7 Cara Mengatasi Perut Kembung Paling Ampuh

Perut kembung biasanya terjadi setelah makan dan membuat tidak nyaman. Kondisi ini dialami oleh orang yang sakit maag, sedang masuk angin atau kekurangan enzim. Seseorang tidak akan menjalani aktivitas dengan nyaman dalam kondisi perut kembung sehingga harus segera diatasi. Ada beberapa cara mengatasi perut kembung yang mudah dan tidak mengeluarkan banyak biaya.

Beberapa diantaranya membutuhkan bahan-bahan tertentu sedangkan lainnya berupa tindakan. Silahkan dicoba di rumah dua atau tiga cara berikut agar lekas sembuh.

1. Minum Air Jahe Hangat

Kandungan dalam jahe bisa menghangatkan tubuh dan menghilangkan perut kembung. Jahe bisa diolah dengan cara ditumbuk kemudian diseduh dengan air panas dan gula. Selain itu bisa juga diparut dan dicampurkan dengan minuman lainnya. Bagi sebagian orang, jahe diolah dengan cara dijemur terlebih dahulu hingga tipis lalu mencampurkannya dengan kopi. Minuman hangat tersebut dinilai ampuh menghilangkan perut kembung dengan cepat.

2. Minum Air Perasan Kunyit

Bagi sebagian orang yang tidak biasa mengkonsumsi kunyit akan merasa tidak nyaman. Namun, rempah-rempah ini telah terbukti memiliki khasiat untuk masalah pencernaan seperti mulas, mual dan termasuk membantu mengeluarkan gas dalam perut. Parut beberapa biji kunyit dan ambil sarinya kemudian campurkan dengan minuman lain. Menambahkan gula juga tidak masalah agar lebih bersahabat di lidah.

3. Mengompres Perut

Perut kembung terjadi juga karena otot-otot usus sedang berkontraksi. Cara mudah mengatasinya adalah dengan mengompresnya dengan handuk yang telah dicelupkan ke air hangat. Nah, cara tersebut dapat membuat otot di usus menjadi lebih rileks sehingga dapat menyalurkan makanan termasuk gas yang perlu dikeluarkan. Rasa tidak nyaman akibat kembung pun akan hilang dalam seketika.

4. Berolahraga

Melakukan aktivitas fisik membuat otot-otot di usus bekerja lebih stabil dan lancar. Jadi, tak ada salahnya melakukan olahraga ringan yang membuat tubuh bergerak seluruhnya. Olahraga ringan yang bisa dilakukan seperti jalan cepat, bersepeda atau jogging. Usahakan mengatur nafas dengan baik sehingga udara keluar dan masuk dengan teratur. Efeknya akan terasa hanya beberapa menit dan biarkan gas keluar tanpa perlu ditahan meski dalam keadaan bersepeda atau jogging.

5. Mengkonsumsi Probiotik

Beberapa penelitian menyatakan bahwa probiotik mampu mengurangi produksi gas yang dilakukan oleh bakteri dalam perut. Semakin banyak jumlah dan jenis bakteri maka kembung semakin parah efek kembung yang dirasakan. Probiotik dapat ditemukan pada makanan seperti tempe, kefir, yogurt atau kimchi, pilihlah sesuai selera.

6. Menghindari Makanan Penghasil Gas

Ada beberapa makanan yang mampu memproduksi gas lebih banyak dari makanan biasa. Misalnya kacang-kacangan, kol, bawang, brokoli dan jamur sehingga hindari sementara makanan tersebut. Asupan makanan yang seimbang juga berdampak baik bagi kesehatan dan kerja sistem pencernaan. Cara mengatasi perut kembung dengan menghindari makanan penghasil gas sangat ampuh karena bersifat mencegah.

7. Menghindari Makanan Berlemak

Makanan berlemak seperti berbagai macam daging dapat mengurangi rada kembung. Makanan yang juga dapat meningkatkan kolesterol dan berat badan naik ini memerlukan waktu pengolahan yang lama di dalam lambung. Proses yang lama mengendap ini menimbulkan gas yang tidak baik sehingga terjadilah rasa kembung. Jadi, jika dirasa sering mengalami kembung hindarilah makanan berlebihan ini.

Perut kembung adalah masalah pencernaan yang mudah diatasi namun meski begitu sangat tidak nyaman karena menghambat aktivitas. Jika ketujuh cara mengatasi perut kembung di atas tak mampu meredakan kembung, maka cobalah berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik. Apalagi jika perut kembung disertai dengan rasa nyeri, diare, nafsu makan menurun atau feses berdarah, maka harus menemui dokter untuk didiagnosa lebih dalam.

(Visited 5 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply