Sudah Tahu Cara Mengatasi Sembelit Saat Hamil? Simak Ulasan Berikut

Terkadang ketika sedang hamil banyak yang mengalami penyakit bawaan bayi. Terutama sembelit yang paling sering diderita ibu hamil. Penyakit ini masih terbilang lazim dan dapat diatasi dengan beberapa cara. Berikut merupakan penyebab dan cara mengatasi sembelit saat hamil.

Penyebab Penyakit sembelit Pada Ibu Hamil

Hormon progesteron yang terjadi pada ibu hamil menyebabkan perlambatan pergerakan makanan yang diangkut melalui usus. Sehingga daya dorong usus terhadap sisa makanan yang biasanya lancar menjadi terhambat dan kemudian terjadilah sembelit.

Penyebab lainnya yaitu ketika kurangnya air mineral yang dikonsumsi. Selain itu anemia yang terjadi dan biasanya diobati menggunakan obat yang mengandung zat besi, dapat memicu terjadinya sembelit. Selain itu Sindrom yang dimiliki terhadap usus besar juga dapat memicu penyakit ini.

Terkadang seiring perkembangan berat badan bayi yang semakin bertambah, juga dapat memicu penyakit ini. Terlebih lagi jika berat badan bayi tergolong besar maka penyakit ini rentan terjadi. Terlebih lagi jika saat BAB terlalu mengejan maka malah penyakit lain seperti wasir dapat terjangkit.

Cara Mengatasi Sembelit Saat Hamil

Selain dengan obat-obatan anjuran dokter, mengatasi sembelit juga bisa menggunakan cara alami. Bahkan jika sebelum terjadi maka cara alami inilah dapat mencegah terkenanya sembelit. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk  mengatasi sembelit  saat hamil:

1. Perbanyak Mengkonsumsi Makanan Berserat Tinggi

Mengenal Gejala Kanker Ovarium dan Obat Alami yang Bisa Anda Gunakan

Cara mengatasi sembelit saat hamil yang pertama adalah dengan mengkonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung serat. Makanan berserat tinggi tersebut dapat didapatkan dari buah-buahan, sayuran hijau, dan juga kacang-kacangan. Tak hanya itu,  sereal seperti halnya roti gandum juga bisa menjadi solusi tepat.

2. Jangan Berlebihan Pada Saat Makan

Penyebab perut lapar terus menerus meskipun sudah makan

Mengatasi sembelit saat sedang hamil yang kedua adalah dengan makan tidak berlebihan. Terkadang saat sedang hamil ketika tidak merasakan mual ingin sekali makan yang banyak. Terlebih lagi saat ngidam, maka terkadang langsung saja di lahap tanpa memperhatikan porsi yang sesuai.

3. Mengkonsumsi Banyak Air Mineral

manfaat minum air putih

Selain untuk orang yang tidak sedang mengandung, air mineral juga sangat bagus untuk ibu hamil. Dengan banyak mengkonsumsi air mineral maka makanan yang berat dapat ikut terdorong. Oleh karenanya ini bisa menjadi cara mengatasi sembelit saat hamil yang cukup ampuh. Selain itu, dengan air mineral juga bagus untuk si jabang bayi yang ada dalam kandungan.

4. Pertimbangkan Suplemen dan Obat Dengan Seksama

Terkadang banyak yang menyarankan untuk mengkonsumsi berbagai suplemen dan obat-obatan yang bagus untuk hamil. Namun, perlu diperhatikan kandungan yang ada pada suplemen tersebut, apakah cocok dengan badan ibu hamil atau tidak. Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada dokter suplemen apa yang cocok dan tidak menimbulkan sembelit.

5. Teruslah Bergerak

Sudah Tahu Cara Mengatasi Sembelit Saat Hamil? Simak Ulasan Berikut

Meskipun terkadang sedang hamil terasa malas untuk bergerak, namun banyak bergerak bisa menjadi salah satu cara mengatasi sembelit saat hamil cukup ampuh. Dengan melakukan olahraga secara teratur dan olahraga khusus untuk ibu hamil yang sesuai, maka dengan ini dapat mencegah sembelit. Olahraga bahkan hanya berjalan kaki selama 10 menit pun sudah dapat mencegah terjadinya sembelit.

6. Dapatkan Bakteri Baik

Cara yang terakhir adalah dengan mendapatkan bakteri. Bakteri yang dimaksud disini tentunya adalah bakteri baik. Untuk mendapatkan bakteri baik ini dapat didapatkan dengan mengkonsumsi yogurt. Dengan begitu bakteri jahat yang ada pada usus dapat terpecah sehingga sembelit pun tidak akan terjadi. Jangan terlalu banyak dan sebaiknya tanyakan kepada dokter cocok tidaknya dengan tubuh.

Terkadang obat herbal atau alami yang dikonsumsi belum tentu baik dan mencegah sembelit. Untuk lebih aman tanyakan kepada dokter setiap akan meminum ramuan herbal maupun obat alami yang dibuat sendiri. Demikian diatas merupakan ulasan mengenai cara mengatasi sembelit saat hamil. Sebaiknya perhatikan makanan yang dikonsumsi dan tanyakan kepada dokter makanan serta obat-obatan yang baik dan tidak menyebabkan sembelit.

 

 

 

(Visited 9 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply