelanggan/nomor meter. Kemudian, token gratis akan ditampilkan di Layar.
- Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.
Nantinya, apabila nomor WhatsApp PLN sudah dapat beroperasi dengan normal, pelanggan dapat melakukan klaim token gratis dengan cara sebagai berikut :
- Buka aplikasi WhatsApp.
- Chat WhatsApp ke 08122-123-123, ikuti petunjuk, salah satunya masukkan ID pelanggan.
- Token gratis akan muncul.
- Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.
Untuk lebih jelasnya berikut bentuk dari WA PLN dan baru bisa berlaku tgl 6 April 2020
Artikel Terkait Informasi PLN :
[display-posts category=”PLN” posts_per_page=”-1″ order=”DESC” ]