6 Cara Mengatasi Susah Tidur yang Paling Manjur

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi susah tidur . Tinggal dipilih saja mana yang memang cocok serta memiliki efek cepat membuat terlelap. Pertanyaannya adalah, apa sajakah cara mengatasi susah tidur? Untuk menjawab pertanyaan tersebut , berikut informasinya:

1. Mendengarkan Musik Instrumen Puisi

Cara mengatasi susah tidur yang pertama ialah mendengarkan musik instrumen puisi. Alunan syahdu dan merdunya bisa membuat pikiran rileks dan melelapkan. Tak hanya itu, musik tanpa nyanyian semacam ini juga membuat kondisi badan tenang dan nyaman. Silahkan merebahkan diri di ranjang dan pejamkan mata biasanya akan cepat tertidur.

Sekedar saran kalau bisa jangan mendengarkan musik dari mikrofon yang dipasang di telinga. Hal ini dikarenakan bisa membuat telinga sakit yang akan mengganggu tidur. Lebih baik dengarkan instrumen puisi langsung dari sound aktif. Setel dengan pelan dan lembut sekiranya tidak akan mengganggu orang sekitar yang juga sedang beristirahat.

2.  Membaca Buku

Agar cepat tertidur solusi yang tak kalah mudah adalah membaca buku. Namun, pastikan judul buku yang dibaca ringan dan tidak terlalu memeras otak untuk mencernanya. Buku-buku motivasi, perjuangan, autobiografi, puisi adalah buku yang bisa dijadikan teman pengantar tidur. Ketika mata sudah lelah sebab membaca, itu yang membuat tidur lelap dan pulas.

3. Kurangi Durasi Waktu Tidur Siang

Sulit tidur di malam hari terkadang disebabkan oleh durasi waktu tidur siang yang cukup panjang. Kondisi ketika bangun tidur siang, tubuh sedang fit maka akan terus terjaga sampai di malam harinya. Tidur siang memang dianjurkan semata untuk meningkatkan stamina.

Pastikan durasinya tidak lebih dari 30 menit serta usahakan tidur siang dimulai sebelum jam 3 sore. Jika lewat dari waktu-waktu tersebut dijamin istirahat malam akan terganggu. Yang membuat keesokan harinya tidak bisa beraktivitas dengan nyaman karena mengantuk.

4. Tidak Minum Kopi di Malam Hari

Jika ingin tidur lebih nyaman dan terlelap pastikan tidak mengkonsumsi kopi di malam hari. Kafein yang dikandungnya justru membuat mata terus terbuka serta otak dirangsang untuk tetap bekerja. Lebih bagus jika kebiasaan ngopi malam hari diganti dengan minum susu hangat.

Susu hangat merupakan minuman yang memiliki efek lembut pada otak yang membuat istirahat lebih tenang, pulas dan nyaman. Selain itu kebiasaan minum kopi juga membuat lambung kembung. Ini yang juga terkadang mengganggu istirahat di malam hari.

5. Redupkan Cahaya Ruangan

Tidur dalam keadaan ruang yang terang tidak hanya membuat susah istirahat tetapi juga berisiko pada gangguan kesehatan. Maka dari itu sebelum tidur pastikan ruangan diredupkan terlebih dahulu. Cahaya minimal di dalam kamar tidur ternyata bisa menimbulkan efek nyaman dan rileks pada otak.

Bahkan ketika mata dipejamkan terasa lebih enak dibandingkan terpejam dalam kondisi ruang yang terang. Maka dari itu, selain menyediakan lampu inti pastikan juga ada lampu tidur yang dipajang di tepi kasur. Sehingga ketika sudah tiba waktu istirahat tinggal menyetel saja agar ruangan kamar lebih redup.

6. Jalan-Jalan Kecil Sebelum Tidur

Biasanya, orang-orang tua dulu sebelum istirahat di malam hari akan jalan-jalan terlebih dahulu di sekitar rumah. Katanya ketika sudah waktunya tidur akan cepat terlelap disebabkan oleh rasa lelah. Tak hanya itu, jalan-jalan sebelum tidur tidak hanya menjadi cara mengatasi susah tidur tetapi juga bisa meningkatkan kesehatan. Termasuk melakukan pembakaran lemak karena pada waktu malam hari biasanya tubuh beristirahat.

Cara mengatasi susah tidur di atas bisa dijadikan solusi insomnia yang paling manjur dan aman bahkan tanpa obat. Silahkan dicoba dan pastikan disertai dengan keteraturan dan disiplin yang baik. Sekian dan semoga bermanfaat.

 

(Visited 5 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply