6 Cara Mengatasi Sakit Kepala, Sangat Ampuh!

Sakit kepala adalah salah satu jenis penyakit yang sering dialami oleh setiap orang. Orang yang menderita sakit kepala akan merasakan nyeri yang amat menyakitkan disekitar area kepala. Tentunya sakit kepala ini dapat mengganggu aktifitas seseorang apabila tidak segera diatasi dengan baik dan benar. Banyak orang yang penasaran bagaimana cara mengatasi sakit kepala dengan mudah tanpa harus ke dokter. 

Sakit kepala dapat muncul pada seluruh bagian kepala maupun pada salah satu sisi bagian kepala saja. Biasanya sebagian orang mengkonsumsi beberapa jenis obat pereda sakit sebagai penghilang rasa nyeri sakit di kepala. Namun selain dengan obat, apakah ada cara lain meredakan sakit kepala? Tentunya ada. Berikut beberapa cara mengatasi sakit pada kepala, diantaranya:

1. Makan dan Minum yang Cukup

Salah satu penyebab sakit kepala adalah kurangnya mengkonsumsi makanan dan minuman dengan cukup. Dehidrasi juga menjadi penyebab utama yang dapat memicu terjadinya sakit kepala. Makan dan minum secara teratur dapat membantu mengatasi sakit kepala. Untuk itu, cobalah mulai dari sekarang untuk mengatur pola makan dan minum secara teratur.

2. Kompres Dengan Air Dingin

Selain mengkonsumsi makanan dan minuman dengan cukup, cara mengatasi sakit kepala yang dapat dilakukan  adalah dengan mengkompres kepala dengan es batu atau air dingin. Ambil beberapa butiran es batu kecil lalu usapkan pada sekitaran bagian kepala atas hingga garis ujung rambut.

Selain mengoleskan langsung, bisa juga membungkus es batu dengan handuk untuk mengkompres bagian kepala anda yang terasa nyeri. Kompres bagian kepala yang dirasa nyeri selama kurang lebih 15 menit agar mendapatkan hasil yang optimal.

3. Berdiam Diri pada Tempat Gelap 

Cahaya layar yang terang pada gadget, laptop, maupun komputer tanpa disadari dapat membuat sakit kepala. Pastikan untuk memiliki waktu istirahat dari cahaya layar pada gadget, laptop, maupun komputer ini.

Cobalah dengan  meredupkan lampu disekitar ruangan. Lakukan peregangan otot-otot badan atau lakukanlah meditasi. Berdiam diri pada tempat gelap atau cahaya yang redup dapat membantu meredakan sakit kepala.

4. Mengkonsumsi Jahe dan Kafein

Minum kopi atau beberapa minuman lain yang mengandung kafein dapat menjadi cara mengatasi sakit kepala yang cukup ampuh. Pastikan kafein yang dikonsumsi memiliki porsi yang cukup. Tidak kurang dan juga tidak berlebihan. Selain mengkonsumsi kafein, seseorang juga dapat mengkonsumsi jahe untuk mengatasi nyeri sakit kepala. Mengkonsumsi jahe dengan memakannya secara langsung maupun mencampurkannya kedalam minuman seperti teh.

5. Istirahat yang Cukup 

Aktifitas berlebih teryata juga  dapat memicu kerja otak yang berlebih sehingga dapat menyebabkan seseorang terserang sakit kepala. Cobalah mulai dari sekarang untuk lebih memprioritaskan waktu istirahat. Pastikan untuk  mendapatkan istirahat yang cukup. Serta sebisa mungkin untuk mengurangi aktivitas agar terhindar dari bahaya sakit kepala ini.

6. Pilihlah Obat yang Efektif

Cara mengatasi sakit kepala yang terkahir adalah dengan teliti  memilih obat yang sesuai dengan sakit kepala yang diderita. Sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter untuk menanyakan obat yang pas sesuai dengan sakit kepala yang sedang diderita. Pemilihan obat yang efektif dapat membantu seseorang dalam mengatasi nyeri sakit kepala.

Demikianlah beberapa cara mengatasi sakit kepala, cukup mudah bukan? Selain itu penting  juga untuk mengkonsumsi suplemen agar daya imun tubuh kuat dan terhindar dari resiko serangan sakit kepala. Semoga ulasan kali  ini bermanfaat dan dapat dijadikan referensi saat  mengalami sakit kepala. Sekian dan terimakasih.

 

(Visited 3 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply