5 Cara Menjaga Kesehatan Hati, Mulai Jaga Dari Sekarang!

Hati atau dalam istilah medis lebih dikenal dengan sebutan liver merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran penting. Organ hati memiliki berat kurang lebih setengah kilo dan berwarna coklat dan terletak pada bagian rongga perut dibawah rusuk. Merupakan organ tubuh yang sangat penting, untuk itu penting untuk mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan hati. 

Seiring bertambahnya usia, organ hati pun mengalami penurunan dalam kinerjanya. Organ ini  memiliki peran sebagai pengatur sistem pada tubuh.  Sangat mungkin organ hati ini mengalami penurunan kinerja ketika seseorang tidak bisa menjaga kesehatan hati dengan baik. Beberapa cara menjaga kesehatan hati yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Mengatur Pola Makan serta Minum 

Mulailah untuk mengkonsumsi makanan sehat yang baik untuk kesehatan hati. Makanan sehat untuk hati bisa didapatkan dengan cara mengkonsumsi buah dan sayur serta beberapa makanan penunjang. Tentunya, makanan ini harus yang memiliki serat yang baik dan antioksidan yang cukup.

Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak berlebih, tinggi kalori, rendah karbohidrat, dan memiliki banyak kandungan gula. Selain mengatur pola makan yang sehat, tidak lupa pula untuk mengkonsumsi air yang cukup. Banyak mengkonsumsi air mampu membantu proses detoksifikasi pada hati. Makan dan minum secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan hati.

2. Hindari Alkohol dan Gunakan Obat yang Tepat

Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat membuat hati menjadi kerut atau dalam istilah medis biasa dikenal dengan sirosis. Selain itu, mengkonsumsi alkohol secara berlebihan juga dapat menimbulkan kerusakan pada hati yakni kanker hati.

Selain mengkonsumsi alkohol, beberapa hal lain yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan hati adalah memilih obat-obatan yang tepat. Pastikan obat-obatan ataupun suplemen yang dikonsumsi tidak memiliki efek samping untuk hati. Jika pun terpaksa mengkonsumsi, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter terkait efek samping yang ditimbulkan.

3. Olahraga Teratur dan Hindari Stres

Langkah berikutnya yang dapat anda lakukan dalam melakukan berbagai cara menjaga kesehatan hati adalah  dengan melakukan olahraga yang rutin. Melakukan olahraga yang cukup serta teratur dapat membantu proses pembakaran lemak. Olahraga ini bisa mencegah agar tidak terjadi penumpukan lemak yang berlebih pada organ hati.

 

Tidak hanya dengan melakukan rutinitas olahraga yang teratur, cara lain menjaga kesehatan hati juga dapat dilakukan dengan cara menghindari stres. Pikiran yang tenang juga dipercaya sebagai salah satu cara untuk membantu menjaga kesehatan hati.

4. Melakukan Imunisasi dan Vaksin

Penyakit yang sering dialami penderita hati salah satunya ialah hepatitis. Hepatitis adalah sejenis penyakit yang menyerang hati melalui peradangan, Hepatitis sendiri biasanya  disebabkan oleh adanya infeksi virus hepatitis. Untuk mencegah agar hati tidak terjangkit penyakit hepatitis sekaligus menjaga kesehatan hati, penting bagi untuk melakukan vaksinasi atau imunisasi sejak kecil. 

5. Konsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan yang sehat juga sangat penting untuk menjaga kesehatan hati. Salah satu makanan sehat yang baik untuk hati adalah oatmeal. Oatmeal merupakan makanan gandum yang kaya akan serat. Serat yang ada pada oatmeal sangat penting untuk menjaga kesehatan hati.  Selain mengkonsumsi oatmeal, anda juga dapat mengkonsumsi sayur dan buah-buahan seperti alpukat, wortel, pepaya, pisang, semangka dan masih banyak yang lainnya.

Demikianlah beberapa tips atau cara menjaga kesehatan hati yang dapat dilakukan mulai sekarang. Sangat mudah bukan? Mari sama-sama menjaga kesehatan hati. Mulailah melakukan pola hidup sehat agar tubuh menjadi sehat, fit dan prima. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

 

(Visited 4 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply