Cara Menghadapi Serangan Mematikan Angin Duduk!

Angin duduk merupakan sebutan bagi seseorang yang tiba-tiba sakit bahkan bisa pingsan. Ada yang mengatakan bahwa angin duduk disebabkan karena terlalu banyaknya duduk di lantai, sehingga angin yang ada di dalam tubuh tidak bisa keluar.

Namun sebenarnya, angin duduk merupakan salah satu gangguan organ jantung dimana oksigen didalam jantung berkurang dan aliran darah dalam jantung juga ikut menurun. Hal ini sering ditandai dengan rasa sesak nafas, nyeri, sampai mati rasa.

Ada cara khusus untuk menangani serangan angin duduk ini, agar tidak salah sehingga tidak akan fatal akibatnya. Pertama-tama, oleskanlah minyak angin di bagian perut, dada, pinggang, dan juga punggung.

Kemudian, siapkan dua botol air hangat, lalu tempelkan satu botol air hangat di bagian ulu hati, atau perut bagian depan tempat angin duduk tidak mau keluar. Posisikan tubuh dengan cara terlentang dan letakkan satu botolnya lagi di bawah telapak kaki.

Jika cara diatas tetap tidak membantu, pakailah jaket atau selimut tebal agar angin dingin cepat keluar dan bisa membuang angin.

Jika masih tidak berhasil dengan cara tersebut diatas, anda bisa meminum obat yang mengandung nitroglycerin. Karena obat tersebut dapat membantu mengendurkan pembulu darah dan juga dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, dapat juga menggunakan obat Antiplatelet untuk mengendurkan sumbatan yang terjadi. Salah satu obat Antiplatelet yang terkenal adalah Aspirin.

Dengan cara diatas, anda bisa segera menangani korban jika menemui kejadian angin duduk seperti ini. Karena, pertolongan pertama sangatlah penting dan mungkin bisa fatal bila tidak segera dilakukan.

(Visited 59 times, 1 visits today)
Baca Juga :   BPJS Kesehatan Memperkenalkan Aplikasi INASIS Untuk Percepat Layanan Medis

Leave a Reply