Cara Mengobati Penyakit Maag Secara Tradisional dan Mudah

Penyakit maag atau biasa disebut dengan asam lambung adalah kondisi dimana saat asam lambung mulai naik. Biasanya disebabkan oleh telat makan atau jam makan yang kurang teratur. Namun, banyak yang belum mengetahui jika dengan obat tradisional dapat mengatasi penyakit jenis ini. Berikut merupakan cara mengobati penyakit maag menggunakan berbagai macam ramuan:

1. Teh Chamomile

Teh Chamomile

Chamomile sekilas terdengar seperti nama bunga. Ya memang ramuan ini diambil dari bunga kecil yang dengan khas berwarna putih dan kuning. Manfaat dari bunga ini setelah dikeringkan adalah dapat digunakan sebagai teh herbal. Teh herbal ini bermanfaat untuk ramuan penyembuh penyakit maag.

Dengan menyeduh secangkir teh chamomile ini rasa nyeri akibat lambung naik dapat berangsur-angsur membaik. Serta dapat memberikan rasa tenang pada saluran pencernaan. Obat tradisional ini juga dapat mengurangi kadar asam lambung yang tinggi, sehingga sakit maag yang dikeluhkan dapat berkurang

Ramuan ini sangat cocok diminum sebelum tidur untuk menenangkan bagian lambung yang nyeri. Caranya mudah, yakni taruh teh ini ke dalam cangkir, lalu tuang air panas. Selanjutnya bisa disesuaikan dengan selera, seperti  menambahkan madu atau gula untuk penambah rasa.

2. Jahe

Siapa sangka jahe yang biasanya untuk rempah-rempah dapur mempunyai manfaat lain, yaitu untuk mengurangi kadar asam pada lambung. Jahe ini dengan alami mengurangi produksi asam pada lambung sehingga asam pada lambung dapat kembali normal.

Sangat mudah caranya yaitu dengan merebus beberapa biji jahe dengan menggunakan air. Kemudian setelah matang bisa ditambahkan dengan perasan jeruk nipis, madu, maupun gula tergantung selera masing-masing. Ramuan ini cocok diminum sekitar 20 menit sebelum makan. 

3. Lidah Buaya

Inilah 10 Manfaat Lidah Buaya Untuk Tubuh Anda

Jika biasanya lidah buaya digunakan untuk kesehatan rambut. Kini cara mengobati penyakit maag bisa diaplikasikan menggunakan lidah buaya. Berdasarkan penelitian mengkonsumsi lidah buaya dapat mengurangi rasa mual, ingin muntah, serta perut yang kembung. Bahkan terkadang rasa nyeri hingga ke ulu hati bisa diobati dengan ramuan ini.

Untuk penyembuhan sakit maag biasanya dibuat jus lidah buaya agar lebih mudah dalam mengkonsumsinya. Selain mengobati penyakit maag, juga dapat merawat gangguan pada pencernaan serta gangguan lain yang menyerang lambung.

4. Akar Licorice

Cara mengobati penyakit maag yang keempat adalah dengan akar licorice. Memang agak asing didengar, namun akar dari Licorice ini memiliki khasiat yang ampuh untuk obat maag alami. Manfaat lainnya adalah dapat mencegah kerongkongan menahan kenaikan asam lambung yang berujung mual.

Agar sakit maag yang diderita reda, bisa konsumsi akar jenis tumbuhan ini dalam bentuk teh. Namun untuk meminumnya cukup beberapa kali saja dalam sehari. Jangan terlalu banyak walaupun alami namun tetap harus menyesuaikan porsinya. Namun efek samping dari akar ini adalah membuat tekanan darah menjadi lebih tinggi dari biasanya.

5. Ramuan Tradisional Madu

Cara mengobati penyakit maag yang kelima adalah dengan memanfaatkan madu. Selain rasa khasnya yang manis secara alami, juga dapat berkhasiat mengobati sakit maag. Dengan madu radikal bebas penyebab sakit maag ini dapat hilang. Namun tetaplah memiliki efek samping jika dalam mengkonsumsinya secara berlebih. Terutama untuk pengidap diabetes ramuan ini tidak dianjurkan.

6. Baking Soda Penghilang Maag

Baking Soda atau biasa orang menyebutnya dengan soda kue, ternyata dapat menangkal sakit maag. Dengan ini dapat melindungi usus dan mengurangi asam pada bagian lambung. Baking soda ini memiliki suatu kandungan natrium bikarbonat yang secara alami dapat menetralkan saat asam lambung mulai naik.

Setiap obat bahkan obat tradisional pun memiliki efek samping. Maka dengan begitu konsumsilah sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan. Demikianlah merupakan cara mengobati penyakit maag secara tradisional dan mudah yang dapat dibuat dirumah sekalipun.

 

(Visited 7 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply