5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Hingga Usia Tua

Penyakit jantung merupakan penyakit yang tidak menular, namun memiliki dampak yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Hal yang disayangkan adalah fakta bahwa pola hidup masyarakat Indonesia yang tidak sehat, menyebabkan penyakit ini diderita oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu berikut adalah 5 cara menjaga kesehatan jantung yang baik untuk dilakukan hingga usia tua:

1. Mengurangi Konsumsi Garam Dan Kolesterol

Bagi masyarakat Indonesia, garam merupakan bumbu masakan yang tidak boleh terlewatkan. Namun dibalik rasanya yang gurih, garam memberikan efek yang tidak baik bagi tubuh. Kandungan Garam dapat meningkatkan tekanan darah, yang dapat memicu penyakit hipertensi yang tentunya akan memperberat kerja jantung.

Kolesterol juga erat kaitannya dengan makanan indonesia seperti gorengan dan seafood. Kolesterol memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan, karena menyebabkan penyumbatan pada sistem aliran darah. Hal tersebut dapat mengakibatkan penyakit hipertensi, gagal jantung, stroke hingga kematian apabila tidak ditangani dengan serius.

2. Menghindari Minuman Dengan Kadar Gula Tinggi

Cara menjaga kesehatan jantung berikutnya adalah menghindari minuman dengan kadar gula tinggi. Kebiasaan meminum minuman yang berkadar gula tinggi, terutama minuman bersoda dapat menyebabkan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Disamping memicu penyakit diabetes, obesitas dan gangguan metabolisme tubuh, kandungan gula dapat membuat jantung bekerja lebih keras.

Berbagai penyakit yang muncul akibat kelebihan kadar gula dikarenakan, seluruh kandungan gula berlebih yang tidak dibakar menjadi energi akan diubah menjadi lemak. Lemak merupakan cadangan energi bagi tubuh apabila tubuh tidak menerima asupan makanan selama beberapa waktu, namun jika deposit lemak tersebut terus bertambah. Maka tubuh akan menjadi sangat lemah dan mudah terkena komplikasi penyakit.

3. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Merokok memang berkaitan erat dengan organ paru-paru, namun dampak yang ditimbulkan dapat merambah hingga kinerja jantung. Rokok yang berbahan dasar tembakau memiliki 2 kandungan primer yang cukup membahayakan tubuh, yaitu tar dan nikotin. Kandungan nikotin rokok membuat efek kecanduan, sedangkat tar memiliki dampak mengurangi kemampuan sel darah merah dalam mengikat oksigen.

Seperti yang telah diketahui bahwa oksigen diperlukan seluruh sel di dalam tubuh untuk proses metabolisme. Akibat kandungan tar yang mengakibatkan penurunan kemampuan sel darah merah untuk mengikat oksigen, memaksa jantung untuk berdetak lebih cepat. Hal tersebut dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan oksigen di tiap jaringan tubuh. Pekerjaan jantung yang terus menerus dipaksa tersebutlah yang membuat kesehatan menurun.

4. Melakukan Olahraga Secara Rutin

Telah menjadi rahasia umum bahwa olahraga adalah cara yang paling optimal dalam menjaga kesehatan, salah satunya bagi organ jantung. Namun olahraga yang memberikan hasil yang optimal tentu saja yang dilakukan dengan intensitas rendah hingga menengah, namun dilakukan secara rutin. Bahkan ada jenis olahraga khusus yang baik untuk jantung, yaitu disebut olahraga kardio.

Olahraga Kardio merupakan olahraga yang menitikberatkan pada latihan otot jantung. Olahraga kardio memiliki banyak sekali contoh, seperti: jogging, hiking, berenang bahkan naik turun tangga juga termasuk olahraga kardio. Seluruh aktivitas yang dilakukan pada olahraga kardio membuat otot jantung senantiasa terlatih sehingga kesehatan jantung dapat bertahan hingga hari tua

5. Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Konsumsi air putih sangat baik bagi kesehatan jantung. Hal tersebut berkaitan erat dengan kebutuhan cairan tubuh. Tubuh yang kekurangan cairan dapat membuat darah berubah menjadi kental, hal ini dapat menyebabkan penyakit serius seperti tekanan darah tinggi, hingga serangan jantung.

Kebutuhan cairan dalam tubuh tentunya beragam, tergantung pada jenis kelamin, berat badan, umur hingga faktor biologis lainnya. Namun secara umum keperluan cairan tubuh harian adalah sebanyak 8 liter. Namun tentunya akan lebih banyak untuk yang beraktifitas diluar ruangan.

Sekian pembahasan 5 cara menjaga kesehatan jantung yang baik untuk dilakukan hingga usia tua. Tentunya jantung sebagai organ yang sangat penting harus dijaga, agar kesehatan dapat senantiasa dinikmati hingga hari tua. Dengan mengatur pola hidup sehat dari usia yang sedini mungkin, membuat kesehatan di hari tua makin terjamin.

(Visited 4 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply